Kaskus SportAvatar border
TS
Kaskus Sport
#Rusia2018: Selamat Datang, Piala Dunia!


Empat tahun sudah berlalu sejak Philipp Lahm dan skuat Jerman mengangkat trofi Piala Dunia di Maracana Stadium, Rio de Janeiro, Brasil. Dalam hitungan hari, turnamen sepak bola paling akbar sejagat, Piala Dunia, akan digelar.

Rusia sebagai tuan rumah dan 31 tim lain memastikan diri akan tampil pada musim panas tahun ini. Berstatus tuan rumah, Rusia sudah memastikan satu tempat tanpa harus melewati babak kualifikasi. Sementara sisanya, harus berjuang dari babak kualifikasi.


Credit: Inside Sport

Total ada 210 negara dari total enam konfederasi yang bertarung untuk 31 tempat tersisa di Rusia. Hingga akhirnya peserta Piala Dunia 2018 telah lengkap, terdapat beberapa catatan menarik dari babak kualifikasi.

Dari zona Eropa, terdapat empat tim yang lolos tanpa menelan satu kekalahan pun. Keempat negara tersebut adalah Inggris, Spanyol, Belgia, dan Jerman. Bahkan sang juara Piala Dunia edisi 2014, Die Mannschaft berhasil menyapu bersih seluruh laga, 10 kemenangan dari 10 pertandingan.

Tak hanya dari zona Eropa, dari Asia juga ada tim yang tak menalan satu pun kekalahan sepanjang babak kualifikasi. Iran berhasil melaju ke Rusia tanpa cacat. Bermain di dua babak kualifikasi dengan total 18 laga, tak sekalipun tim asuhan Carlos Queiroz tersebut menelan kekalahan.

Catatan menarik lainnya hadir dari Afrika. Dimana Maroko menjadi tim yang begitu superior untuk bisa melaju ke Piala Dunia. Tak hanya mencatatkan tak terkalahkan dari enam laga, Medhi Benatia dkk. juga tak sekalipun kebobolan! Enam laga, tiga menang, tiga imbang, 11 menciptakan gol dan tak pernah kebobolan sama sekali.

Piala Dunia 2018 sendiri akan menciptakan sejarah baru. Dimana untuk pertama kalinya gelaran Piala Dunia akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Sebuah inovasi yang dinilai bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan wasit pada sebuah pertandingan.


Credit: FIFA

Penggunaan VAR untuk Piala Dunia 2018 ini sejatinya sudah dicoba pada gelaran Piala Konfederasi pada 2017 lalu. Ketika itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino mengaku puas dengan percobaan tersebut dan yakin Piala Dunai 2018 juga akan mendapatkan efek positif dari penggunaan VAR tersebut.

Menjadi turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia, sudah pasti para pemain terbaik dari negara yang lolos akan ikut serta. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, Mohamed Salah, Robert Lewandowski, Luka Modric, Toni Kroos, dan masih banyak lagi.

Belum lagi kiprah para pemain muda yang akan berebut gelar Best Young Player. Nama-nama seperti Trent Alexander-Arnold, Kylian Mbappe, Andre Silva, dan masih banyak lagi. Tak jarang para pemain yang masih berusia di bawah 21 tahun tersebut menjadi andalan untuk timnya masing-masing.

Siapa akan jadi juara dunia? Siapa yang akan menangis di akhir laga? Semua akan tersaji di Rusia. Selamat datang, Piala Dunia!


Credit: Istimewa

Diubah oleh Kaskus Sport 06-06-2018 08:14
0
10K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.