gurusejarahAvatar border
TS
gurusejarah
Timor, Proyek ambisius mobil nasional
Assalamualaikum wr wb



Spoiler for GAMBAR 1:


setelah sukses meluncurkan pesawat nasional pertamanya, Orde baru berusaha membuat proyek bertemakan nasional selanjutnya. sasaran selanjutnya adalah proyek mobil nasional yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) No.2/1996 yang Isinya memerintahkan kepada Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Menteri Keuangan, dan Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi, untuk “melicinkan” proses kelahiran mobnas yang memiliki unsur, mengenakan merek sendiri, serta diproduksi dan menggunakan komponen dalam negeri. ini adalah proyek ambisius orde baru yang dijalankan dengan alasan menghadirkan sebuah moda transportasi yang nyaman dan tetap berkelas namun dengan harga yang murah.

Spoiler for TOMMY SUHARTO:


untuk mewujudkan proyek tersebut, pemerintah orde baru menggandeng mitra perusahaan PT. Timor Putra Nasional (PT. TPN) sebagai pionir mobil nasional. PT. TPN tak lain adalah milik putra bungsu Presiden Suharto, Hutomo Mandala Putra. memang pada saat itu pemerintah orde baru lazim untuk merekrut orang dari keluarganya sendiri dalam menjalankan sebuah program pemerintah. kerena merupakan perusahaan pioner dalam hal proyek mobil nasional maka PT. TPN memperoleh beragam kemudahan dalam rangka mewujudkan proyek ini dengan syarat mereka harus menggunakan komponen lokal dan tenaga ahli asli Indonesia. untuk mewujudkan program Mobnas ini PT. TPN menggandeng rekanan yaitu PT. KIA yang merupakan perusahaan otomotif terbesar ketiga di Korea. Mobil nasional itu diberi nama Timor (Teknologi Industri Mobil Rakyat). Di tahun-tahun awal, mobil Timor dibuat sepenuhnya completely build up (CBU) di Korea Selatan, lalu diimpor secara utuh ke Indonesia. “Karena fasilitas perakitan yang belum siap, generasi pertama dari mobil nasional dibuat di Korea Selatan,” tulis Philippe Ries dikutip dari Asian Storm: The Economic Crisis Examined.

Spoiler for IKLAN MOBIL TIMOR:


target awal pengerjaan mobil adalah 20 persen bahan nasional Indonesia yang berturut turut meningkat mencapai 40 persen dan 60 persen bahan lokal. karena merupakan proyek nasional dan merupakan rekanan pemerintah PT TPN diberikan hak khusus yang berupa tidak dikenakan pajak barang mewah, selain itu mobil Timor juga tidak dikenakan pajak bea masuk dan juga pajak pajak lainnya untuk 3 tahun pertama. hal ini yang mengakibatkan harga mobil nasional Timor hanya di kisaran 35 jutaan saja. harga ini merupakan sebuah harga yang sangat murah yang jika dibandingkan dengan harga mobil serupa hanya sekitar setengahnya saja. dengan desain mobil Kia Sephia yang berjenis sedan menambah kesan mewah namun berharga murah yang ditujukan untuk masyarakat golongan menengah.

Spoiler for INTERIOR:


isu mengenai kedahsyatan mobil nasional pemerintah Indonesia rupanya membawa sentimen dan tanggapan negatif dari pelaku industri otomotif di Indonesia. Inpres No.2/1996 dinlai pilih kasih, sebab hanya istimewa buat TPN sedangkan mereka dikenakan pajak 100 persen yang membuat harga produk mereka tetap mahal dan hanya bisa dinikmati segelintir orang mampu saja. kekhawatiran semakin jelas karena diprediksi jika terus berlanjut proyek mobil nasional akan meraup pasar model lainnya dan diperkirakan akan merajai pasar dalam negeri. oleh sebab itu beberapa perusahaan otomotif dunia berusaha menjegal proyek mobil nasional. seperti yang dilakukan oleh Kelompok produsen asal Amerika Serikat memutuskan untuk menunda investasi. General Motors mengatakan aliran dana untuk pembangunan pabrik sebesar 110 juta dollar dihentikan dan Chrysler membatalkan rencana investasi 150 juta dollar buat produksi sedan Neon setelah sebelumnya telah menghasilkan Jeep, Cherokee dan Wrangler.

Spoiler for TIMOR SEPHIA:


namun tentangan yang paling besar datang dari perusahaan Jepang, Toyota. mereka adalah perusahaan otomotif yang memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia. bayangkan saja sekitar 60 persen produk Toyota hadir di Indonesia. mereka khawatir jika proyek mobil nasional Indonesia akan mendatangkan masalah dikemudian hari bagi pemasarannya di Indonesia. seringkali diadakan perundingan antara pemerintah Indonesia dengan Jepang untuk melakukan penyelesaian masalah ini. namun dalam setiap kali kesempatan tidak pernah muncul kata mufakat. ahirnya Toyota melalui Jepang beserta negara Uni Eropa membawa masalah ini dengan mengajukan gugatan ke WTO (World Trade Organisation). mereka beralasan pemerintah Indonesia melanggar beberapa poin pada ketentuan General Agreeements of Tariff and Trade (GATT). cara ini dilakukan karena indonesia sudah menjadi anggota WTO sejak 1 januari 1995.

Spoiler for Michel Camdessus dengan Presiden Suharto:


setelah melalui persidangan diputuskan bahwa proyek mobil nasional Indonesia pada 22 April 1998, oleh badan penyelesaian sengketa (Dispute Settlement Body) WTO memutuskan program mobnas melanggar asas perdagangan bebas dunia, dampaknya harus segera ditutup. Hal ini sangat mengecewakan karena ketika putusan ini dijatuhkan animo masyarakat untuk mobil hasil nasional ini sangat tinggi, bahkan sudah banyak mobil yang telah menncapai tahap pemasaran. sebelumnya pada tahun 1997, terjadi krisis moneter yang melanda Asia yang menyebabkan bangkrutnya KIA Motors yang ahirnya diakuisisi oleh Hyundai. selanjutnya disusul oleh ambruknya kekuasaan presiden Suharto. Mobil Nasional pun ahirnya menemui ajalnya ketika disahkannya Keppres No. 20 Tahun 1998 yang isinya mengahiri program mobil nasional yang disepakati antara Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional, Michel Camdessus dengan Presiden Suharto. Mobil nasional dihentikan secara total pada tanggal 21 Januari 1998. Empat bulan kemudian, tepatnya 21 Mei 1998, Soeharto mengundurkan diri dari jabatan Presiden.


sepanjang berjalannya program mobil nasional sudah beberapa model mobil Timor yang berhasil di ciptakan antara lain :
Timor S515 1498cc SOHC Karburator
Timor S515i 1498cc DOHC Injeksi
Timor SW516i 1600cc DOHC Injeksi
Timor R Coupe
Timor Sport Edition 1600cc Prodrive License
Timor SOHC Injection
Timor SL516i Limousine 4-doors & 6-Doors
Timor S513/s2 City Car




semoga kedepannya muncul industri otomotif dalam negri yang dapat menyediakan sebuah sarana kendaraan yang murah bagi rakyat yang merupakan produk asli karya anak bangsa. Banyak beberapa rintisan mobil nasional atau mobnas harus layu sebelum berkembang, sebut saja Kancil, Tawon, Esemka, Timor, dan lain sebagainya. hal ini karena kurangnya apresiasi dari rakyat dalam negri Indonesia yang masih menganggap sebelah mata produk dalam negri. semoga proyek mobil nasional dapat terwujud dan juga tetap kuat walaupun mendapat intervensi dari beberapa pihak yang merasa terancam akibat mulai berdikarinya Bangsa Indonesia. cukuplah Proyek TIMOR sebagai contoh untuk memulai sesuatu yang lebih besar lagi. JAS MERAH

Menerima Kritik dan Saran emoticon-Malu
mengutamakan cendol dan bata emoticon-Toast
mendambakan rate dan share emoticon-Rate 5 Star

SUMBER 1
SUMBER 2
SUMBER 3
Diubah oleh gurusejarah 04-03-2018 13:48
wbros
adiphenomenon
dontspace
dontspace dan 3 lainnya memberi reputasi
4
50.2K
332
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.