Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ba4425vtAvatar border
TS
ba4425vt
Total Investasi 33 Pelabuhan yang Diduga Mangkrak Capai Rp 2,8 T
Masih menjabat aja udah ngalahin hambalang, ntar kalau ga menjabat lagi gimana ya kira kira.


lebih lucunya, proyek udah selesai, tp masih dikaji kelayakan, emang pas mau bangun ga dipikirin ya, yg penting bangun, layak ga layak urusan nomor sekian

dan ini sumbernya detik abal abal, mohon bersabar

https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-3994470/total-investasi-33-pelabuhan-yang-diduga-mangkrak-capai-rp-28-t


Jakarta - Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan telah melakukan pemeriksaan terhadap 33 pelabuhan yang berstatus Kondisi Dalam Pengerjaan (KDP). Pelabuhan-pelabuhan itu diperiksa lantaraan tak kunjung dioperasikan

Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Wahju Satrio Utomo mengatakan, pihaknya tidak bisa memeriksa potensi kerugian negara. Namun dia mencatat total kebutuhan dana untuk pembangunan 33 pelabuhan itu sekitar Rp 2,8 triliun.

"Kalau kerugian saya tidak bisa, tapi dana yang sudah keluar dari itu sekitar Rp 2,8 triliun," tuturnya di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Baca juga: Irjen Kemenhub Periksa 33 Proyek Pelabuhan, Karena Mangkrak?

Namun Wahju menegaskan bahwa dari 33 pelabuhan berstatus KDP tidak semuanya dalam kondisi terbengkalai. Ada sebagian yang sudah selesai namun belum dioperasikan.

"Tidak seluruhnya dalam kondisi belum selesai, ada yang sudah selesai, tapi belum dioperasikan, masih diteliti kelayakannya," tambahnya.

Pelabuhan yang sudah selesai dibangun namun belum beroperasi lantaran beberapa alasan. Ada yang sudah selesai dibangun tapi belum mendapatkan izin operasi. Ada pula pelabuhannya tidak ditunjang dengan akses jalan yang memadai.

Meskipun dia mengakui ada beberapa proyek pelabuhan KDP yang terkendala pembangunannya dengan beberapa alasan. Seperti adanya sengketa lahan dalam proyek.

Baca juga: Rini Tunjuk Bintang Perbowo Jadi Dirut Hutama Karya

Selain itu ada pula pelabuhan yang tidak bisa dioperasikan lantaran fungsinya tidak sesuai. Untuk itu pihaknya merekomendasikan agar pelabuhan-pelabuhan seperti itu dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya.

"Ada sekitar 4-5 pelabuhan yang akan dialih fungsikan. Mungkin awalnya pelabuhan biasa menjadi pelabuhan wisata atau menjadi wisata kuliner, apapun yang penting dimanfaatkan," tutupnya.

0
1.8K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.