• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cantik Itu Relatif, Inilah Definisi Unik Tentang Cantik Dari Suku Di Dunia.

yusrilmahend927Avatar border
TS
yusrilmahend927
Cantik Itu Relatif, Inilah Definisi Unik Tentang Cantik Dari Suku Di Dunia.
            Berbeda orang berbeda juga arti mengenai kata cantik, ada yang mamberi syarat atau arti khusus tentang cantik, mulai dari cantik itu harus langsing, wanita cantik itu harus berambut panjang dan lainnya, oleh karenanya Cantik itu sebenarnya relatif ( tapi kalau jelek itu mutlak ya gan ), tergantung bagaimana dan siapa yang melihatnya. Antara satu orang dan orang lain tentu saja persepsinya berbeda. Seperti suku-suku berikut ini yang mendefinisikan  cantik tidak seperti pada umumnya bisa dibilang Unik :

1.      Cantik itu Memiliki leher panjang (Suku Karen)

Suku Karen adalah suku asli Thailand, mereka pada awalnya tinggal di dataran tinggi Tibet. Suku tersebut kemudian "hijrah" ke Myanmar, tepatnya di Karen State yang berbatasan langsung dengan Thailand. Pada dasarnya Suku Karen menganut kepercayaan animisme. Namun sejak Myanmar dijajah Inggris pada abad ke-18, misionaris Kristen pun melebarkan sayapnya. Kini sekitar 15 persen Suku Karen di Myanmar dan Thailand menganut agama Kristen. Di desa wisata Baan Tong Luang misalnya, terdapat sebuah gereja untuk tempat ibadah.  Yang unik pada suku uni adalah Para wanita Suku Karen diwajibkan memanjangkan leher menggunakan tumpukan kawat yang terbuat dari kuningan.. Para wanita Suku Karen mengenakan kalung bertumpuk-tumpuk. Mereka melakukan tradisi ini sejak masih gadis. Semakin panjang leher, semakin cantik mereka di mata pria. 



2.     Cantik itu Semakin banyak bekas luka (Ethiopia)


Berbeda suku berbeda juga definsi cantik, begitu juga dengan suku yang ada di Ethiopia ini, Yang memiliki  keunik dari ciri khas kecantikan wanita di negara Ethiophia adalah bekas luka. Bahkan beberapa wanita di Ethiopia sengaja menyayat tubuh mereka untuk membuat bekas luka yang banyak. Mereka percaya jika semakin banyak luka yang mereka punya, maka akan semakin cantik. Biasanya luka cakar tersebut dibuat sejak mereka masih kanak-kanak.


3. Cantik itu memiliki  tubuh yang berisi (Mauritania, Afrika)


Bila pada umumnya wanita melakukan diet dan memporsi makanan mereka untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal, tapi suku di Afrika ini malah kebalikannya, mereka sengaja membesarkan atau menggemukan tubuh mereka, Di Mauritania, Afrika Bagi mereka, perempuan cantik adalah perempuan yang memiliki tubuh berisi atau gendut. Bagi masyarakat Mauritania, gemuk atau gendut tak sekedar kecantikan belaka. Tubuh gendut seakan menyiratkan kehidupan yang makmur dan sejahtera danmenunjukkan status sosial. Sementara perempuan kurus dianggap miskin dan tidak cantik serta mempermalukan keluarga. Untuk itu sejak kecil mereka sudah ‘dipaksa’ untuk menjadi gendut, Tradisi Leblouh sudah sangat mendarah daging di Mauritania. Bagi mereka, malu rasanya jika mempunyai anak gadis yang kurus. Oleh karenanya, sedari kecil mereka dipaksa untuk makan dengan porsi yang besar.


4.     Cantik itu memiliki kuping panjang (suku dayak)


Definisi cantik kali ini berasal dari  kearifan local yaitu Indonesia tepatnya suku dayak, mereka mengartikan bahwa wanita cantik itu adalah wanita yang memiliki kuping panjang,kuping panjang kerap dikaitkan dengan status sosial seseorang dalam masyarakat Dayak. Bagi Suku Dayaktelinga panjang  menandakan bahwa mereka berasal dari golongan bangsawan. Hal semacam ini biasanya dihubungkan dengan tingkatan sosial seorang dalam orang-orang Dayak. Untuk suku Dayak Kayan, umpamanya, telingacuping panjang tunjukkan bila orang itu datang dari kelompok bangsawanBagi perempuan bangsawan, hal itu merupakan kehormatan tersendiri. Namun juga sebagai pembedaan pada wanita yang menjadi budak, kalah berperang, dan tak mampu membayar utang. Bahkan memanjangkan telinga menjadi simbol kesabaran wanita. Makin panjang telingaperempuan Dayak, maka mereka akan merasa makin cantik.



itulah definis cantik menurut suku-suku yang ada di dunia, bagaimana apakah agan berpendapat sama dengan salah satu sauku tersebut, atau mungkin memiliki definisi lain tentang cantik.

                                                                                                            
0
11.4K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.