Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

worldmilesAvatar border
TS
worldmiles
Balancing Bikes, Media Belajar Sepeda Anak Tanpa Pedal!
Hai-hai…

emoticon-Hai

Ngobrolin Balancing Bikes yuk! Udah tau dong kalo Balancing Bikes ini adalah sepeda. Haha, ya iyalah dari namanya aja udah keliatan, kan? Tapi sebenernya apa sih Balancing Bikes ini? Berikut gue kasih penjelasannya sedikit tentang serba-serbi Balancing Bikes.


1.    Pengertian

 


Spoiler for spoiler:


Balancing Bikesadalah sepeda roda dua yang dirakit tanpa pedal. Sepeda ini dijadikan sebagai media belajar bersepeda bagi anak-anak usia dini. Beberapa negara maju kayak Eropa, Amerika, Jepang, Inggris, Korea, dan yang lainnya sudah lebih dulu menggunakan Balancing Bikes pada anak-anak mereka yang lagi belajar naik sepeda.

 

Sebutan untuk Balancing Bikes ini juga beragam loh, gan! Ada Balance Bike, Training Bike, Run Bike, Baby Bike, Trainer Wheels, dan Push Bike. Bahan-bahan dari sepeda ini juga beragam, ada yang pake kayu, alumunium, sampai plastik. Hehe.

 

2.    Usia yang pas untuk mengendarai


Spoiler for spoiler:


Balancing Bikes terdiri dari beberapa ukuran, ukuran yang terkecil bisa dikendarai sama anak berusia 18 bulan. Tapi umumnya sih, anak-anak bisa pake Balancing Bikes ini waktu berumur 2 tahun sampai 5 tahun. Balancing Bikes bisa dipake dengan baik kalo si anak udah bisa menapak dengan ajeg waktu naik sepeda ini (gak terlalu jinjit). Biasanya sih anak-anak yang mulai mengendarai Balancing Bikes sejak berumur 2 tahun, bisa mengendarai sepeda roda dua dengan pedal waktu mereka udah berumur 4 tahun.

 

3.    Cara mengendarai Balancing Bikes

 

 
Spoiler for spoiler:


Balancing Bikes bisa dipake sambil jalan atau didorong dengan kaki. Gak ada pedal loh di Balancing Bikes jadi si anak harus secara natural ngangkat kaki mereka dengan menyeimbangkan diri waktu mengendarai Balancing Bikes dengan cepat.


kira-kira kayak gini nih, gan anak-anak mengendarai Balancing Bikes:




 

4.    Perlengkapan saat mengendarai Balancing Bikes

 


Spoiler for spoiler:


Inget, walaupun ini sepeda buat anak-anak, keselamatan tetep jadi nomor satu! Apalagi anak-anak yang mengendarai Balancing Bikes kan masih usia dini. Biasain kalo mau pake Balancing Bikes, si anak dipakein helm, sarung tangan, pelindung siku-lutut dan sepatu yang nyaman. Jaga-jaga gan, siapa tau dia tiba-tiba jatoh, kan kalo udah pake perlengkapan keamanan kita jauh lebih tenang. Selain itu, kebiasaan menggunakan perlengkapan keamanan pada anak juga bisa sekalian ngajarin mereka tentang cara bermain yang aman dan nyaman demi keselamatan diri sendiri, serta belajar disiplin juga.

 

5.    Balancing Bikes di Indonesia

 


Spoiler for spoiler:


Menurut gue sih udah banyak ya yang memilih Balancing Bikes ini di Indonesia sebagai media belajar naik sepeda bagi anak-anak. Terlebih dengan Balancing Bikes, si anak bukan cuma belajar nyeimbangin badan naik sepeda aja, tapi juga bisa sekalian latihan berkonsentrasi, berani menghadapi tantangan, dan mengatasi rasa takut.

 

Di Indonesia salah satu produsen Balancing Bikes ini adalah Azai Bikes. Azai Bikes merakit Balancing Bikes-nya jadi sangat ringan (1,9 kg – 2,6 kg). terbuat dari rangka baja, Azai Bikes mampu menahan beban sampai 30 kg. dengan sepeda ini si anak jadi lebih gampang mengendarai Balancing Bikes, dan gak takut naik sepeda walau masih belajar. Ban Balancing Bikes dari Azai ini menggunakan Eva Polymer yang gak perlu dipompa dan gak akan bocor.

 

 

Nah, itu dia gan beberapa hal yang bisa kita tau tentang Balancing Bikes. Ada yang mau nambahi gak nih gan? Siapa tau aja ada yang punya anak atau saudara yang pake Balancing Bikes. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin












Diubah oleh worldmiles 10-06-2018 00:55
0
9.7K
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.