mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan


Rasanya tidak akan ada habisnya mencicipi kekayaan kuliner Indonesia. Ya nggak Gan? Ya lihat saja bagaimana bahkan untuk menu berbuka puasa pun berbagai daerah di Indonesia punya menu yang khas dan beragam. Salah satunya menu berbuka manis yang satu ini nih.

Jongkong, begitu biasanya orang menyebut makanan manis berbahan dasar tepung beras yang biasanya jadi takjil favorit dari Medan, Sumatera Utara ini Gan.


Foto: Okezone.com

Dilansir dalam kumparan.com, Jongkong sebenarnya merupakan makanan khas masyarakat Melayu di pesisir pantai Selat Malaka. Di Medan sendiri, Jongkong hanya muncul saat Ramadan. Mencari kudapan manis ini saat hari biasa akan terasa cukup sulit.

Kenikmatan Jongkong terletak pada tekstur lembutnya dan rasanya yang manis.


Foto: Pictaram

Jongkong sendiri terbuat dari campuran tepung beras dan air yang dimasak hingga mengental dengan tambahan daun panda guna memberi warna dan aroma khasnya. Saat campuran matang adongan Jongkong kemudian didiamkan hingga dingin dan agak mengental, kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang dan diberi kuah dan pelengkap yang terdiri santan, parutan kelapa muda, gula merah dan gula pasir baru dikukus kembali.

Ketika sudah jadi dan bungkusan daun dibuka, Agan akan disuguhkan penampakan Jongkong yang terdiri dari gula merah yang cair setelah dikukus kemudian lapisan berwana hijau dari si tepung beras dan lapisan putih yang dari campuran santan tadi yang sedikit memberikan rasa gurih di antara rasa manis yang dominan pada Jongkong. Oya, sekarang tak hanya mengguankan daun, Jongkong pun terkadang dibuat dalam kemasan cup plastik loh.


Foto: deskgram.org

Ingin merasakan manisnya Jongkong Gan? Biasanya saat Ramadan , Jongkong ramai di jual di pinggir jalan kota Medan menjelang waktu berbuka puasa kok Gan.


Baca juga thread kuliner khas Ramadan lainnya:
Piyaji dan Beguni, Cemilan Gorengan Khas Berbuka di Bangladesh Sana
Wadai Ipau, Lasagna Versi Lokal Yang Jadi Menu Khas Ramadan
Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Pakat, Pucuk Rotan yang Jadi Menu Ramadan Khas Mandailing dan Tapanuli Selatan
Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
0
17.3K
195
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.