AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Asyiknya Pake USB OTG Buat Ngaskus

Source: Pricebook.co.id

Bagi Agan dan Sista yang punya HP Android yang mempunyai fitur USB OTG, bisa dimanfaatkan untuk kenyamanan Ngaskus lho. Ane udah nyoba, dan hasilnya cukup menyenangkan.

Tapi sebelum membahas tentang keasyikan Ngaskus pake USB OTG, mungkin Agan dan Sista masih ada yang belum tahu apa itu USB OTG, dan apakah Android yang dimiliki sudah mendukung USB OTG. Karena itu, di sini Ane jelaskan dulu sedikit apa itu USB OTG.

Universal Serial Bus On The Go yang biasa disebut singkat USB OTG adalah sebuah fitur Smartphone yang bisa mengontrol perangkat lain yang terhubung melalui Port USB. Smartphone seperti Android akan bertindak sebagai Host (Tuan Rumah), sehingga ia bisa mengenali dan memfungsikan perangkat lain yang terhubung, seperti mouse, keyboard, flashdisk, printer, dan lain-lain.

Bagaimana mengetahui HP yang mendukung USB OTG? Caranya bisa ditanyakan langsung saat membeli, baca buku manual, cari informasi di Internet, atau pakai aplikasi seperti USB Host Check, USB OTG Checker, dan lain-lain.

Nah jika HP Android Agan dan Sista sudah dipastikan support USB OTG, langkah selanjutnya adalah membeli Kabel USB OTG. Sebab, pada umumnya Port USB pada HP menggunakan Micro USB (sangat kecil), sehingga diperlukan kabel konversi ke Port USB Standar. Harganya relatif murah, dari 5 ribuan hingga ratusan ribu, tergantung merek dan kualitasnya.


Source: Gadgets360.com

Langkah selanjutnya adalah colokkan kabel USB OTG itu ke Port Micro USB yang ada di HP. Pada Port USB-nya Agan dan Sista dapat mencolokkan perangkat apa saja yang diinginkan, di antaranya:


1. Mouse


Source: fonepav.com

Pasti Agan dan Sista semua sudah tidak asing lagi dengan benda ini, yang umumnya selalu ada di samping PC atau Lepi. Nah, benda ini juga bisa Agan colokkan ke HP melalui Kabel USB OTG tadi. Semua tombol yang ada di mouse akan berfungsi di HP sebagaimana di PC, seperti klik kiri, klik kanan, double click, scroll, dan lain-lain. Semua menu HP juga bisa diakses dengan mudah, begitu juga dengan Aplikasi Forum Kaskus. Bisa buka dan baca Thread, tulis Thread, reply, qoute, insert pict, dan lain-lain. Pokoknya seperti fungsi mouse pada PC deh, sehingga Ngaskus terasa lebih enjoy. Ane juga sudah coba pake Wireless Mouse, juga berfungsi dengan baik.

Klik kiri untuk membuka file (termasuk ngetik), klik kanan untuk kembali (back), klik tengah (tombol scroll) untuk Home, dan scroll untuk menggeser halaman atas bawah.


2. Keyboard


Source: portalimiz.com

Kebayang ga kalo Agan dan Sista harus bikin Thread sebanyak 2.000 karakter atau lebih, diketik melalui keyboard virtual HP? Pasti sangat susah, lambat, dan banyak typo. Nah, untuk mengatasi ini, Agan dan Sista bisa memanfaatkan keyboard PC, dengan mencolokkannya ke HP melalui kabel USB OTG tadi. Keyboard akan berfungsi pada HP selayaknya pada PC. Jadi, Agan dan Sista bisa ngetik dengan cepat, terutama ketika bikin Thread, atau Reply sebuah Comment.


3. Flashdisk USB


Source: Jalantikus.com

Kalo Agan udah nyiapin Thread, foto dan data lainnya dalam Flashdisk, lalu ingin mengepostkannya ke Kaskus misalnya, maka tak perlu repot ngidupin PC or Lepi. Langsung aja colok itu Flashdisk ke HP melalui kabel OTG. Semua data dalam FD akan terbaca, bisa dilihat, dicopy, didelete, dan sebagainya.
*******
Sayangnya, Ane belum nyoba pake USB HUB untuk menggandakan Port USB. Jadi belum tahu berfungsi tidaknya perangkat ini di HP.
***
Nah, gimana Agan dan Sista semua? Udah pernah atau pengen coba asyiknya Ngaskus melalui Android dengan USB OTG?
***
Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 09-06-2018 22:32
adestiey
KenjiYamamoto
KenjiYamamoto dan adestiey memberi reputasi
2
4.2K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.