Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

drumssAvatar border
TS
drumss
Gaji Gede = THR Gede, Tapi Kita Wajib Bijak Belanjakan THR

Tunjangan Hari Raya atau biasa kita sebut ‘THR’ menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu menjelang lebaran tiba. Tunjangan yang kita terima ini pastinya bakal berguna untuk memenuhi segala kebutuhan yang kita punya, apalagi kalau gaji bulanan yang kita terima besar maka secara otomatis THR yang didapat pun bakal nampol, Gan! Seberapa besar THR yang kita terima pastinya bakal sia-sia seandainya kita kurang bijak dan ga bisa mengatur dalam membelanjakannya. Btw, ngomongin THR agan sendiri udah pada nerima THR belum? Kalau sudah, baca dulu thread ini yang akan menuntun agan untuk lebih bijak dalam membelanjakan THR agar tepat sasaran dan ngap-ngap-an di bulan berikutnya.

Catat & List Kebutuhan Selama Lebaran


Sebanyak apapun THR yang lo terima nih gan, akan banyak juga godaan buat menghabiskannya. Agar membelanjakan THR ga keluar dari jalur, usahakan untuk membuat list dengan mencatat berbagai kebutuhan yang ada, dan yang terpenting kitanya juga kudu disiplin dengan mengeluarkan uang sesuai dengan yang ada di list belanjaan.

Alokasikan THR Untuk Kebutuhan Prioritas


Sepengalaman gw sih kalo abis dapet THR tuh rasanya kepengin beli semua aja, bahkan terkadang jadi lapar mata karena keluarin duit yang sebenarnya buat ga penting-penting amat! Nah, sebelum kalian pada khilaf ada baiknya nih untuk alokasikan duit THR untuk memenuhi kebutuhan berskala prioritas, misalkan tagihan bulanan listrik, tagihan air, tagihan kartu kredit, bayar cicilan rumah, atau bayar pembantu mungkin?. Setelah kebutuhan prioriitas terpenuhi, barulah untuk bisa membelanjakan untuk kebutuhan yang lainnya.

DP Mobil Boleh Ga, Gan?

Sekarang ini emang punya mobil udah jadi sebuah kebutuhan yang bisa bikin mudah pemiliknya, terlebih lagi buat lo yang udah berkeluarga gan! Bagi lo yang berencana mau beli mobil, THR yang besar tentu bisa menjadi dana yang bisa dialokasikan untuk DP mobil baru. Tapi ingat yah gan, mau kredit mobil pastikan kalau gaji/penghasilan yang diterima tiap bulannya wajib cukup buat bayar cicilan, biar nantinya ga kejepit oleh tagihan! Berikut ada info nih ga ndari Nissan yang luncurkan Nissan Grand Livina Special Version dan cocok jadi mobil pilhan agan dan keluarga.


Nissan Grand Livina Special Versionbisa jadi pilihan tepat bagi agan yang berencana beli yang irit dan nyaman saat dipake lebaran bareng keluarga. Memiliki teknologi Xtronic CVT yang akan membuat Nissan Grand Livina Special Version punya performa mesin ok, tapi tetap dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Jadi, agan tetap bisa jalan dan pake Nissan Grand Livina Special Version untuk harian, atau saat bepergian bareng keluarga tanpa harus pusing karena mobil sering haus di jalan emoticon-Big Grin. Gak percaya? Beberapa waktu yang lalu Nissan mengadakan tantangan eco-driving dengan Xtronic CVT yang bertajuk “Tantangan 7 Liter Livina”, tantangan ini menantang para peserta mengendarai Grand Livina hanya dengan 7 liter bensin untuk menjelajahi destinasi populer di Bali, dimulai dari dealer Nissan-Datsun Gianyar, melewati Candidasa dan Bali Safari Marine Park, lalu berakhir di pantai Balangan. Mau tahu hasilnya? Jarak tempuh rata-rata keseluruhan 136 kilometer loh Gan. Irit banget kan?

Nah, khusus agan yang sudah punya mobil dengan sistem cicilan, THR yang diterima bisa dialokasikan untuk bayar cicilan, agar bulan depan sedikit tenang.

Alokasikan Dana Buat Mudik Ke Kampung Halaman


Kampung halaman menjadi tujuan seperti biasa ketika musim mudik tiba, dan gue pernah ngalamin dimana mudik begitu seru, tapi giliran balik lagi ke Jakarta malah pusing karena duit tiris. Mungkin kasus yang gw alami bisa jadi pembelajaran, kalau kita wajib mengalokasikan dana buat mudik ke kampung halaman dari duit THR yang kita punya. Misalkan mudik dengan mobil, otomatis harus persiapkan dana untuk servis mobil, ganti oli, bahan bakar (PP), biaya Tol, dan lain sebagainya. Intinya sih wajib siapkan budget untuk biaya perjalanan selama mudik lebaran.

Jangan Lupa Sisihkan Untuk Amal


Dibalik rejeki yang kita terima, itu ada hak milik dari orang lain gan! Maka sepantasnya lah kita untuk menyisihkan duit THR yang kita punya untuk kita amalkan ke pihak-pihak yang membutuhkan. Mungkin diamalkan ke tempat ibadah, anak yatim piatu, janda-janda tua, ataupun panti asuhan.

Itulah cara bijak membelanjakan duit THR yang kita terima agar bisa bermanfaat bagi semua, bagi diri kita, bagi keluarga, dan juga bagi orang lain. Btw nih gan, gimana dengan cara agan belanjakan uang THR? Boleh dong share di mari dengan cara komentar di thread ini.



0
11.9K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.