nextgirlAvatar border
TS
nextgirl
Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Foto: Istimewa
Mudik menjadi salah satu ritual tahunan yang dilakukan oleh kaum pekerja/pelajar yang mengadu nasib di tanah rantau, biasanya momen mudik ini identik dilakukan menjelang hari raya, termasuk berbagai persiapan pun pastinya udah lo lakuin untuk menghadapi musim mudik lebaran tahun ini agar bisa merayakan kemenangan bareng keluarga di kampung halaman. Mudik ke kampung halaman udah pasti bakal meninggalkan rumah, dan menjadikan keadaan rumah jadi kosong. Karena mudik biasanya bakal memakan waktu yang lama, maka sebelum meluncur ke kampung halaman pastikan lo lakukan cara pintarberikut agar meninggalkan rumah dalam keadaan tetap aman.

Matikan Aliran Listrik Kalau Perlu

Foto: klimg
Libur lebaran tahun ini yang begitu panjang memungkinkan banget kalau lo bakal meninggalkan rumah dalam waktu yang lumayan lama, maka ada baiknya untuk memadamkan lampu atau listrik yang dirasa ga penting. Misalkan lampu ruang tengah & ruang tamu dimatikan, kemudian membiarkan lampu halaman tetap menyala. Cabut semua saklar listrik atau stop contact yang dirasa ga perlu, guna menghindari segala sesuatu hal yang ga diinginkan. Dengan mengurangi lampu yang menyala, maka gue udah menjadi orang pintaryang bisa tetap menjaga keamanan dan menghindari setoran listrik yang membengkak emoticon-2 Jempol.

Kosongkan Kulkas, Atau Tinggalkan Koin di Kulkas

Foto: Tribune
Mungkin lo termasuk orang yang biasanya selalu menyimpan berbagai stok makanan di kulkas. Kalau memang ga mau ribet, matikan kulkas dan kosongkan seluruh makanan yang ada di dalamnya agar tidak menimbulkan bau ga sedap saat kulkas dalam keadaan mati. Agar lo bisa mengetahui makanan yang ditinggal di kulkas tetap aman dikonsumsi sekembalinya dari kampung halaman karena listrik tetap menyala bebas pemadaman. Caranya nih gan, letakkan koin di atas gelas yang sudah berisi air beku, kemudian masukkan kembali gelas yang sudah ada koin di atasnya ke dalam freezer kulkas lo. Indikatornya, apabila koin itu tetap berada di atas saat lo balik ke rumah, berarti selama kita mudik ga terjadi pemadaman listrik. Tapi, kalau koin sampe di posisi dasar, maka dipastikan selama kita mudik ada pemadaman listrik yang lumayan lama. Kalau sudah seperti ini, cek kembali kondisi makanan yang lo punya ya, Gan.


Terapkan Keamanan Dobel Dengan Memberikan Kunci Ganda

Meninggalkan rumah kosong selama mudik, sudah pasti bakal menjadikan rumah kita menjadi lahan empuk buat tamu tak diundang yang suka menyatroni (maling). Maka jangan pernah lo update feed medsos dengan menggembar-gemborkan kalau lo mudik yah gan, karena siapa tau malingnya bakal tau!emoticon-Big Grin. Maka untuk mengakalinya, lo wajib terapkan keamanan dobel dengan memberikan kunci ganda pada pintu.  Misalkan dengan menggembok pintu gerbang, dan kalau perlu kasih gembok tambahan di pintu utama rumah. Tapi, pastikan juga berkabar ke tetangga, dan lapor ke pihak keamanan setempat (apabila ada), atau kalau masih ada budget THR yag belum terpakai, lo bisa bayar orang untuk jagain rumah lo selama ditinggal mudik.


Itulah beberapa hal yang selalu gue perhatikan dan udah menjadi #CaraPintarGue ketika meninggalkan rumah selama mudik ke kampung halaman. Sejauh ini cara pintar versi gue pun bekerja dengan baik, meninggalkan rumah dengan tetap aman. Kalau cara pintar versi lo gimana gan? Komentar di thread ini yah gan, biar jadi pembelajaran Kaskuser lain agar bisa mudik ninggalin rumahnya tanpa was-was.

emoticon-Ngacir

Baca Juga Nih Gan :


Diubah oleh nextgirl 05-06-2018 11:59
0
8.5K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.