• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ekstrim! 5 kuliner Indonesia ini menggunakan bahan yang ngga biasa

riceudukAvatar border
TS
riceuduk
Ekstrim! 5 kuliner Indonesia ini menggunakan bahan yang ngga biasa
Ekstrim! 5 kuliner Indonesia ini menggunakan bahan yang ngga biasa

Siapa sih yang ngga ragu kalau Indonesia merupakan negeri yang kaya kuliner? Udah pasti di tiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner khas nya masing-masing, dan sudah pasti rasanya enak-enak dan bikin ketagihan. Mulai dari Jogja dengan gudegnya, atau Jakarta dengan kerak telor, Palembang dengan Pempek nya, sampe ke Papua dengan Papeda. Namun, ternyata ada juga loh gan, kuliner asli Indonesia dengan bahan yang ngga biasa alias ekstrim! Biasanya kuliner ini sudah ada sejak jaman dahulu sehingga kuliner tersebut tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat. Nah biar agan ga penasaran, Riceuduk udah ngumpulin 5 kuliner Indonesi yang menggunakan bahan ekstrim!

1. Paniki-Manado

Spoiler for Paniki:

 Yang pertama ada Paniki yang menggunakan bahan dasar kalong, iya guys, kalong!Sebelum diolah menjadi masakan Kalongterlebih dulu dibakar untuk menghilangkan bulu-bulunya yang halus, kemudian dimasak dengan kuah santan kelapa yang kental dan dicampur dengan berbagai rempah. Selain dibuat menjadi paniki, di Manado kelelawar juga diolah menjadi sate, digoreng atau dijadikan sup. Mau coba gan?

2. Kawok-Manado
Spoiler for kawok:

 Kebayang ga sih agan-agan makan tikus itu gimana rasanya? Nah di Manado ada kuliner yang terbuat dari daging tikus, yaitu Kawok. Tapi tunggu gan, tikus yang dipakai bukan tikus got atau tikus rumah yang gede abu-abu gitu ya. Tikus yang dipakai adalah jenis tikus hutan, tikus hutan lebih aman dikonsumsi karena hanya memakan tumbuhan.

3. Ampiang Dadiah-Minangkabau

Spoiler for "Ampiang Dadiah":

 Kali ini ada kuliner khas minangkabau gan. Ampiang dadiah sendiri terbuat dari susu kerbau yang difermentasi didalam sebuah bambu, sehingga menghasilkan makanan yang berbentuk seperti yogurt.

4. Saren/Dideh

Spoiler for Saren:

 Yang keempat ada Saren/Dideh. Kuliner yang satu ini sebenernya sering dikonsumsi oleh masyarakat luar negeri gan. Saren terbuat dari darah hewan yang dibekukan lalu akan dimasak dengan direbus/ dikukus. Komentar dari yang pernah memakan saren rasanya seperti hati sapi tapi memiliki tekstur seperti tahu.

5. Trites- Karo

Spoiler for Trites:

 Nah, yang terakhir ada kuliner khas masyarakat Karo yaitu Trites. Trites terbuatdari isi lambung kedua atau rumen sapi dan kerbau. Isi lambung sapi atau kerbau ini berasal dari rerumputan dan dedaunan yang telah dimamah biak oleh kedua hewan tersebut. Namun belum melalui proses pencernaan penuh sehingga belum dikeluarkan sebagai kotoran. Kuliner ini memiliki tampilan yang mirip dengan soto.

Nah sekian dari Riceuduk ya gan, minat buat coba makanan diatas?
0
27.5K
279
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.