Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Kita Tidak Pernah Melihat Hiu Putih di Akuarium? Ternyata Alasannya Aneh!

lintasburungAvatar border
TS
lintasburung
Kenapa Kita Tidak Pernah Melihat Hiu Putih di Akuarium? Ternyata Alasannya Aneh!

Kalian semua sadar atau tidak kalau sedang pergi ke wahana akuarium, pernah tidak kalian melihat seekor hiu putih di dalamnya?

Mungkin kita semua sering melihat jenis hiu lainnya kan, tetapi kalian tidak akan pernah melihat hiu putih di dalam akuarium di belahan dunia manapun.

Kenapa bisa seperti itu? Seperti yang dilansir dari sumber youtube.com/CalonSarjana (05/04/2018) berikut ini adalah alasan mengapa hiu putih tidak ada di dalam akuarium.


Referensi pihak ketiga
Mungkin banyak yang berpikir kalau hiu putih itu tidak bisa hidup di akuarium karena memiliki ukuran yang sangat besar dan karena sifatnya yang terlalu agresif yang mungkin membahayakan spesies ikan lainnya kan?

Kalau kalian semua berpikir alasannya seperti itu, kalian salah besar. Pada kenyataanya beberapa akuarium besar di dunia pernah mencoba menaruh seekor hiu putih di dalam akuarium yang sangat besar.

Tetapi ternyata usaha tersebut berakhir sia-sia karena hiu tersebut kebanyakan mati dalam waktu 3 hari saja.

Bahkan banyak wahana akuarium lain yang mencoba melakukan hal yang sama tetapi malahan hasilnya jauh lebih parah dan membuat ikan hiu putih tersebut hanya dapat bertahan sehari saja.


Referensi pihak ketiga
Kalau menurut para peneliti ada beberapa teori yang membuat ikan hiu putih tidak bisa bertahan hidup dalam akuarium.

Pertama-tama seperti yang kita tahu kalau ikan hiu putih ini merupakan puncak dari rantai makanan dari binatang-binatang yang ada di laut kan?

Oleh karena itu dirinya selalu memakan ikan hidup lainnya dan tidak pernah sekalipun memakan bangkai ikan kecuali dirinya benar-benar merasa kelaparan.

Sedangkan kalau berada di akuarium hiu besar akan hidup terpisah dengan ikan lainnya, dan akan diberikan makanan berupa ikan yang sudah mati yang membuat hiu tersebut tidak bergairah.

Selain itu hiu putih sendiri memiliki kepuasan tersendiri saat dirinya berhasil mengejar dan menangkap mangsanya untuk dijadikan sebagai makanannya.


Referensi pihak ketiga
Lalu yang kedua karena hewan itu memiliki ukuran yang sangat besar, jadinya akan membutuhkan oksigen yang sangat banyak untuk bisa bertahan hidup.

Sedangkan akuarium terbesar di dunia sekalipun saja tidak akan pernah bisa untuk memberikan kandungan oksigen yang cukup untuk membuat ikan ini bisa bertahan hidup.


Referensi pihak ketiga
Kemudian yang ketiga hiu itu dikenal sebagai hewan petualang. Makanya menurut sebuah penelitian seekor hiu bernama Nichol pernah dipasangkan sebuah alat pelacak, dimana ternyata mampu berenang dari Laut Afrika menuju Australia dan kemudian kembali lagi ke Afrika hanya dalam waktu 9 bulan saja.

Jadi kebayang kan kalau hiu tinggal di sebuah akuarium, pasti hiu tersebut akan merasa stress karena ruangannya dianggap sangat kecil.

Lalu yang terakhir yang menjadi alasan sangat kuat kenapa hiu tidak bisa hidup di akuarium adalah menurut para peneliti akuarium memiliki efek sangat negatif pada sensor organ yang dimiliki hiu putih tersebut.

Dengan ukuran akuarium yang cenderung kecil bila dibandingkan dengan laut, ikan hiu akan sulit menerima perubahan karena memiliki sensor organ yang sangat sensitif.


Referensi pihak ketiga
Itulah tadi alasan mengapa hiu putih tidak ada di dalam akuarium. Ternyata ikan hiu putih ini merupakan hewan yang sangat sensitif ya. Mudah-mudahan populasinya terus bertambah ya.

Jangan lupa juga untuk memberikan komentar kalian di bawah, jika kalian mempunyai referensi unik dan pembahasan menarik lainnya dalam bidang sains dan ilmu pengetahuan.

Referensi:

1. YouTube Channel Calon Sarjana

2. Kompas Sains
1
8.9K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.