Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bernanda28Avatar border
TS
bernanda28
All About Harmonica
Kepada Agan-Aganwati


Selamat beraktivitas kawan-kawan forum Kaskus,
Izinkan saya mengupas lebih tajam (setajam pisau dapur), mengasah (tau mau kalah dengan batu akik), dan menyetubuhi benda yang satu ini yaitu HARMONICA. Pertama kita mengenal dulu apa itu Harmonica menurut buku dan para pakar.

Arti Harmonica Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
"alat musik tiup dengan lubang-lubang nada berlidah-lidah yang mengeluarkan bunyi karena lidah-lidah itu bergetar pada waktu ditiup"
Apa katamu Lubang Berlidah? Seperti ini .
okey okey kita lanjutkan!!

Harmonica menurut Wikipedia (yah, kagak percaya gue, hehehemoticon-Ngakak (S))
"Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus"

Menurut saya pribadi:
"Harmonica adalah terdiri dari 3 suku kata, Har yang artinya keras, Mo arti suara sapi, dan Nica adalah berarti menyatukan satu sama lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa Harmonica adalah benda yang keras yang dapat mengeluarkan suara dari lubang, yang berbunyi jika mulut dan alat bersatu. emoticon-Sundul Gan (S)

Itu saya sudah bahas pengertiannya. Sekarang kita bahas Sejerah Harmonica itu sendiri! (yang pastinya gue belum lahir ya,hehe atau mungkin diantara kalian yang baca sebagian adalah Immortal, hhihihiemoticon-Takut (S) )

Sejarah Harmonica Menurutu Wikipedia (lagi, lagi wikipedia, tambah kagak percaya gue ma thread ini, emoticon-Hammer (S) )
"Harmonika memiliki sejarah panjang yang berawal dari ditemukannya alat musik Sheng di China dan Khan di Thailand. Harmonika modern sendiri pertama diciptakan oleh Friedrich Buschmann dari Berlin pada tahun 1821. Saat itu Buschmann baru berusia 16 tahun. Buschmann adalah seorang musisi sekaligus pengrajin alat musik. Harmonika buatan Buschmann hanya bisa dimainkan dengan cara ditiup, tidak bisa dihirup.

Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan model yang sederhana dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Model awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan disempurnakan menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.

Bisnis instrumen Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dengan bantuan dari keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu untuk harmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang, Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country, ska dan bermacam-macam lainnya.

Cukup segitu ya tentang sejarahnya, yang penting kamu tau garis besarnya saja. Bahwa Harmonica berawal dari ditemukannya alat musik Sheng di China dan Khan di Thailand sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya sejak kekaisaran Nyu-kwa.. Harmonika modern sendiri pertama diciptakan oleh Friedrich Buschmann dari Berlin pada tahun 1821.

Pengertian sudah, sejarahnya juga sudah, okey sekarng kita masuk ke Jenis-Jenis Harmonica:

1. Diatonik

Diatonik atau lebih dikenal dengan nama Blues Harp. Harmonika ini memiliki ciri fisik yang terdiri dari 10 lobang, yang berarti memiliki 2 1/2 oktav. Harmonika jenis ini bisa diaminkan baik untuk solo ataupun instrument pengiring. Biasa digunakan pada musik Blues, Folk, dan Country. Memiliki susunan nada Ritcher-Tuned, harmonika ini memang lebih dikhususkan untuk memainkan musik Blues. Tetapi seiring bertambahnya waktu, dengan adanya custom tuning maka diatonik juga mampu menyentuh Reggae, Pop, bahkan Jazz. Dengan adanya Ritcher-Tuned maka harmonika jenis ini datang dengan berbagai macam kunci mulai dari C-B. Beberapa musisi dunia yang sudah terkenal dengan permainan diatonik harmonikanya yaitu Little Walter, Jason Ricci, Howard Levy, dan Bob Dylan.

Harga dan Merk yang di Rekomendasikan!!!
a. Hohner Special-20

Harga sekitar 400-600ribu

b. Suzuki HarpMaster

Harga sekitar 300-500 ribu

Ini Bonus Video yang menggunakan Harmonica Jenis Diatonik, Sekalian buat belajar


2. Kromatik

Harmonka kromatik umumnya berukuran lebih besar dari harmonika diatonik, jumlah lubangnya bervariasi dari 10,12 14 dan 16 lubang dan mempunyai tombol pada ujung lubang nada, tombol tersebut adalah untuk menghasilkan nada kromatik - sebagaimana halnya tombol hitam pada piano). Nada dasar nya bervariasi, dari C samapai G, namun nada dasar C lebih banyak digunakan. contoh susunan nada harmonika kromatik adalah seperti dibawah ini (untuk harmonika 12 lubang). Beberapa artis dunia yang sudah terkenal dengan permainan kromatiknya adalah Larry Adler, Toots Thielmans, Hugo Diaz, dan Stevie Wonder.

Harga dan Merk yang di Rekomendasikan!!!
a. Hohner CX-12

Harga 1-2 juta an

b. Suzuki SCX series

Harga sekitar 1 - 2 juta an

c. Seydel Saxony

Harga sekitar 1-2 juta an.

Nih salah satu video Harmonica jenis Kromatik!


3. Tremolo/Echo/Octave

ciri fisik paling mudah yang bisa kita ketahui dalah memiliki lubang berjajar atas bawah dan biasanya lebih dari 15 lobang. Harmonika jenis ini pada umumnya datang dengan kunci C, G, dan F, dan memiliki karakter suara seperti gitar 12 senar. Fungsi awalnya adalah sebagai instrument pengisi ruang kosong pada sebuah lagu, dan sedikit solo. Harmonika jenis ini memiliki susunan nada yang berbeda-beda hampir menyerupai diatonik tetapi lebih kompleks. Patern nada dari harmonika ini tidak pasti, tergantung dari merek dan jumlah lobang. Pada umumnya harmonika jenis ini digunakan untuk memainkan musik jenis Bluegrass, Irish, Folk, dan Celtic. Beberapa musisi dunia yang menggunakan harmonika jenis ini adalah Ciarán Bourke, Patrick Clancy, dan Maki Yamaguchi.

Harga dan Merk yang di Rekomendasikan!!!
a. Hohner Comet Octave Harmonica

Harga sekitar 300-500 ribu an

b. Suzuki 2 Timers Tremolo Harmonica

Harga Sekita 300-500 ribu an,

Nih salah satu video Harmonica jenis Tremolo/Echo/Octave!


Pengertian sudah, Sejarah sudah, Jenis-jenis juga sudah, okey sekarang cara bermainnya!

Ada dua cara bermain Harmonica
A. Bending dan overblow, overdraw
Pada umumnya para pemain blues lebih mengutamakan permainan dengan teknik bending untuk mendapatkan nada yang tidak tesedia pada 10 lubang blow (tiup) dan draw (hisap). teknik Bending adalah pada umumnya hisap dan tiup harmonika dengan cara menarik lidah lebih kedalam untuk mendapatkan efek bending. susunan bending adalah seperti dibawah (lihat nada diatas baris "blow" dan nada di bawah baris "draw)


Berikut Videonya!!




B. Overdblow/Overdraw
Adalah teknik berikutnya setelah teknik bending, teknik ini untuk lebih mendapatkan nada nada kromatik pada harmonika diatonik. Perlu banyak latihan untuk melakukan overblow/overdraw ini. sampai saat ini baru beberapa pemain harmonika terkenal yang sudah dapat memamerkan teknik overblow/overdraw tersebut sepert Jason Ricci pada video youtube di sebelah. overblow/overdraw juga di mainkan oleh Howard Levy pemain harmonika diatonik Jazz. susunan overblow/overdraw adalah seperti dibawah (lihat nada diatas baris "blow" lubang 1 sampai 6 dan nada di bawah baris "draw lubang 6 sampai 10).


Berikut videonya!!!


Itulah serba serbi Harmonica, Terima Kasih
Ini Adalah thread Pertama gue, sorry kalau berantakan!!
Mohon dikoreksi ya kawan-kawan kaskus!
Dan berikan masukkan kepada saya lewat Kolom Komentar!!
emoticon-Cendol (S)

Sumber : Blogger - blogger yang gue curi datanye, Google, KBBI, Wikipedia, Youtube, dan Otak Pribadi
emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Repost (S)
Diubah oleh bernanda28 24-06-2015 13:40
0
6.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.