skyscannerAvatar border
TS
skyscanner
Seorang ilmuwan secara matematis menghitung kekuatan Thanos

 
Jika kamu sudah nonton Avengers: Infinity War,Kamu akan tahu bahwa Thanos adalah penjahat paling menjijikkan yang pernah muncul dalam produksi Marvel di layar lebar. Seberapa besar kekuatan yang ia miliki ? Inilah jawaban dari seorang ilmuwan di Northeastern University.
 
Orang yang memulai proyek ini adalah Steven Cranford, profesor teknik di universitas tersebut. Untuk melakukan perhitungan ini, peneliti membuat model molekuler nyata dari kubus Teseracto. Karyanya yang baru saja diterbitkan (dan ditinjau) di Extreme Mechanics Letters.
 
Bagi orang awam, Teseracto di dunia Marvel adalah permata berbentuk kubus dari kekuatan tak tertandingi yang dulunya milik Odin. Cranford sebagai penggemar film-film dan ilmuwan material Marvel, melihat dalam adegan itu sebuah formula sempurna untuk menebak kekuatan sebenarnya dari karakter bernama Thanos.
 
Ketika Thanos menghancurkan kubus itu, Cranford mengaktifkan program dinamika molekuler untuk menemukan bentuk kotak empat dimensi. Jika dia memecahkan geometri kubus, dia bisa menghitung kekuatan materialnya. Dan jika dia sudah tahu kekuatan kubus tersebut, maka dia bisa mengetahui seberapa kuat Thanos mengeluarkan energinya.
 
Kebetulan bahwa teseract bukan sekedar imajinasi dari Marvel belaka, tapi itu juga tercatat di halaman buku geometri. Bahkan disana ada definisinya, yaitu sebuah benda yang dibentuk oleh delapan kubus tiga dimensi, yang terletak di sebuah ruang dan terdapat sumbu dimensi keempat (panjang pertama, tinggi kedua dan kedalaman ketiga). Pada dasarnya, teseract adalah kubus dari empat dimensi spasial.
 
Dengan kata lain, itu adalah sesuatu seperti kubus kecil menggantung sempurna di tengah kubus yang lebih besar. Menggunakan perangkat lunak pemodelan, Cranford mulai membangun teseract molekul, menghubungkan atom karbon dengan atom karbon lainnya.
 
Menurut peneliti: Pertimbangkan berlian dan grafit. Kedua zat hanya mengandung atom karbon. Atom ini memberi kekuatan luar biasa pada berlian. Dan dalam grafit lunak, atom karbon lebih longgar dan terpisah.
 

 gambar kubus teseract

 
Ketika bentuk karbon menjadi sangat aneh, para ilmuwan menggambarkan pengaturan atomnya sebagai "geometri eksotis." Salah satu bentuk itu, molekul fullerene, merupakan sferikal kkamung atom karbon. Ini telah disintesis di laboratorium dan juga keberadaannya terdeteksi di ruang angkasa.
 
Program Cranford, alat yang digunakan oleh banyak ilmuwan, penuh dengan geometri eksotis semacam ini. Ini termasuk graphene, lembaran datar karbon yang disusun seperti ruang heksagonal mirip sarang lebah, dan carbyne, rantai atom karbon dalm bentuk satu dimensi.
 
Dengan demikian, teseractdirilis oleh fiksi ilmiah, tetapi terbatas dalam batas-batas yang realistis dari perangkat lunak, peneliti membangun formasi karbon yang tidak dapat disintesis oleh laboratorium di Bumi.
 
Menurut sang ilmuwan: Mengkamulkan "medan gaya reaktif" dari program ini memungkinkan kita untuk menciptakan semua jenis "molekul gila". Dalam jenis simulasi ini kamu dapat membangun apa pun yang kamu inginkan.
 
Peneliti mengatakan bahwa di antara semua kegagalan, ia berhasil dua kali. Dia mendesain dua tipe baru dari susunan karbon yang stabil dan mempublikasikan struktur teorinya awal bulan ini. Salah satu bentuk karbon ini dibaptis sebagai pentatope. Yaitu alternative kubus karbon, dia menyebutnya sebagai hypercube. Dia telah menciptakan tes karbonnya.
 


Gambar: Teseracto dalam geometri (Wikimedia Commons)

 
Kemudian dia menguji kekuatan kreasi simulasi miliknya, mengompres molekul secara digital untuk melihat kekuatan apa yang ada di dalamnya.
 
Sepuluh ribu seperseribu newton menggandakan tautan hypercube, yang dengan sendirinya tidak terlalu mengesankan. Namun, jika molekul-molekul hypercube bergabung bersama seperti miliaran potongan Lego, kekuatan mereka melonjak dalam angka-angka fiksi sains sejati. Sebuah hypercube yang menyerupai teseractdari film Marvel itu akan memiliki berat seperti pensil grafit.
 
Peneliti menyimpulkan bahwa meremas kubus teseract menjadi bubuk membutuhkan kekuatan setara dengan 42.000 ton.
 
Hasil akhir? Dengan asumsi hubungan proporsional, matematika ilmuwan menunjukkan bahwa Thanos memiliki kekuatan sebesar 54 juta kilogram. Ini lebih besar dari berat kapal Titanic. Kebiadaban yang hakiki !!!
 
 Perlu diketahui bahwa kekuatan yang diukur tersebut hanyalah kekuatan genggaman tangan Thanos !

Quote:


emoticon-Cendol Gan

anasabila
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
324.2K
486
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.