Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bacaanonline1Avatar border
TS
bacaanonline1
Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki
Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki

Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki – Beberapa hari lalu, Jakarta dihiasi pohon imitasi yang berwarna warni yang dipasang di seputar trotoar Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman. Pohon imitasi tersebut dipasang oleh Suku Dinas Perindustrian dan Energi (Sudin PE) Jakarta Pusat, Iswandi pada hari Senin 28 Mei 2018. Pihaknya memasang ratusan pohon imitasi dengan lampu hias untuk menyambut HUT DKI Jakarta.

Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki

Namun kini pohon-pohon imitasi tersebut akan dilepas karena warga merasa terganggu dengan adanya pohon-pohon imitasi tersebut. Terlihat dari beberapa foto yang telah viral di beberapa media sosial, pohon imitasi tersebut berada di sisi trotoar dengan lebar 1 meter. Pejalan kaki yang melewatinya harus berjalan melipir agar tidak menyenggol pohon imitasi tersebut. Keberadaan pohon imitasi tersebut telah menuai protes dari warga.

Banyak juga yang meminta agar pohon-pohon imitasi tersebut segera dilepas karena sangat mengganggu pengguna jalan yang melewati trotoar. Bahkan protes dari para warga sampai ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk melepas semua pohon imitasi tersebut. Anies yang mengetahui hal tersebut sangat menyayangkan pemasangan pohon-pohon imitasi tersebut. Anies juga mengaku bahwa pemasangan pohon imitasi tersebut tanpa berkoordinasi dengan dirinya.


Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki


Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki


Anies juga mengaku bahwa jajarannya telah melakukan tindakan yang salah. Hingga saat ini, Anies tidak mengetahui alasan mengapa tidak adanya koordinasi dengan dirinya mengenai pemasangan pohon imitasi tersebut. Anies juga tidak mengetahui siapa yang memiliki ide untuk memasang pohon imitasi tersebut. Namun Anies menjelaskan bahwa segala sesuatunya harus dilakukan koordinasi terlebih dahulu.


Selain mengganggu pejalan kaki yang melintasi trotoar, sempat viral juga sebuah screenshot mengenai perincian anggaran yang beredar. Screen shot yang berasal dari situs LPSE dengan nama lelang Pengadaan Tanaman dan Bahan Dekorasi. Satuan kerja menyebut Dinas Kehutanan dengan pagu Rp 9,2 miliar, harga perkiraan sendiri Rp 8,5 miliar dan dengan harga penawaran Rp 8,1 miliar.

Keberadaan Pohon Imitasi Mengganggu Pejalan Kaki

Namun, Dinas Kehutanan dan Sudin Perindustrian dan Energi membantah screenshot tersebut. Berdasarkan situs apbd.jakarta.go,id, memang terlihat anggaran bernama pengadaan lampu hias pencahayaan kota milik Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat dalam APBD Pemprov DKI Jakarta tahun 2017 dan 2018 dengan nominal masing-masing Rp 1.425.087.180 dan Rp 2.229.150.000. Namun Iswandi memastikan bahwa anggaran pengadaan pohon imitasi tidak terdapat dalam APBD Pemprov DKI Jakarta tahun 2018.

Sumber

Silakan kunjungi www.bacaanonline.comuntuk berita lainnya
0
1.9K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.