andi.teaAvatar border
TS
andi.tea
Televisi yang sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2
Spoiler for No Repost:


Seperti kita ketahui, Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012, mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2) yang merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T. Artinya semua stasiun penyiaran televisi di Indonesia harus memancarkan siarannya secara digital dengan menggunakan format sinyal DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial, 2nd generation).
KLik spoiler untuk yang mau baca-baca.
Spoiler for Pendahuluan:


Di bawah ini adalah daftar beberapa merk TV LED yang sudah ada Tuner DVB-T2. Nampaknya masih sedikit produsen TV yang memproduksi Televisi yang sudah dilengkapi dengan tuner DVB-T2.

Spoiler for Panasonic:

Spoiler for LG:


Spoiler for Samsung:


Spoiler for Toshiba:


Spoiler for Philips:


Spoiler for Sony:


Berikut screenshot contoh spesifikasi produk untuk merk-merek di atas.
Spoiler for Panasonic Viera TH-L42E6G:


Spoiler for LG 32LB563D:


Spoiler for Philips 46PFL8008S/12:


Catatan untuk merk SONY
Pada bagian spesifikasi produk tidak secara jelas mencantumkan bahwa produk tersebut telah ada bult-in DVB-T2, hanya tertulis ” TV System: 1(DIgital/Analog): B/G, D/K, I,L,M ” seperti screenshot berikut:

Spoiler for SONY KDL-32W674A:


Bahkan di website resmi Sony Indonesia, informasi jenis Tuner sengaja dihilangkan. Hal itu apakah merupakan kesengajaan untuk membingungkan calon pembeli TV di Indonesia dan memanfaatkan ketidaktahuaan konsumen Indonesia terhadap system penyiaran TV digital (DVB-T2). Atau mungkin produk TV dengan tuner analog yang sudah terlanjur banyak diproduksi dan tidak laku dijual di negara yang sudah menerapkan siaran TV digital, dilempar ke pasar Indonesia. Orang Indonesia yang tidak paham kalau siaran analog bakalan expire tahun 2015 di Pulau Jawa dan tahun 2018 di seluruh Indonesia dan digantikan siaran digital format DVB-T2, akan main hajar beli saja apalagi kalau ada iming-iming discount tanpa tahu ada apa dibalik obral tersebut.

Namun dari beberapa info dari situs lain, no seri produk SONY di atas sudah bult-in tuner DVB-T2, bahkan dari Singapore dikatakan hampir semua produk SONY Singapore keluaran terakhir sudah built-in Tuner DVB-T2, seperti yang dilansir situs asia.cnet.com berikut

“…The good news is most of the latest models are DVB-T2 ready. For its full-HD lineup, they include the W674, W704, W804, W904 and W954 series… ” (post 11 July 2013)

No seri produk keluaran SONY Singapore tersebut kami cek di situs Sony Indonesia, hasilnya seperti screenshot di atas.

Namun kehati-hatian harus tetap diutamakan. Test sebelum membeli tentu lebih bijak daripada nyesal dikemudian hari. WASPADALAH jika nggak mau nyesal…

Tips yang mungkin bisa membantu saat mau beli TV LED yang sudah bult-in Tuner DVB-T2 adalah cari info stasiun TV mana yang sudah on air menggunakan sinyal DVB-T2 untuk wilayah anda, kemudian saat melakukan test TV LED pilihan anda di toko atau dealernya, pastikan stasiun TV tersebut muncul saat di scan. Jika stasiun TV tersebut nongol, bisa dipastikan TV LED pilihan anda sudah built-in Tuner DVB-T2, jika tidak sebaiknya cari merk lain atau jangan beli dulu.

Spoiler for sumber:






1
151.6K
310
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Audio & Video
Audio & VideoKASKUS Official
9.8KThread4.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.