Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pak0gahAvatar border
TS
pak0gah
Ingin Tanamkan Pancasila ke Anak Muda, Film 5 Malah Cuma Lolos Sensor 17 Th ke Atas
Ingin Tanamkan Pancasila ke Anak Muda, Film 5 Malah Cuma Lolos Sensor 17 Th ke Atas

FILM Lima yang bertemakan tentang Pancasila mendapatkan status film untuk 17 tahun dari Lembaga Sensor Film (LSF). Padahal film yang diproduseri oleh Lola Amaria itu diklaim memiliki misi kebangsaan yaitu menanamkan nilai Pancasila kepada generasi muda sejak dini.

Lola mengatakan persembahan kepada generasi muda Indonesia dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018. Namun, film tersebut lolos di LSF, setelah proses yang cukup alot, dengan syarat usia tayang 17 tahun ke atas.

Ingin Tanamkan Pancasila ke Anak Muda, Film 5 Malah Cuma Lolos Sensor 17 Th ke Atas

Dia menuturkan, pada Senin 21 Mei 2018 pukul 14.00, tim dari Lola Amalia Productions didampingi tim ahli menghadiri audiensi dengan LSF. Perdebatan konstruktif tapi alot, berlangsung selama tiga jam.

"Pada dasarnya, tim dari Lembaga Sensor Film ini sangat mengapresiasi misi progresif dari film Lima. Tapi tim LSF meminta Produser dapat melakukan revisi khusus pada adegan Sila 1 karena dikhawatirkan berpotensi memunculkan kontroversi di masyarakat," ujar Lola dalam siaran persnya.

Menurut Lola, kedua belah pihak saling memberikan opini dan alibi, salah satunya dengan mendengarkan pendapat dari para kyai dan ahli, untuk memastikan film ini tidak memicu kontroversi.

"Kesimpulan pada akhirnya Lembaga Sensor Film memutuskan memberikan persetujuan lolos sensor Film ini dengan usia penonton 17 tahun keatas karena pertimbangan bahwa pemahaman Sila 1 hanya dapat dicerna oleh penonton diatas 17 tahun," sambungnya.

Tim produser sempat mencoba bernegosiasi untuk meminta film Lima bisa tayang untuk usia mulai 13 tahun. Tim menilai film ini ingin menyasar generasi muda sejak dini, untuk menanamkan nilai Pancasila.

Ingin Tanamkan Pancasila ke Anak Muda, Film 5 Malah Cuma Lolos Sensor 17 Th ke Atas


Namun LSF tetap pada keputusan batas usia 17 tahun. "LSF mensyaratkan jika ingin diberikan izin usia tayang 13 tahun maka tim Produser harus melakukan revisi dengan menghilangkan bagian tertentu dalam Sila ke-1."

Tim Produser, kata Lola, berusaha meyakinkan dan menyampaikan bahwa dalam tiga hal utama pembuatan film yakni etika, estetika, dan logika. "Tidak mungkin menghilangkan bagian tertentu dalam sila ke-1 tersebut karena akan membuat film menjadi bias, hambar dan kehilangan greget dalam pesan yang ingin disampaikan terkait toleransi antar umat beragama," paparnya.
 
Karena tidak ada titik temu, dan didesak jadwal tayang di seluruh bioskop nasional dalam beberapa hari mendatang, tim produser akhirnya menerima keputusan lulus sensor dengan usia 17 tahun. "Ini akhirnya diterima agar film Lima mendapatkan izin tayang dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018."

Sumur Arteri

Ada yang tahu kenapa bisa begitcyu

emoticon-Bingung
0
2.1K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.