• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Simbol Ini Sering Kita Lihat Tapi Kita Tidak Tahu Artinya, Ada Misteri Dibaliknya?

pasukansabunAvatar border
TS
pasukansabun
10 Simbol Ini Sering Kita Lihat Tapi Kita Tidak Tahu Artinya, Ada Misteri Dibaliknya?

Mesir kuno merupakan salah satu peradaban yang pernah dimiliki manusia, banyak peninggalan artefak yang sampai saat ini masih tetap terjaga dan telah berusia ribuan tahun.

Mereka juga mendirikan berbagai monumen luar biasa di Bumi seperti Piramid Giza dan patung Sphinx.

Selain arsitektur mereka yang maju, bangsa Mesir kuno juga terkenal dengan bangsa yang berliterasi karena mereka telah menciptakan bahasa dan tulisan yang di sebut hieroglif yang digunakan sebagai dokumentasi tulisan pada zaman kuno.

Tulisan-tulisan Mesir kuno dan beberapa patung mereka biasanya memiliki simbol-simbol tertentu yang sering kita saksikan secara langsung atau mungkin kita lihat pada berbagai film Hollywood.

Kali ini Noobzilla telah merangkum berbagai simbol dari Mesir Kuno dan makna misterius dibaliknya, mari kita simak!

Ankh

Illustrasi simbol Ankh (thinglink.com)
Tanpa diragukan lagi, salah satu simbol paling terkenal yang terhubung dengan peradaban Mesir kuno adalah Ankh, juga dikenal dengan nama "crux ansata." Tulisan kuno hieroglif ini melambangkan "kehidupan."

Banyak Dewa Mesir Kuno digambarkan sebagai membawa Ankh sebagai kalungnya. Simbol ini sering ditampilkan dalam genggaman setiap patung atau lukisan dewa Mesir, termasuk para Fir'aun Mesir.

The Uraeus

crystalinks.com
Simbol populer lain yang digunakan di Mesir kuno adalah Uraeus. The Uraeus adalah simbol ular Kobra Mesir yang tegak dan berwarna cerah. Simbol ini mewakili kedaulatan, kekayaan, dewa dan otoritas Yang Maha Tinggi di Mesir kuno. Semua topeng Firaun menampilkan simbol Uraeus.

Mata Horus

Liontin Mata Horus atau Wedjat. (thinglink.com)
Simbol Mesir Kuno lain yang sangat terkenal adalah Mata Horus.

Simbol itu secara luas diakui sebagai lambang perlindungan, kekuatan kerajaan, dan kesehatan yang baik. Di Mesir kuno, Mata ini dipersonifikasikan dalam dewi Wadjet, seorang Dewi pelindung dan pemersatu Mesir Hilir dan Mesir Hulu.

Lalu Horus sendiri adalah Dewa Mesir kuno yang biasanya digambarkan sebagai elang. Mata kanan Horus terhubung dengan Dewa Matahari Ra.

Bunga Teratai

Persembahan bunga teratai kepada dewa Horus (boldsky.com)
Simbol Mesir kuno lainnya yang mewakili kehidupan, penciptaan, kelahiran kembali dan matahari adalah Sesen (bunga teratai).

Simbol Mesir kuno ini diyakini telah muncul selama Periode Dinasti Awal, meskipun itu menjadi paling populer dari Periode Kerajaan Lama dan seterusnya.

The Sesen dilambangkan sebagai bunga teratai yang kita lihat luas di seni Mesir kuno.


500px.com
The Scarab

dotheyarravalley.com.au
Scarab adalah simbol Mesir kuno yang melambangkan bentuk kumbang kotoran.

Simbol itu dikaitkan dengan manifestasi dewa dari matahari pagi Khepri, yang diyakini menggulung piringan matahari pagi di ufuk timur saat fajar menyingsing.

Simbol Scarab sangat populer di jimat dan segel impresi dalam budaya Mesir kuno.

The Djed

Dewa Osiris mendirikan pilar Djed (dreamtimes.com
Simbol ini dianggap sebagai salah satu simbol paling kuno dari budaya Mesir. Simbol mewakili stabilitas dan dikaitkan dengan Dewa Ptah dan Osiris.


Referensi pihak ketiga
Ketika mewakili Osiris, simbol itu sering dikombinasikan dengan sepasang mata dan memegang tongkat melengkung dan cambuk.

Lebih jauh lagi, Pilar Djed adalah simbol tertua Osiris dan memiliki makna religius yang besar bagi bangsa Mesir kuno.

Pada sebuah catatan aneh, Mesir kuno menjelaskan bahwa Pilar Djed digunakan di empat sudut Bumi untuk menjaga Bumi tetap di tempatnya.

Tonkat Was

Sorang pria bernama Ra-Hotarky diceritakan sedang memegang tongkat was. (livescience.com)
Ini adalah salah satu simbol Mesir kuno yang sering digambarkan bersama dengan simbol salib Ankh.

Tongkat was diyakini digunakan untuk upacara suci. Simbol tongkat Was digambarkan di tangan sejumlah Dewa Mesir kuno, khususnya Anubis dan Set.

Ilmuwan mengasumsikan diantara simbol lain, simbol inilah yang paling aneh.

Anehnya, tergantung pada bagaimana simbol ini digunakan, simbol itu kadang-kadang memberikan kesan sebagai lambang yang mewakili makhluk dengan kepala yang memanjang, tubuh yang kurus.

Tyet - Ikatan Selendang Isis

egyptianmarketplace.com
Tyet adalah simbol Mesir kuno yang berhubugan dengan dewi Isis. Simbol ini mirip dengan salib Ankh. The Tyet memiliki lengan yang melengkung ke bawah. Diyakini simbol itu menandakan kesejahteraan dan kehidupan.

Selama periode awal Kerajaan Baru, jimat Tyet dikuburkan bersama orang mati. Dalam Bab 156 Kitab Kematian , sebuah teks pemakaman dari periode Kerajaan Baru mesir, menjelaskan bahwa jimat Tyet dibuat dari buah jasper merah yang diletakan di leher mayat mumi, maksud dari cara ini adalah memberikan perlindungan kepada si mayat agar mengusir siapa saja yang akan berbuat jahat terhadapnya.

Ben-Ben


https://www.pinterest.com/pin/480196378998746205/
Ben-ben adalah sebutan untuk simbol berbentuk piramida dalam hieroglif. Simbol kuno ini adalah simbol yang paling terkenal dari Mesir kuno, setelah ankh.

Sebagaimana dicatat oleh ancient.eu, ben-ben adalah gundukan purbakala tempat Dewa Atum berdiri pada awal penciptaan dunia.

Simbol ini ada hubungannya dengan piramida, karena bentuk ben-ben menyimbolkan perjalanan roh yang naik keatas dari Bumi menuju surga.

The Crook & Flail - Tongkat Melengkung dan Cambuk

ancient.eu
Simbol lain yang sangat populer dalam seni Mesir Kuno adalah Crook and Flail.

Simbol ini melambangkan kekuasaan dan keagungan raja. Seperti banyak simbol lainnya, sombol ini juga dikaitkan dengan Osiris dan aturan awalnya di Bumi. Firaun Mesir membawa simbol-simbol ini dalam upacara-upacara penting. Peti mati Tutankhamun memiliki simbol Crook and Flail permukaannya.


Sumber : ancient.eu (25/05/18)
nona212
nona212 memberi reputasi
1
28.1K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.