Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips seputar buka puasa ini bisa bikin agan makin sehat saat bulan Ramadan

riceudukAvatar border
TS
riceuduk
Tips seputar buka puasa ini bisa bikin agan makin sehat saat bulan Ramadan
Tips seputar buka puasa ini bisa bikin agan makin sehat saat bulan Ramadan

Siapa nih yang suka khilaf pas buka puasa? Memang sih, waktu buka puasa menjadi waktu yang paling dinanti setelah seharian menahan lapar dan dahaga, sehingga terkadang agan-agan pasti langsung ngembat apa aja yang ada di meja makan saking lapernya. Mulai dari kolak, nasi padang, mi ayam, kadang sampe kita kekenyangan, terus ga ikutan teraweh deh. Nah, pola berbuka puasa seperti itu sangat tidak dianjurkan nih gan, karena bisa menyebabkan adanya  timbunan lemak jahat, munculnya gangguan pencernaan, atau yang paling sering terjadi nih, tubuh menjadi mengantuk dan akhirnya ketiduran, terus melewatkan rentetan ibadah Ramadan. Nah, kali ini Riceuduk bakal kasih tips seputar pola makan dan makanan apa aja yang bisa agan konsumsi untuk berbuka puasa agar pencernaan tetap terkontrol dan tubuh semakin sehat.

1. Minum air putih sebelum berbuka puasa

Spoiler for "air putih":

 Minum air putih atau jus akan sangat baik buat tubuh agan agar tetap terhidrasi. Disarankan untuk minum dua sampai tiga gelas sebelum berbuka puasa dan satu sampai dua gelas selama tidak makan untuk mencegah gangguan pencernaan.

2. Awali buka puasa dengan kurma

Spoiler for kurma:

 Ternyata berbuka puasa dengan kurma memang memiliki banyak manfaat nih gan, karena kurma merupakan sumber gula yang alami, sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh setelah berpuasa seharian. Terutama agan-agan yang punya riwayat gula darah rendah, berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan untuk menambah kadar gula darah agan sekalian.

3. Jangan lupa sayur di menu berbuka

Spoiler for sayur:

 Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dengan begitu banyak nutrisi dan sedikit kalori gan, jadi semakin berwarna sayuran yang dimakan, semakin banyak manfaat kesehatan yang didapatkan gan. Dan juga, sayur juga memberi rasa kenyang karena memiliki serat yang tinggi jadi bisa sedikit menggantikan daging.

Selain itu, agan-agan juga dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang tidak bagus untuk berbuka puasa seperti:

1.     Makanan yang memiliki banyak gula tambahan

Spoiler for "kolak dan teman-teman":

 Siapa nih yang suka berbuka puasa dengan kolak atau es buah? Sebenarnya, makanan-makanan tersebut kurang baik untuk dikonsumsi gan karena memiliki gula tambahan yang berlebih, memang berbuka puasa dengan yang manis memang baik gan tapi jangan sampai kemanisan wkwkwk.

2.     Berbuka puasa dengan makanan yang mengandung gas

Spoiler for "makanan bergas":

 Nah, berbuka puasa dengan makanan seperti nangka, kol dan minuman berkabonasi lainnya juga berbahaya gan karena bisa menyebabkan nyeri di lambung karena perut kita dalam keadaan kosong, dan memulai buka puasa dengan makanan minuman mengandung gas sangat tidak dianjurkan ya gan, ntar malah mleduk!

3.     Makanan yang merangsang asam lambung

Spoiler for "makanan merangsang asam lambung":

 Yang terakhir juga harus diperhatikan nih, terutama agan-agan yang punya masalah dengan asam lambung yang tinggi. Berbuka puasa dengan makanan yang terlalu pedas, terlalu asam ataupun minuman berkafein sangat tidak dianjurkan karena bisa merangsang asam lambung dan bisa menyebabkan maag nih gan. Kopi segelas, ngga puasa tiga hari, kan sayang..

Cahayahalimah
Cahayahalimah memberi reputasi
1
5.6K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.