Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

buncitbubarAvatar border
TS
buncitbubar
Habib Rizieq Capres PA 212, PAN: Kami Tertarik, tapi...
Jakarta - Habib Rizieq Syihab menjadi salah satu calon presiden 2019 yang direkomendasikan Persaudaraan Alumni (PA) 212. PAN mengaku tertarik dengan sosok Habib Rizieq.

"PAN tertarik dengan figur Habib Rizieq. Seorang ulama, yang cinta Islam dan cinta Indonesia, jujur, dan dapat dipercaya," ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Rabu (30/5/2018).

Meski tertarik, Viva tak yakin Rizieq mau maju pilpres. Menurutnya, Rizieq selama ini memosisikan diri sebagai panutan umat. 





"Tetapi apakah Habib Rizieq mempunyai niat, mempersiapkan diri, dan berkeinginan menjadi calon presiden?" ucap Viva.



"Saya tidak yakin kalau Habib Rizieq mempunyai niat dan keinginan menjadi calon presiden. Selama ini Habib Rizieq memosisikan dan memfungsikan sebagai ulama, panutan umat. Tidak ada tanda-tanda berkeinginan memasuki dunia politik praktis," tegas dia.



Lagi pula, kata Viva, PAN telah memutuskan Zulkifli Hasan untuk diusung di pilpres. Meski demikian, Viva menegaskan keputusan itu sewaktu-waktu dapat berubah.



"Tetapi politik masih dinamis. Karena PAN tidak dapat mengusung sendirian, maka membutuhkan koalisi dengan partai politik lain. Kita akan menunggu sampai batas akhir pengusulan paslon ke KPU, 10 Agustus 2018," jelas Viva.



Sementara itu, Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan, wajar kalau Habib Rizieq diusulkan sebagai capres PA 212. Dalam daftar rekomendasi PA 212, ada pula nama Ketum PAN Zulkifli Hasan.


"Bagi kami, Habib Rizieq dan Zulkifli Hasan sama-sama alumni 212. Keduanya juga sama-sama peduli pada umat dan bangsa. Karena itu wajar jika keduanya diusulkan menjadi calon alternatif untuk pemimpin nasional" ujar Saleh.


Saleh memperkirakan, usulan PA 212 tersebut pada saatnya mengerucut ke satu nama. Sebelum mengerucut ke satu nama, Saleh memandang PA 212 perlu melakukan kajian mendalam terhadap nama-nama yang direkomendasikan. 

Hal ini penting dilakukan karena, menurut Saleh, satu nama yang akan ditetapkan haruslah benar-benar mampu bersaing dalam pilpres 2019.

"Ini kan bukan hanya soal maju jadi capres atau cawapres. Ini juga sangat erat dengan kalah menang. Kalau PA 212 sudah menetapkan, perlu dipastikan calonnya menang" ucap Saleh.


Gerindra Yakin Habib Rizieq Tak Maju di Pilpres 2019, Ini Alasannya

Jakarta - PKS membuka opsi membawa nama Habib Rizieq ke Majelis Syuro untuk dibahas sebagai capres. Calon mitra koalisi terkuat PKS, Gerindra yakin Habib Rizieq tak akan maju di pilpres 2019.



"Menurut analisis saya, Habib Rizieq sebagai imam besar umat Islam tidak ada keinginan maju sebagai capres maupun cawapres," kata anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade kepada wartawan, Rabu (30/5/2018).


"Tapi beliau akan mendorong tokoh yang punya komitmen untuk memperbaiki bangsa untuk maju di Pilpres 2019 nanti," imbuh dia.

Andre meyakini Habib Rizieq akan memilih menjadi supporter pasangan capres/cawapres dari Persaudaraan Alumni (PA) 212. Utamanya kepada sang Ketum Gerindra, Prabowo Subianto yang dinilainya sebagai capres perwakilan umat.



"Contohnya seperti Pak Prabowo yang merupakan tokoh yang punya komitmen memperbaiki nasib bangsa dan umat," ujar Andre.



Namun Andre menghargai langkah PKS apabila hendak membuka opsi membahas nama Habib Rizieq di Majelis Syuro. Sejauh ini, PKS masih mendorong 9 tokohnya menjadi cawapres Prabowo.


"Soal nama Habib Rizieq yang akan dibawa dalam Majelis Syuro PKS tentu itu urusan internal PKS. Kami menghormati dan menghargai urusan internal PKS. Yang jelas sampai saat ini sikap resmi PKS masih 9 nama," jelas Andre.

"Ada pun yang akan menjadi cawapres Pak Prabowo akan diputuskan di dalam rapat antara Pak Prabowo bersama pimpinan partai koalisi. Nanti akan diputuskan bersama-sama siapa cawapres yang paling pas mendampingi Pak Prabowo," sambungnya.



Sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 merekomendasikan Habib Rizieq Syihab sebagai calon presiden 2019. PKS yang belum menyatakan sikap secara resmi untuk Pilpres 2019, membuka opsi membawa nama Habib Rizieq ke Majelis Syuro untuk dibahas.



"Kemungkinan selalu ada," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menjawab pertanyaan apakah ada kemungkinan nama Habib Rizieq dibawa ke Majelis Syuro PKS, Selasa (29/5). 
(tsa/elz)

https://news.detik.com/berita/d-4044525/habib-rizieq-capres-pa-212-pan-kami-tertarik-tapi
https://news.detik.com/berita/d-4044621/gerindra-yakin-habib-rizieq-tak-maju-di-pilpres-2019-ini-alasannya
============================================================
Fesek sebelum berkembang eh... Maaf... Layu sebelum berkembang
0
1.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.