Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kakekupdateAvatar border
TS
kakekupdate
Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?


Belakangan ini, toko-toko vapor terlihat menjamur di berbagai kota. Kafe-kafe juga dipenuhi kepulan asap tebal vapor dan anak-anak muda kerap terlihat asik menghisap rokok elektrik ini alih-alih rokok biasa. Tren vapor yang semakin heboh dalam dua tahun terakhir ini dipercaya oleh banyak orang merupakan tren yang baik karena rokok elektrik ini dianggap lebih menyehatkan daripada rokok.

Bahkan beberapa perokok memang memilih untuk beralih ke vapor untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Dan memang benar, rokok elektrik ini telah membantu cukup banyak perokok untuk berhenti merokok. Namun benarkah vapor lebih sehat daripada rokok? Yuk cek Gan kebenarannya!

1. Rokok mengandung lebih banyak nikotin daripada vapor



Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

lebatkanrambutmu.info

Nikotin adalah zat yang diproduksi tembakau saat terjadinya pemanasan. Zat inilah yang memberikan efek yang dicari oleh para perokok, seperti meningkatnya dopamine di otak dan meningkatnya adrenalin. Zat ini juga terdapat pada cairan rokok elektrik namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Sehingga efek yang akan didapatkan oleh para penghisap rokok elektrik akan lebih minim daripada mereka yang merokok tembakau.

2. Asap rokok mengandung lebih banyak racun daripada uap rokok elektrik



Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

jatengku.com

Dampak buruk rokok sebenarnya terjadi karena pembakaran rokok menyebabkan asap rokok yang mengandung begitu banyak racun, seperti tar, karbon monoksida, ammonia, methanol, bahkan sianida. Karena itu diciptakanlah rokok elektrik yang pemanasannya menggunakan aliran listrik sehingga lebih terkontrol dan meminimalisir terjadinya pembakaran yang menyebabkan racun dalam asap. Sehingga dapat dikatakan bahwa asap vapor mengandung lebih sedikit racun daripada asap rokok.

3. Rokok dan vapor memiliki dampak yang sama terhadap pembuluh darah jantung



Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

www.rt.com

Namun baik rokok maupun vapor memiliki dampak yang sama terhadap kesehatan jantung. Selama ini rokok menjadi berbahaya bagi jantung karena rokok dapat membuat pembuluh darah jantung menjadi kaku. Dan dalam penelitian yang dilakukan oleh British Heart Foundation, terbukti bahwa vapor memiliki efek yang sama dalam menyebabkan kekakuan pembuluh darah jantung.

4. Asap rokok elektrik dapat menyebabkan iritasi pada mata dan infeksi pernafasan



Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

theeliquidboutique.co.uk

Meski asap rokok elektrik memiliki kadar racun yang lebih rendah daripada rokok, namun mengandung propylene glycol yang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan infeksi pernafasan. Selain itu, beberapa cairan rokok elektrik juga mengandung diacetyl yang saat berupa uap dapat menyebabkan luka-luka permanen pada paru-paru. Belum lagi perasa yang digunakan dalam cairan rokok elektrik juga terkadang mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan masalah pada pernafasan.

5. Penelitian mengenai dampak rokok elektrik dalam jangka panjang belum tersedia



Vapor Vs Rokok, Manakah yang Lebih Baik Bagi Tubuh?

id.pinterest.com

Hingga saat ini, belum tersedia penelitian-penelitian mengenai dampak rokok elektrik dalam jangka panjang karena tren ini sendiri baru populer dalam beberapa tahun belakangan. Padahal dampak-dampak buruk rokok pun banyak yang baru muncul dan diketahui setelah konsumsi rokok dalam jangka panjang.

Maka jika sejauh ini rokok elektrik memiliki dampak buruk yang lebih minim daripada rokok, namun dampak jangka panjangnya yang belum diketahui membuat kita tidak dapat menilai dengan pasti apakah vapor memang lebih baik bagi kesehatan dibandingkan rokok.

Memilih antara vapor dan rokok memang seperti memilih mana yang lebih baik dari dua hal yang sama-sama buruk. Pilihan yang terbaik bukanlah rokok maupun vapor, tapi menjauhkan diri dari kedua hal tersebut. Karena ternyata baik vapor maupun rokok sama-sama memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

vapor versus rokok

1
12.4K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.3KThread87.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.