Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyai.dasimah99Avatar border
TS
nyai.dasimah99
Pesawat kargo tergelincir di Wamena, mesin terlepas
http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-44252635

Pesawat kargo tergelincir di Wamena, mesin terlepas

Sebuah pesawat kargo milik maskapai Jayawijaya Dirgantara trgelincir ketika mendarat di bandara Wamena, Papua, mengakibatkan salah satu mesin terlepas.
Pesawat jenis Boeing 737/200 dengan nomor registrasi PK-JRM yang mengangkut beras bulog, sembako, semen dan berbagai muatan lain seberat 12,557 kg itu terbang dari Jayapura.
Saat mendarat di bandara Wamena pada pukul 14.07 WIT (16.07 WIB), pada awalnya pendaratan berlangsung normal, kata pelaksana harian kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Wamena, Ferdy Halattu kepada wartawan di kantor bandara Wamena, Jumat (25/5).
Namun kemudian salah satu mesin terlepas dan jatuh, mengakibatkan pesawat oleng.

"Pada saat touch atau sentuhan kedua terjadi, mesin sebelah kanan lepas dan pesawat oleng da membelok ke arah kiri, lalu masuk ke rerumputan, kurang lebih 800 meter dari pendaratan, dan berhenti sesudah kurang lebih 800 meter," kata Ferdy Halattu pula seperti dilaporkan Yuliana Lantipo, seorang wartawan di Papua.
"Tidak ada korban jiwa," katanya pula. Menurutnya, pesawat diterbangkan oleh seorang pilot, seorang ko-pilot, dan seorang teknisi, dan tidak mengangkut penumpang.

Setelah kejadian, pihak Bandara Wamena langsung melakukan pembersihan runway yang terdapat serpihan puing pesawat, karena masih ada sejumlah empat penerbangan dari Wamena ke Jayapura yang sempat terhambat.
"Ada pesawat Herkules, pesawat penumpang Trigana dan Deraya serta pesawat-pesawat kecil dari pos-pos yang terhambat. Kita lakukan pembersihan runway secepatnya sehingga kita buka bandara pukul 16.00 waktu setempat (18:00 WIB) dan sekarang ini kondisi bandara normal kembali," kata Ferdy Halattu.

Ferdy Halattu mengakui, jarak badan pesawat yang teronggok itu dengan pinggir runway hanya sekitar 50 meter.
"Tetapi untuk saat ini setelah lihat kondisinya, dengan dengan jarak, dirasa cukup (sehingga bandara Wamena tetap) bisa digunakan terbang dan mendarat pesawat.
"Keadaannya, masih bisa untuk digunakan kegiatan takeoff dan landing. Meski di dalam aturan tidak bisa, tetapi karena kondisi di Wamena harus buka bandara dengan upaya sebaik mungkin, bandara dibuka tetapi tidak mengabaikan dari sisi keamanan dan keselamatan," katanya

Sejumlah gambar yang disebarluaskan di kalangan wartawan menunjukkan salah satu mesin yang terlepas tergeletak di landasan pacu, dengan ceceran bahan bakar di atas aspal.

Pesawat kargo tergelincir di Wamena, mesin terlepas

Pesawat kargo tergelincir di Wamena, mesin terlepas

0
1.2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.