Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Suasana Puasa dari Berbagai Negara Hanya di Ramadan Around the World

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Suasana Puasa dari Berbagai Negara Hanya di Ramadan Around the World


Ramadan is here~

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil)." -Q.S Al Baqarah:185

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain jadi bulan diturunkannya Alquran, di bulan ini segala amal perbuatan baik dilipat gandakan sehingga umat muslim saling berlomba-lomba dalam kebaikan. Di Indonesia yang mayoritas muslim, bulan ini terasa berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Sebut aja penganan takjil yang hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan.

Kalau di Indonesia kan hanya 2 musim, sedangkan di belahan dunia lain ada yang 4 musim sehingga waktu berpuasa biasanya lebih lama, apalagi saat musim panas. Buat Agan yang mau tau bagaimana ya suasana bulan Ramadan di luar negeri, selama bulan Ramadan ini bakalan disajikan dalam Ramadan Around the World (RATW).

[RATW] Gimana ya Suasana Puasa di Sendai, Jepang?


Foto: littlpiece.blogspot.com

Siapa yang menyangka kalau Kota Sendai, yang berada di timur laut Jepang ternyata punya imam masjid yang merupakan orang asli Jepang? Selain itu, ternyata masjid Sendai juga rutin mengadakan buka bersama loh. Simak selengkapnya hanya di RATW edisi Kota Sendaiya Gan.

[RATW] Ramadan di Turki, Dibangunin Sahur Sampai Makanan Khas Berbuka


Foto: Al Arabiya

Turki, negara yang berada di benua Eropa dan Asia ini memiliki budaya khas Ramadan yang unik. Mulai dari bangunkan sahur dengan drum sampai berbagai makanan khas Turki yang hanya ada di bulan Ramadan. Semua dibahas lengkap dalam RATW Berpuasa di Turki.

[RATW] Rasanya Puasa di Korea dan Bukber di Seoul Central Mosque


Foto: Korea Tourism Organization

Korea Selatan bukan hanya Kpop, tapi di sini kita juga bisa merasakan indahnya berpuasa. Meski lebih lama dibandingkan lama waktu berpuasa di Indonesia, namun di Korea kita bisa merasakan buka bersama saudara-saudara dari berbagai negara. Seperti apa ya? Baca langsung di thread ini ya Gan!

[RATW] Menikmati Beragam Takjil Khas Ramadan di Malaysia


Foto: blog.tourism.gov.my

Malaysia negeri tetangga ternyata juga surganya kuliner saat bulan Ramadan. Mulai dari kue tradisional sampai ketupat pulut dan juga bubur lambuk khas Malaysia yang hanya ada saat bulan puasa, harus dibeli di bazaar Ramadan. Ngabuburit seru juga bisa dirasakan di kawasan Putrajaya. Gimana rasanya ya? Baca threadnya aja Gan!

[RATW] Rasanya Berpuasa 17 Jam Saat Musim Panas di Beijing


Berbuka di Masjid Ninjie Beijing. Foto: Republika

Meski menjadi minoritas di tengah miliaran jiwa penduduk di Cina, kemeriahan bulan Ramadan tetap terasa di salah satu sudut kota Beijing. Menjelajahi lorong waktu lewat Masjid Ninjie, masjid yang usianya sudah lebih dari 1000 tahun serta merasakan berbuka puasa bersama di sini. Seperti apa ya? Baca tulisannya di sini Gan.

[RATW] Merasakan Puasa 23 Jam di Negeri Tanpa Malam Finlandia


Foto: Mapio.net

Puasa dimulai dari subuh sampai matahari tenggelam, tapi gimana puasa di negara yang matahari tenggelamnya lebih lama? Di Finlandia, umat Islam berpuasa lebih dari 20 jam Gan, bahkan di salah satu daerah bisa mencapai 23 jam. Seperti apa umat Islam di sana menjalaninya? Simak selengkapnya di sini Gan.

[RATW] Kayak Gimana Sih Puasa di Negara Asal Mohamed Salah?


Photo: AP/egyptianstreets

Belum lama ini beredar tentang apa Mohamad Salah tetap puasa jelang final Liga Champions? Pasti Agan udah tau ya kalo Salah ini berasal dari Mesir, Negeri 1000 Menara yang terkenal akan piramidanya. Di bulan Ramadan ini, Mesir terasa sangat semarak dengan beragam hiasan khas Ramadan serta kudapan khas yang membuat bulan ini terasa sangat spesial. Seperti apa ya suasana di Mesir saat bulan Ramadan? Yuk cari tau lebih banyak di sini Gan!

[RATW] Berpuasa dengan Suhu Panas Lebih dari 40 Derajat di Pakistan


Foto: The Express Tribune

Panas-panasan saat bulan puasa akan bikin kita cepet haus, tapi gimana ya kalau emang suhu udaranya sepanas itu? Di Pakistan, suhunya bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celcius tapi meski panas, umat Islam Pakistan tetap menyambut Ramadan dengan sukacita. Apa aja yang keunikan di negara yang berdekatan dengan India ini? Simak selengkapnya hanya di sini Gan.

[RATW] Rasanya Jadi Muslim di Chili yang Hanya Berpuasa 10 Jam


Foto: Alchetron

Kalau berpuasa terlama 23 jam di Finlandia, tapi berpuasa tercepat berlangsung di Punta Arenas, Chili Gan. Di sini, waktu berpuasa hanya 10 jam. Namun meski umat Islam adalah minoritas, mereka memiliki menu buka puasa khas dan juga bangunan masjid yang memadai. Seperti apa ya kisah berpuasa dengan durasi terpendek ini? Yuk baca langsung threadnya Gan!

Bukan hanya info tentang suasana berpuasa di luar negeri, dengan Agan baca thread ini mudah-mudahan jadi inspirasi untuk selalu bersyukur karena bisa tinggal di Indonesia yang sangat ramah di bulan Ramadan. Selain itu, juga bisa jadi panduan saat berkunjung ke berbagai negara di saat bulan Ramadan. Jadi, jangan sampai ketinggalan baca tiap edisi Ramadan Around the World ya Gan!

PS: Tunggu update thread selanjutnya ya Gan setiap hari Senin-Jumat!

emoticon-Traveller emoticon-Traveller

KASKUS.ID
Diubah oleh thatwasfun 07-06-2018 06:42
0
4.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.