Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Sego Tiplek Khas Kulonprogo


Sego Tiplek Khas Kulonprogo

Sego itu bahasa Indonesianya adalah nasi jadi sego tiplek adalah nasi tiplek, kuliner ini khas dari kabupaten Kulonprogo. Dimana dalam jajanan masyarakat makanan ini hadir untuk kuliner saat berbuka puasa, dan ternyata peminatnya sangat banyak.

Sego Tiplek Khas Kulonprogo

Sebenarnya kuliner ini asalnya dari wilayah Kecamatan Kokap, tepatnya dari Desa Hargotirto, lagipula makanan ini baru mulai dikenalkan kepada masyarakat luas di bulan Ramadhan, yang di jual di pasar takjil Kabupaten Kulonprogo yang digelar di Alun-alun Wates.

Namun tak disangka peminatnya cukup banyak, karena nasi tiplek sendiri memang membuat yang memakannya tergoda untuk menikmatinya lagi, karena rasanya yang gurih dengan tekstur empuk dan dibungkus dengan daun pisang. Memang sejarahnya makanan ini sudah ada dari zaman nenek moyang mereka di Desa Hargotirto. Terkadang nasi tiplek dijadikan sarapan warga pada pagi hari sebelum menyadap nira kelapa yang merupakan mayoritas pekerjaan warga di desa Hargotirto.

Untuk ramuan dari nasi tiplek sendiri selain bahan bakunya adalah beras, tapi ada perbedaan dalam tata cara memasaknya dengan nasi pada umumnya di daerah jawa, setelah beras yang hendak digunakan dicuci sampai bersih, kemudian beras tersebut dimasak setengah matang menggunakan santan dan sedikit garam.

Sego Tiplek Khas Kulonprogo

Kemudian nasi setengah matang itu kemudian dibungkus daun pisang, lalu segera dikukus hingga matang dan empuk. Santan dan garam ini lah yang memberika rasa yang berbeda dan terasa gurih di lidah. Tak hanya itu bungkus daun pisang yang menjadi balutan pada nasi tiplek jelas memberikan perbedaan dengan aroma khas yang menggoda banyak orang untuk segera membeli dan menyantapnya dengan lahap.

Nasi tiplek ini sangat berbeda dengan nasi gurih (yang biasa untuk kenduri), kalau nasi tiplek dibungkus oleh daun pisang, seperti nasi liwet, jadi nasinya lebih empuk. Sedangkan nasi gurih sering dibilang segone pero (nasinya keras).

Semoga dengan adanya artikel ini sego tiplek lebih dikenal oleh banyak orang dan menjadi variasi kuliner nusantara yang memang mempunyai cita rasa khas rempah dari nusantara, setidaknya makanan khas dari desa Hargitirto kedepannya bisa menjadi ikon dari Kulonprogo, bagaimana menurutmu mungkin kamu sendiri baru mengenal apa itu sego tiplek.

Semoga dapat menambah wawasan baru untuk kalian semua, karena kuliner nusantara tak pernah mati bahkan semakin bervariasi, monggo seruupuutt dolo

Sego Tiplek Khas Kulonprogo

c4punk@2018

Referensi tulisan diambil dari

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/89401/sego-tiplek-santapan-penderes-nira-yang-diburu-untuk-berbuka

0
2.1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.