Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilyasjumanto10Avatar border
TS
ilyasjumanto10
Gus Ipul Dorong Transfer Teknologi Bagi Investor Asing
Gus Ipul Dorong Transfer Teknologi Bagi Investor Asing

Surabaya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), akan berkomitmen dalam memperluas Penyertaan Modal Asing (PMA) di Jawa Timur.
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, mengatakan bahwa investor asing diharapkan bukan hanya memberikan lapangan kerja bagi kita, namun juga diharapkan berdampak positif terhadap lingkungan di sekitar perusahaan melalui berbagai bidang.

Penjelasan ini disampaikan oleh Gus Ipul saat berkunjung ke PT Cheil Jedang (CJ) Indonesia di Jatigedong, Ploso, Kabupaten Jombang, Selasa (22/5). CJ Indonesia merupakan anak perusahaan inti yang bertanggung jawab atas makanan dan bioteknologi satuan bisnis dari CJ Group.
Sebanyak 80% produk yang dihasilkan perushaan ini adalah untuk memenuhi komoditi ekspor. Gus Ipul pun mengapresiasi kinerja CJ Indonesia yang selama berinvestasi di Jawa Timur, mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.
Meskipun perusahaan ini berbasis di Korea, namun mayoritas pekerja di sini merupakan pegawai dari Indonesia, atau lokal, dan dari sekitar 1200 pekerja di perusahaan ini, hanya sekitar 10 orang tenaga asing yang bekerja di tempat ini.

"Perusahaan ini merupakan salah satu contoh perusahaan padat teknologi yang mampu menyerap tenaga kerja lokal sangat besar," kata Gus Ipul.
Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini mengatakan besarnya jumlah pekerja lokal yang ada di perusahaan ini sebagai buah keberhasilan transfer teknologi dari para ahli asing ke tenaga lokal.
"Poin ini menjadi salah satu hal penting yang harus dicontoh investor asing lainnya di Jawa Timur, ini menjadi bukti bahwa pekerja lokal kita mampu bersaing kalau dididik dengan teknologi asing sekalipun," kata Gus Ipul.
Kemitraan PMA dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga akan didorong oleh Pemerintah, Gus Ipul mencontohkan perusahaan ini yang sukses membangun kemitraan dengan UMKM, mulai dari packaging, catering, hingga transportasi.
Banyaknya program bantuan berbentuk CSR kepada masyarakat sekitar secara proporsional, akan bermanfaat bagi keberadaan perusahaan itu sendidri dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode itu mengatakan Jawa Timur akan mengedepankan faktor keamanan, untuk semakin banyak menyerap investor asing, dengan adanya kemudahan infrastruktur yang merata di Jawa Timur.

"Kami akan memberikan jaminan keamanan kepada investor. Selama ini Jawa Timur telah memberikan kenyamanan untuk berinvestasi. Ini akan kami lanjutkan," kata .
Tak hanya itu, Gus Ipuk menambahkan, nantinya Jawa Timur juga berpotensi akan dikelilingi oleh jalur tol. Hal ini juga akan mempermudah arus distribusi di sini.
Data Badan Penanaman Modal (BPM) Jawa Timur tahun 2017, sebanyak 598.862 tenaga kerja terserap melalui investasi. Dari total sebanyak itu, Penyertaan Modal Asing (PMA) sebanyak 2.527 proyek (Rp21,4 triliun rupiah) berhasil menyerap lapangan kerja sebesar 78.496 tenaga kerja di Jawa Timur.


Spoiler for "Sumber :":

0
513
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.