- Beranda
- The Lounge
Etika COD-an untuk PENJUAL
...
![misterhunter](https://s.kaskus.id/user/avatar/2014/12/03/avatar7424373_9.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
misterhunter
Etika COD-an untuk PENJUAL
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033216.jpg)
Ditulis Oleh : Kang Ace a.k.a Misterhunter
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033253.png)
Quote:
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033303.png)
1. JUJUR TENTANG KONDISI BARANG YANG DIJUAL
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523042127.jpg)
Yap, ini adalah modal utama ketika agan menjadi seorang pedagang, baik online maupun offline.
Ketika agan menjual sesuatu barang / jasa berikanlah keterangan kondisi barang yang dijual tersebut dengan sebenar-benarnya, kalau ada minus silahkan tulis minusnya apa di deskripsi iklan barang, jangan ditutup-tutupi.
Saat COD paparkan semua kondisi barang sejelas-jelasnya, beritahu cara pemakaian dan perawatan barangnya, jangan ada dusta diantara kita gan ![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033311.png)
2. RAMAH
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523061601.jpg)
Lagi-lagi ini juga modal gan, kalau kita ramah pembeli akan senang dan bukan tidak mungkin akan menjadi langganan kita. Bersikaplah ramah saat membalas chat WA atau sms konsumen, saat COD tetap jaga sikap kita.
Kadang kita sebagai penjual mendapat calon pembeli yang sedikit 'rese' tapi jangan terpancing emosi, anggap itu adalah resiko kita sebagai pedagang. Stay Cool stay strong and Stay Smile gan ![Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace](https://s.kaskus.id/images/smilies/s_sm_peace.gif)
![Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace](https://s.kaskus.id/images/smilies/s_sm_peace.gif)
Walau hati agan berkata 'si any*ng kalo gue gak butuh duit gue tampol juga ni orang' ![Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/ngakaks.gif)
![Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/ngakaks.gif)
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033311.png)
3. FAST RESPON
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523061751.png)
"Gan nanti COD jam 3 ya..."
20 menit kemudian baru bales
"Gan aku uda di TKP nih"
30 menit kemudian baru bales
Hadeuuhhh cape deh gan kalau menghadapi penjual seperti diatas, hindari respon keong gan. Masih untung ada yang nawar barang kita, kalau respon kita seperti itu apalagi saat COD itu fatal banget gan, lama-lama orang ogah beli barang kita lagi.
Kalaupun ada sebab kenapa respon agan lama saat COD jelaskan dan minta maaf biar gak ada ganjalan di dada, kalau masih ada ganjalan berarti agan lupa lepas BH ![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
![Big Grin emoticon-Big Grin](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/14.gif)
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033311.png)
4. TEPAT WAKTU SAAT COD
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523062013.jpg)
Jangan menjadikan telat sebagai budaya gan, apalagi saat agan berbisnis.
Walaupun skalanya hanya COD jual beli online, tepat waktu tetap harus diutamakan gan. Kecuali memang ada hal-hal darurat yang menyebabkan agan telat saat datang ke tempat COD.
Kalau janjian jam 3 sore datanglah 10 menit lebih awal, kalau agan yang telat datang maka minta maaflah kepada calon konsumen kita atas keterlambatan tersebut.
karena sesungguhnya penjual dan pembeli kan sama-sama membutuhkan.
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033311.png)
5. UCAPKAN TERIMAKASIH SETELAH SELESAI TRANSAKSI
Setelah semua urusan COD beres jangan lupa mantra terakhir gan : "TERIMAKASIH"
kalimat sederhana ini simpel namun sangat dalam, ini adalah ciri bahwa kita orang yang beretika.
Jangan mentang-mentang uang uda di tangan langsung ngeloyor gitu aja.
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/05/23/7424373_20180523033315.png)
Quote:
Quote:
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/03/22/7424373_20180322100257.gif)
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/03/22/7424373_20180322100257.gif)
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/03/22/7424373_20180322100257.gif)
DATA PENULIS
EMAIL : acesudrajat1@gmail.com ll INSTAGRAM : @acedesignbdg
![Etika COD-an untuk PENJUAL](https://s.kaskus.id/images/2018/03/24/7424373_20180324112635.png)
Diubah oleh misterhunter 24-05-2018 00:18
0
14.4K
112
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![The Lounge](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-21.png)
The Lounge![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
923.3KThread•84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya