Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Emas Batangan vs Perhiasan: Mana yang Lebih Menguntungkan?
Emas Batangan vs Perhiasan: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Emas batangan atau perhiasan emas? Jika disuruh memilih, agan dan aganwati pilih yang mana nih? Keduanya merupakan emas dan memiliki keuntungan. Keduanya pula, banyak diminati dan sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu bentuk investasi. Namun, di antara investasi emas batangan dan perhiasan emas mana yang lebih menguntungkan? Cari tahu di sini, gansis!

Perhiasan Emas


Emas Batangan vs Perhiasan: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Investasi perhiasan emas merupakan salah satu bentuk investasi yang populer di kalangan masyarakat, iya nggak? Masyarakat sudah terbiasa memisahkan uang yang dimiliki dan disimpan dalam bentuk perhiasan. Namun, investasi perhiasan tidak sesederhana yang agan bayangkan. Ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan

Kelebihan emas perhiasan tentunya selain dapat dijadikan sebagai investasi, juga dapat digunakan. Poin ini mungkin nggak penting bagi sebagian orang. Namun faktanya, membeli emas perhiasan tidak hanya bisa menyimpan uang, tapi juga menunjang penampilan. Jadi, ada dua fungsi yang bisa dimanfaatkan. Ini juga barangkali yang menjadikan masyarakat, terutama wanita senang mengumpulkan perhiasan.

Kekurangan

Sebagai penunjang penampilan, perhiasan memang dianjurkan, tapi sebagai investasi? Kenyataannya, perhiasan memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan jika agan atau aganwati membelinya untuk investasi.

Pertama sekali, emas perhiasan yang dijual di pasaran biasanya bukan emas 24 karat. Kandungan emas dalam perhiasan beragam, misalnya saja 70%, tapi jarang yang memiliki kadar emas 100%. Belum lagi, emas perhiasan memiliki biaya produksi yang tidak murah. Saat agan menjual kembali perhiasan tersebut, biaya produksi akan membuat harga emas lebih rendah dibandingkan saat agan membelinya.

Semakin rumit model perhiasan, semakin tinggi biaya pembuatan yang artinya akan semakin besar potongan harga saat perhiasan itu dijual kembali. Belum lagi, jika rusak atau bengkok, harga perhiasan akan turun drastis.


Emas Batangan


Emas Batangan vs Perhiasan: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Emas batangan dari sisi investasi bisa dibilang lebih menguntungkan, gan. Namun, investasi emas batangan juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus agan dan aganwati pertimbangkan.

Kelebihan

Emas batangan memiliki harga yang cenderung naik dan risiko investasi yang kecil. Berbeda dengan perhiasan yang harganya bisa berkurang, menjual emas batangan hanya perlu memperhatikan waktu yang tepat, yakni saat harga emas sedang tinggi. Keaslian emas batangan pun lebih terjamin karena disertai sertifikat resmi saat agan membelinya. Sertifikat juga bisa menjamin kadar kemurnian emas batangan, yakni 99,99%.

Sekarang ini, agan juga sudah bisa membeli dalam jumlah kecil sehingga lebih memudahkan aktivitas investasi. Agan bisa membeli emas batangan dalam nominal kecil mulai dari harga Rp10.000-an di aplikasi e-mas. Cek website-nya atau media sosialnya gansis kalau mau tahu lebih lanjut.

Kekurangan

Salah satu kendala dalam berinvestasi emas batangan ialah tidak banyak tempat yang menjualnya. Di Indonesia, setahu ane beberapa tempat terpercaya untuk mendapatkan emas batangan ada di ANTAM, Pegadaian, toko emas online ORORI, dan aplikasi e-mas.

Kendala lain, emas batangan membutuhkan modal besar untuk membelinya. Selain itu, emas batangan dalam ukuran tertentu, terlebih jika dalam jumlah banyak, akan membutuhkan tempat untuk penyimpanan. Jika tidak memiliki brankas di rumah, agan harus menyewa tempat penyimpanan untuk menjamin keamanannya.

Menyewa tempat penyimpanan emas tentu saja membutuhkan biaya tambahan. Namun, jika agan beli emas di aplikasi e-mas, setahu ane selain bisa beli dalam nominal kecil, emas yang dibeli juga bisa dititipkan tanpa mengeluarkan biaya lain.


==========

Jadi, agan dan aganwati pilih yang mana nih? Baik investasi emas batangan, maupun investasi perhiasan emas memiliki kelebihan dan kekurangan. Agan harus menyesuaikannya dengan tujuan investasi dan profil risiko. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli lalu pilih salah satu atau keduanya!


Sumber Artikel
Diubah oleh dimasgaharu 05-10-2018 08:25
0
2.6K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.