Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

leo.santa.cruzAvatar border
TS
leo.santa.cruz
Pengusaha Minta Pemerintah Cari Cara Setop Pelemahan Rupiah
Pengusaha Minta Pemerintah Cari Cara Setop Pelemahan Rupiah



Berita Akurat- Pengusaha meminta pemerintah dan Bank Indonesia agar segera mencari cara untuk menahan agar pelemahan nilai tukar rupiah tidak terus berlanjut.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan pebisnis telah terdampak langsung akibat depresiasi rupiah yang kini telah berada di level Rp 14.200/US$.

"Kalau rupiah terus melemah, ya secara umum jelek buat kita, buat pengusaha dan pemerintah. Kita komponen bahan baku masih besar dan pelemahan rupiah merugikan kita. Otomatis ujungnya inflasi," kata Hariyadi, Rabu (23/5/2018) malam.

Dia menuturkan pengusaha juga menghadapi dilema untuk mengatasi masalah nilai tukar ini. Ketika bahan baku lebih mahal, lanjutnya, pelaku usaha tidak bisa menaikkan harga barang karena daya beli masyarakat masih lemah.

"Boro-boro naikin harga untuk mengompensasi kenaikan biaya bahan baku, yang masyarakat malah ngurangin belanja."

Hariyadi mengemukakan seharusnya pemerintah dan Bank Indonesia sudah bisa memperkirakan fenomena depresiasi rupiah yang terjadi pada saat ini sejak beberapa tahun lalu.

Menurutnya, ada tiga indikasi tren depresiasi yang bisa dilihat. Pertama, normalisasi suku bunga the Fed yang telah digulirkan sejak 2015. Kedua, kemenangan Donald Trump dalam pemilihan umum AS.

"Kita tahu bahwa dia akan lebih protektif. Ketiga, harga minyak dunia pasti akan naik karena dunia belum ada energi pengganti. Kita sangat terdampak tiga faktor itu."
0
1.1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.