Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Ketika Logo Gereja Diperebutkan di Pengadilan

Foto: Logo KINGMI (ist.)



Makassar - Logo gereja diperebutkan di pengadilan hingga Mahkamah Agung (MA). Akhirnya, Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) memenangkan melawan Gereja Kemah Injil (KINGMI) Tanah Papua.

Awalnya, Kemah Injil Gereja Masehi Indonesia (KINGMI) merupakan persekutuan yang didirikan di Makassar pada 1932. Keanggotannya meliputi Jawa, Sumatera, Kaltim, Kalbar hingga Irian Jaya. Sejak 5 Februari 1983, KINGMI memindahkan kantornya ke Jakarta.

Dalam Konferensi Umum KINGMI 1983, disepakati perubahan nama KINGMI menjadi Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Kesatuan. Oleh sebab itu, GKII Kesatuan menyatakan memiliki sebagai pemilik sah logo gereja yang ada di naungan GKII Kesatuan.

Nah, belakangan diketahui KINGMI Tanah Papua mengaku sebagai pemegang logo KINGMI pada 2012. Ciri-ciri logo itu adalah adanya salib, bejana pembasuhan, buli-buli minyak dan mahkota yang digambarkan dalam lingkaran bulat. Atas hal itu, GKII Kesatuan mengajukan gugatan ke pengadilan.

Pada 26 April 2017, Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri (PN) Makassar memutuskan GKII Kesatuan adalah pencipta dan pemegang hak logo dengan judul 'Gereja Kemah Injil Indonesia'. Majelis hakim memerintahkan Kemenkum HAM mencoret pendaftaran hak cipta KINGMI Tanah Papua dengan nama 'Sinode Gereja Kemah Injil (KINGMI) di Tanah Papua'.

Atas putusan itu, KINGMI Tanah Papua melakukan perlawanan dengan mengajukan kasasi. Apa kata MA?

"Menolak permohonan Gereja Kemah Injil (KINGMI) Di Tanah Papua," ucap majelis sebagaimana dilansir website MA, Rabu (23/5/2018). Duduk sebagai ketua majelis Mahdi Soroinda Nasution dengan anggota Hamdi dan I Gusti Agung Sumanatha. (asp/rvk)



https://m.detik.com/news/berita/d-40...-di-pengadilan


0
4.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.