Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

smartmouthAvatar border
TS
smartmouth
Dolar AS Rp 14.200, DPR Panggil Gubernur BI


Komisi XI DPR RI hari ini mengadakan rapat kerja dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. Rapat dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Thohir dan dihadiri oleh sejumlah anggota Komisi XI dan Dewan Gubernur BI, seperti Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara serta Deputi Gubernur BI Sugeng dan Erwin Rijanto.

Dalam pembukaannya, Hafisz meminta penjelasan pimpinan bank sentral terkait pelemahan rupiah terhadap dolar AS yang terjadi beberapa waktu terakhir. Berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini rupiah kembali melemah di level Rp 14.178/USD, sementara pada Senin (21/5) rupiah berada di level Rp 14.176/USD. Sementara berdasarkan data perdagangan Reuters, dolar AS sempat menyentuh level Rp 14.200, kemarin.

"Kami ingin mengetahui kemarin rupiah melemah bahkan sempat menyentuh Rp 14.200, dalam waktu terakhir juga melemah. Kami ingin tahu penyebab pelemahan rupiah, apa yang telah dilakukan BI dan ke depan, apa yang akan dilakukan BI untuk stabilkan rupiah," ujar Hafisz di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Selasa (21/5).

Selain itu, dia juga mengucapkan salam perpisahannya dengan Agus sebagai gubernur BI, yang akan digantikan oleh Perry Warjiyo pada lusa atau 24 Mei mendaatang.

"Ini adalah rapat terakhir dengan Pak Agus, kami ucapkan terima kasih. Semoga nanti bisa bertemu di kesempatan berikutnya," katanya.

Sementara itu, Agus menjelaskan, pelemahan rupiah yang selama ini adalah karena faktor eksternal. Adapun kondisi perekonomian Indonesia saat ini membaik dan fundamental ekonomi baik.

"BI akan selalu di pasar untuk menstabilkan rupiah sesuai dengan nilai fundamentalnya," jelasnya.

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/dolar-as-rp-14-200-dpr-panggil-gubernur-bi


Terus meroketemoticon-Big Grin
#2019GP
0
2.1K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.