Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

victimofgip476Avatar border
TS
victimofgip476
Politikus PDIP: Soeharto Presiden Tersukses karena Lama Berkuasa
Politikus PDIP: Soeharto Presiden Tersukses karena Lama Berkuasa


Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko menilai wajar dengan survei Indo Barometer yang menyebut Soeharto presiden paling berhasil. Sebab, kata Budiman, Soeharto berhasil karena lamanya berkuasa.

"Indonesia negara besar dengan jumlah penduduk besar.

Pak Harto 32 tahun berkuasasehingga dia adalah seorang Presiden yang diberi waktu 32 tahun untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah Indonesia yang besar," ujar Budiman dalam acara rilis survei di Hotel Harris, Jl Sudirman, Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Budiman membandingkan masa kepemimpinan presiden lainnya yang menjabat paling lama 5-10 tahun. Soeharto juga dinilainya cukup mumpuni menyelesaikan persoalan bangsa.

"Jadi wajar kalau ada persepsi bahwa Pak Harto itu cukup berhasil dikarenakan modal waktunya besar penguasa besar dengan prosentase masa waktu pasca reformasi 5 tahun, paling lama 10 tahun atau 3 tahun atau hanya 2 tahun, itu saya melihat ke sana," imbuh Budiman.

"Bu Mega cuma berapa tahun dari 2001 sampai 2004 saja, Pak SBY 10 tahun bisa, Pak Jokowi baru 4 tahun, Gus Dur hampir 2 tahun. Pak Habibie hampir setahun lebih.

Nah Pak Harto 32 tahun. Ya wajar kalau dia membangun lebih banyak jembatan, bendungan, DPR Yudikatif dia kontrol, sementara Presiden pasca-reformasi nggak bisa," imbuhnya.

Survei digelar di 34 provinsi pada 15-22 April 2018. Sampel dalam survei sebanyak 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.Sebanyak 32,9% masyarakat menilai Soeharto berhasil memimpin Indonesia. Posisi kedua ditempati Sukarno (21,3%), dan ketiga ditempati Joko Widodo (17,8%).

SUMBER

tidak ada panastaik yang tidak JENDOH....
0
1.7K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.