unicorn.phenexAvatar border
TS
unicorn.phenex
BANTU PALESTINA, JK BICARA SOAL KANS RI JALIN DIPLOMATIK KE ISRAEL
Istanbul - Indonesia terus menegaskan komitmennya untuk membantu Palestina yang hingga hari ini masih dijajah Israel. Namun berbagai masukan dan protes Indonesia ke Israel kadang tidak berarti karena Indonesia belum memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan untuk mendamaikan konflik, setiap pendamai harus mengenal kedua belah pihak yang berkonflik.

"Dalam mendamaikan konflik, konflik apapun itu, misalnya konflik keluarga, konflik negara, atau konflik apa, itu harus mengenal kedua belah pihak. Pengalaman saya di mana-mana terjun langsung, ke Aceh kita harus mengenal kedua belah pihak, atau harus berteman," ujar JK di Istanbul, Turki, Sabtu (19/5/2018).

Menjalin hubungan pertemanan dengan kedua pihak yang tengah berkonflik bukan berarti memihak. Menurut JK hubungan pertemanan yang dibangun ini untuk menyatukan pandangan.

Dalam tujuan membantu kemerdekaan Palestina, kata JK, bisa saja Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. JK pun menyebut beberapa negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

"Dulu saya pernah mengorganisir ini (penyelesaian masalah Palestina), antara saya, Erdogan, Pakistan, kita rapat di Riyadh. Bagaimana kita selesaikan dengan terlebih dahulu mendorong mereka damai berdua, antara Hamas dengan Fatah itu tugasnya Erdogan," kata JK.

Baca juga: Wapres JK Minta Hamas-Fatah Bersatu Selesaikan Masalah Palestina

Upaya mendamaikan Hamas dan Fatah di Palestina pun berhasil dilakukan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Salah satu sebabnya karena Turki memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

"Karena dia ada hubungan diplomatik dengan Israel. Jangan lupa itu, itu ada 3 negara Arab yang punya hubungan diplomatik dengan Israel. Turki, Mesir, dan Yordania, mereka punya hubungan diplomatik (dengan Israel)," ucapnya.

"Jadi kalau Indonesia bicara dengan Israel atau ada hubungan pertemuan (dengan Israel), tidak ada apa-apanya dengan Yordania dengan Turki dan Mesir, dia ada kedutaan di Tel Aviv, saya pernah ke Tel Aviv, saya lihat ke depan hotel ternyata ada bendera Turki, kedutaan Turki. Jadi, dan baru bisa perdamaian dibuat dengan cara itu," imbuhnya.

ti ati ada yang tercuncang

Kira-kira Kedubes israel nanti dimana ya?
emoticon-Leh Uga
0
5.2K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.