Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

president.putinAvatar border
TS
president.putin
PBB: Israel Gunakan Kekuatan Tidak Sepatutnya Terhadap Warga Palestina


BERITA AKURAT - Komisioner hak asasi manusia PBB mengatakan mengatakan Israel menggunakan kekuatan yang tidak sepadan atas pengunjuk warga Palestina saat pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem.

Zeid Ra'ad al Hussein menyampaikan hal tersebut saat Sidang Khusus Dewan HAM PBB yang diminta oleh negara-negara Arab menyusul tewasnya 58 pengunjuk rasa oleh pasukan Israel.

Jumlah korban yang jatuh Senin (14/05) -pada saat peresmian Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem- merupakan yang terbesar dalam satu hari sejak Perang Gaza tahun 2014 lalu.

Namun Duta Besar PBB Israel untuk Dewan HAM PBB, Aviva Raz Shechter, menegaskan angkatan bersenjata berupaya meminimalkan korban saat mempertahankan perbatasannya.
Dia menambahkan kelompok Hamas, yang mengusai Gaza, sengaja menggunakan warga sipil sebagai tameng.

Pihak berwenang Palestina menyebutkan selain puluhan yang tewas itu, sekitar 2.700 orang lainnya cedera dalam peristiwa yang mereka sebut sebagai 'pembunuhan massal'.
Para pengunjuk rasa Palestina melempar batu dan bahan-bahan yang terbakar maupun mendekati pagar di perbatasan Gaza dan Israel.

Sementara militer Israel melepas tembakan dengan peluru api ke arah pengunjuk rasa maupun menggunakan pesawat tanpa awak untuk melepas gas air mata guna membubarkan massa.

Di kubu Israel, seorang tentara dilaporkan cedera ringan karena lemparan batu.

"Perbedaan kontras dalam korban di kedua belah pihak... memperlihatkan tanggapan yang sepenuhnya tidak sepadan," tutur Zeid Ra'ad al Hussein saat sidang, Jumat (18/05), di Jenewa Swiss.

Dia menambahkan bahwa memang sejumlah pengunjuk rasa melempar bom botol, menggunakan ketapel untuk melempar batu, menerbangkan layang-layang yang dibakar ke wilayah Israel, maupun mencoba memotong pagar pemisah.

Namun ditegaskannya bahwa, "Tindakan-tindakan itu semata tidak tampak sebagai ancaman atas nyawa maupun cedera yang mengancam jiwa yang bisa membenarkan penggunakan kekuataan yang mematikan."

Dewan HAM PBB rencananya akan mempertimbangkan resolusi yang menuntut pengiriman komisi penyelidikan internasional yang independen. Zeid mengatakan dia mendukung seruan atas pembentukan komisi itu, yang merupakan tingkat penyelidikan tertinggi PBB.

Warga Palestina sudah melakukan unjuk rasa selama enam pekan lebih di perbatasan Gaza-Israel, sebagai bagian dari aksi yang disebut Hamas "Pawai Besar untuk Pulang'.

Namun unjuk rasa Seni(14/05) dan juga Selasa keesokan harinya merupakan puncaknya untuk memprotes peresmian Kedutaan Besar AS di Yerusalem dan pembentukan negara Israel tahun 1948 lalu maupun memperingati pengungsian ratusan ribu warga Palestina dari rumahnya akibat perang yang terjadi.
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.