lampuduniaAvatar border
TS
lampudunia
Unik Banget Sambel Aceh Ini, Terbuat Dari 44 Rempah Dedaunan.
Welcome to thread lampu dunia





Sambai Oen Peugagah.itulah nama sambal khas daerah keistimewaan masyarakat Aceh, aceh punya tradisi unik dalam menyambut Bulan Suci Ramadan, seperti tradisi meugang. Bukan hanya itu, Aceh juga memiliki kuliner unik yang bisa dinikmati setiap berbuka puasa.

Makanan khas itu ialah sambai oen peugagah, bahan baku makanan ini terdiri dari racikan 44 dedaunan yang tumbuh dan hidup di Aceh. Diyakini, makanan ini menjadi favorit bagi indatu (nenek moyang) yang telah ada pada masa zaman kerajaan di Aceh.[/QUOTE]

Quote:



Di Kota Banda Aceh, Sambai oen peugagah bisa dijumpai di Peunayong, Gampong Baro bahkan Ulee Kareng. Uniknya, penjual makanan warisan indatu ini rata-rata digemari banyak yang berusia lanjut.

“Sekarang malah orang-orang tua yang dominan pesan ini, setiap jenis daun yang digunakan dalam meracik sambai oen peugagah memiliki khasiat tersendiri. Jenis daun itu yakni, daun jeruk purut, daun mengkudu, daun peugagah, daun sigeuntot, daun lawah dan puluhan jenis daun lainnya. Namun, sekarang tak mudah mendapatkan 44 jenis daun itu.


“Kalau pun dapat, tapi tidak banyak. Mungkin itulah alasannya kalau oen peugagah ini jarang dijual kalau bukan di bulan Puasa,”

[QUOTE]Cara membuat makanan ini, tidak sembarangan bisa dicampur. Harus mempunyai keahlian. Jika tidak, rasanya dan aromanya bisa menyengat. “Harus terampil tak boleh asal asalan,”

Pertama-tama, daun yang sudah dicuci bersih, kemudian dicincang tipis-tipis dan dilumuri dengan kelapa parut atau giling. Sebelumnya kelapa itu harus diaduk dulu bersama rajangan bawang merah, cabai merah, bunga kala, cabai rawit dan asam sunti yang dihaluskan.

Untuk lebih gurih, taburi bawang goreng, kacang goreng atau kemiri goreng yang sudah dihaluskan. Sambai siap disajikan. Aromanya harum, rasanya unik, gurih, pedas dan sedikit asam.


Sambai oen peugagah juga bukan sekadar untuk kenyang. Khasiat dan kandungan klorofil dari dedauan itu dipercaya juga menyehatkan badan. Lalapan ini bisa dijadikan sebagai teman santap nasi untuk memperkaya rasa gurih dan pedas layaknya urap kering.


0
866
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.