• Beranda
  • ...
  • Saham
  • Panduan Lengkap Investasi Saham Untuk Pemula (Cara Beli, Analisa Tingkat Dasar, FAQ)

sahamindonesiaAvatar border
TS
sahamindonesia
Panduan Lengkap Investasi Saham Untuk Pemula (Cara Beli, Analisa Tingkat Dasar, FAQ)
Panduan Investasi Saham Untuk Pemula


Seluruh isi artikel ini diambil dari Panduan Lengkap Investasi Saham Untuk Pemula

Jika anda memiliki kritik, saran, atau ide pembahasan silahkan email ke info@sahamindonesia.com

Semoga bermanfaat!


Panduan investasi saham untuk pemula ini dibuat karena kami melihat bahwa pertumbuhan investor baru yang masuk ke dalam pasar modal Indonesia begitu besar (bisa dilihat dari chat grup telegram dan whatsapp). Kami berusaha semaksimal mungkin untuk melengkapi isi dari artikel ini, dan kami berharap panduan ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.
 
Daftar Isi Panduan Investasi Saham Untuk Pemula:
(Silahkan di klik bila anda ingin langsung membaca bab tersebut) *Beberapa link (tulisan warna biru) di panduan ini hanya bisa anda gunakan dengan mengakses langsung ke https://www.sahamindonesia.com/pandu...-untuk-pemula/
  • 1. Definisi Saham
    1.1 Pergerakan Harga Saham
    1.2 Sektor Saham

    2. Cara Mendapatkan Untung Dari Saham
    2.1 Risiko Investasi Saham

    3. Cara Membeli Saham

    4. Sistem Trading Online
    4.1 Waktu Transaksi Pada Bursa di Indonesia
    4.2 Fraksi Harga Saham
    4.3 Auto Rejection

    5. Analisis Fundamental Dasar

    6. Analisis Teknikal Dasar

    7. FAQ




DEFINISI SAHAM
Saham adalah surat berharga tanda kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Disaat anda membeli saham, berarti anda membeli sebagian dari perusahaan. Maka dari itu anda perlu melihat fundamental dari perusahaan sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi dengan membeli saham perusahaan tersebut.

Memiliki sebagian dari perusahaan berarti anda juga memiliki bagian dari keuntungan dan kerugian perusahaan. Setiap kali perusahaan mencatatkan keuntungan dan membagikan sebagian dari keuntungan kepada para pemegang saham, maka anda akan mendapat sebagian dari keuntungan tersebut.

Begitu pula apabila perusahaan mengalami kerugian bahkan bangkrut, anda bisa kehilangan uang yang telah anda investasikan ke perusahaan tersebut.
 
-PERGERAKAN HARGA SAHAM-
Perubahan nilai fundamental perusahaan yang diakibatkan oleh pendapatan laba, ekspansi perusahaan atau kerugian perusahaan akan tercermin dalam harga saham. Bila nilai fundamental naik karena peningkatan laba, harga saham akan ikut naik.
Sebaliknya bila nilai fundamental turun karena penurunan kinerja perusahaan, maka harga saham akan ikut turun. Harga saham juga akan terus berfluktuasi naik turun sesuai dengan hukum supply - demandyang berlaku.
 
-SEKTOR SAHAM-
Saham perusahaan yang tercatat di pasar modal Indonesia dikelompokkan menjadi beberapa sektor. Anda bisa melihat daftar data sektor dari BEI (Bursa Efek Indonesia). Sektor ini bisa anda gunakan sebagai pembanding disaat anda melihat nilai fundamental suatu perusahaan.

Anda harus membandingkan perusahaan dengan sektor yang sama, misalnya anda membandingkan perusahaan Waskita Karya dengan Wijaya Karya, mana yang lebih murah secara fundamental, dan prospek ke depannya lebih cerah. Jangan membandingkan perusahaan dengan sektor yang berbeda, karena jenis bisnis yang dijalankan juga berbeda.
[hr]

CARA MENDAPATKAN UNTUNG DARI SAHAM
Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari saham:
  • Capital gain
    Keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual saham, artinya anda menjual saham dengan harga lebih tinggi dari harga beli. Misalnya anda membeli saham BBRI di harga Rp 1000,- dan menjualnya di harga Rp 1100,-, maka anda mendapat capital gain sebesar Rp 100,- per lembar saham.
  • Dividen
    Laba yang diperoleh perusahaan bisa ditahan untuk ekspansi perusahaan lebih lanjut, atau dibagikan ke para pemegang saham. Laba yang dibagi perusahaan ke para pemegang saham disebut dengan dividen.
  • Short sell
    Menjual saham yang belum anda punya terlebih dahulu (dipinjamkan oleh broker / sekuritas) di harga tinggi, lalu membeli saham tersebut kembali di harga rendah. Misalnya anda menjual saham BBRI di harga Rp 1000,- dan membeli kembali di harga Rp 900,-, maka anda mendapat keuntungan Rp 100,- per lembar saham dari transaksi tersebut. Sampai saat ini (2018) transaksi shortsell sedang dilarang dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di Indonesia.

Pajak yang dikenakan pada saham adalah pajak final dan langsung dipotong saat anda melakukan transaksi, sehingga anda tidak perlu lagi membayar pajak pendapatan tambahan yang anda dapatkan dari penjualan saham.

Anda tetap harus melaporkan saham yang anda miliki sebagai harta pada SPT tahunan.
 
-RISIKO INVESTASI SAHAM-
Setiap instrumen investasi di dunia tentunya memiliki risiko. Panduan investasi saham untuk pemula mengenai risiko investasi saham antara lain adalah:
  • Capital Loss
    Kerugian dari selisih harga beli dan harga jual saham. Artinya anda menjual dengan harga yang lebih rendah daripada harga beli. Misalnya anda membeli saham BBRI di harga Rp 1000,-, lalu harga saham tersebut turun hingga Rp 900,- dan anda menjualnya. Dari contoh ini, anda mengalami capital loss sebesar Rp 100,- per lembar saham.
  • Likuidasi perusahaan
    Perusahaan dinyatakan bangkrut atau dibubarkan. Pada kondisi ini, seluruh aset kekayaan perusahaan akan dijual dan hasilnya digunakan untuk melunasi seluruh hutang perusahaan. Apabila hasil dari penjualan aset perusahaan masih ada sisa setelah pembayaran hutang selesai, baru hasil tersebut bisa dibagikan ke para pemegang saham sesuai dengan porsinya.

Saham adalah instrumen investasi jangka panjang
Membeli saham dengan uang dingin (bukan uang pinjaman) adalah langkah yang bijak.
[hr]

CARA MEMBELI SAHAM
Panduan investasi saham untuk pemula mengenai cara pembelian saham adalah sebagai berikut:

1. Untuk bertransaksi saham di Indonesia, anda harus membuka akun di sekuritas / broker terlebih dahulu. Pastikan sekuritas yang anda pilih adalah sekuritas yang benar dan bukan sekuritas bodong.
Daftar sekuritas yang tercatat di BEI dan bisa anda jadikan referensi bisa dilihat disini. Pelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari fasilitas setiap sekuritas.

2. Setelah memilih sekuritas yang cocok dengan kebutuhan, silahkan hubungi dan buka akun di sekuritas tersebut.
Anda akan diharuskan mengisi formulir pembukaan akun baru, dan pembukaan rekening bank baru yang berfungsi sebagai RDI (Rekening Dana Investor). Dengan adanya RDI, transaksi saham anda di pasar modal Indonesia menjadi lebih aman dan terjaga. 
Proses pembukaan akun ini biasanya membutuhkan waktu 7 - 10 hari kerja sejak formulir diterima oleh pihak sekuritas.
Silahkan lihat disiniuntuk proses pembukaan akun yang lebih detail.

3. Begitu RDI selesai dibuat, anda diharuskan untuk melakukan deposit awal. Jumlah deposit awal yang harus disetor berbeda - beda tergantung dari sekuritas dimana anda membuka akun.
Ada sekuritas yang mengharuskan deposit awal minimal Rp 10.000.000,-, ada sekuritas yang membolehkan deposit awal Rp 100.000,-. Ada juga sekuritas yang menentukan fee (tarif transaksi saham) dari deposit awal yang anda lakukan.

4. Sesudah melakukan deposit, anda bisa melihat saldo rekening anda lewat akun sekuritas secara online. Pihak sekuritas biasanya menyediakan aplikasi untuk  trading secara online melalui komputer, laptop, atau smartphone anda.
Aplikasi trading ini biasanya juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti grafik saham yang bisa digunakan untuk analisa teknikal, dan informasi terkait laporan keungan perusahaan yang bisa digunakan untuk analisa fundamental dasar.

5. Pembelian dan penjualan saham yang kami rekomendasikan adalah secara online, menggunakan aplikasi pada komputer atau smartphone dan dilakukan sendiri. Karena jika dilakukan sendiri, prosesnya lebih cepat.
Namun apabila ada kendala internet, anda bisa menelepon pihak sekuritas dan mereka akan membantu anda untuk bertransaksi saham.
[hr]

SISTEM TRADING ONLINE
Kebanyakan sekuritas / broker di Indonesia sudah memberi fasilitas aplikasi yang dapat anda gunakan untuk bertransaksi saham secara online. Beberapa sekuritas bahkan menyediakan fasilitas transaksi saham via website.

Pada saat anda membuka aplikasi anda untuk pertama kalinya dan melihat transaksi saham disana, mungkin anda akan merasa pusing. Setiap perusahaan yang ditransaksikan di pasar modal memiliki kodenya sendiri. Misalnya bank BRI kodenya adalah BBRI, bank BCA kodenya BBCA, Telkom kodenya TLKM, dsb.

Anda juga akan melihat "Bid" atau "Buy" dan "Ask" atau"Sell" di dekat harga saham perusahaan.
  • Bid adalah antrian investor yang ingin membeli saham.
  • Ask adalah antrian investor yang ingin menjual saham.

Anda bisa membeli saham secara instan dengan membeli di harga "Ask", sebaliknya anda bisa menjual saham secara instan dengan menjual di harga "Bid".
 

 
Mengacu pada contoh diatas, anda bisa langsung membeli saham di harga Rp 1935,- atau langsung menjual saham di harga Rp 1930,-
Di sebagian besar aplikasi sekuritas juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang berguna seperti:
  • Running Trade
    Digunakan untuk melihat transaksi saham apa saja yang sedang terjadi.
  • Watchlist
    Digunakan untuk melihat saham pilihan yang ingin dipantau.
  • Top Stocks / Trending Stocks / Stocks Ranking
    Dapat digunakan untuk melihat saham yang sedang populer berdasarkan frekuensi, volume, kenaikan atau penurunan harga saham.
  • Portfolio
    Digunakan untuk melihat saham yang sedang anda miliki, dan keuntungan atau kerugian dari saham tersebut
  • Chart
    Melihat grafik sebagai alat bantu analisis teknikal

Yang perlu anda ketahui adalah harga yang tercantum di aplikasi anda adalah harga per lembar saham. Sedangkan transaksi pada bursa menggunakan satuan lot. 1 lot saham adalah 100 lembar, jadi anda harus menghitung uang yang akan dikeluarkan untuk membeli saham terlebih dahulu.
Contoh:
  • Harga saham BBRI yang tercantum di aplikasi online trading anda adalah Rp 1000,-, ini adalah harga 1 lembar saham BBRI.
  • Uang yang anda butuhkan untuk membeli saham BBRI sebanyak 1 lot adalah Rp 1000,- X 100 lembar = Rp 100.000,-

 
Lanjut di post berikutnya
Diubah oleh sahamindonesia 27-06-2018 06:50
tata604
agh05t
broker366
broker366 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
39.6K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Saham
Saham
3.7KThread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.