kennethgumilangAvatar border
TS
kennethgumilang
Kenali Dulu Istilah Gaul Di Ojek Online (Ojol) Berikut Ini Gan



Keberadaan layanan ojek online kian lekat dalam keseharian masyarakat Indonesia. Pengunaanya yang mudah, murah dan cepat, menjadi alasan utama melekatnya ojek online di tengah masyarakat. Namun, tahu kah kamu bahwa driver ojek online punya istilah-istilah unik yang biasa di gunakan sebagai bahan pembicaraan di kalangan driver online. Istilah ini sebagian juga sudah menjadi rahasia umum bagi konsumennya. Setelah survey langsung ke lapangan, beritasaku mencoba merangkum istilah-istilah unik di kalangan driver ojek online, sebagai berikut.


1.Tuyul

Apa yang ada di benak kamu tentang tuyul di dunia ojek online? yang ada di benak kamu, pasti tuyul itu adalah salah satu makhluk halus yang suka mencuri uang, kan? Ya, kurang lebih sama. Bedanya tuyul yang kita tahu, adalah pencuri uang, tapi kalau di dunia ojek online, adalah pencuri orderan. Kok bisa?

Driver yang menggunakan tuyul akan memiliki tempat yang berbeda dari lokal GPS dengan lokasi sebenarnya. Contoh, di peta GPS, driver berada di tempat ramai pengguna ojek online, padahal di lokasi sesungguhnya, driver jauh dari tempat mai pengguna ojek online tersebut.



Driver menggunakan tuyul agar bisa mendapat penumpang di lokasi ramai pengguna, tanpa harus berada di sana. Penggunaan tuyul memang membantu produktivitas driver namun dianggap sebagian besar sebagai cara curang mendapatkan penumpang.





2.Opik


Opik, bukan salah satu penyanyi di jenis musik religi itu ya, hehehe. Opik disini adalah singkatan dari order fiktif atau palsu. Opik adalah momok yang menakutkan bagi kalangan driver ojek online, hal tersebut karena tuntutan untuk harus mengambil setiap orderan yang masuk agar tidak berkurang nilai penerimaan, namun takut orderan tersebut adalah opik.
Yang cukup sering terjadi adalah opik untuk fitur pemesanan makanan. Tentu merugikan sekali, sudah di beli makanannya, namun konsumen tidak jelas. Mending murah, kalau mahal, wah bisa rugi dan kasihan drivernya.


3.Opang

Ojek Pangkalan (Opang) dan Ojol selalu timbul pergesekan diantara keduanya. Opang merupakan singkatan dari Ojek Pangkalan. Opang ini ditujukan pada tukang ojek yang menunggu di pangkalan. Tentu Opang saat ini tergilas dengan kehadiran driver ojek online. Akibatnya, sering terdengar kabar, Opang dan driver ojek online jadi bentrok.


4.Mod

Mod ini sebuah sistem yang bisa diaplikasikan ke dalam handphone ojol agar selalu mendapatkan order dengan jarak yang singkat-singkat saja. Dalam prakteknya, penggunaan Mod adalah sesuatu yang dianggap terlarang oleh perusahaan ojek online. Sudah banyak mitra ojek online di suspend atau bahkan langsung diberhentikan, lantaran menggunakan mod saat bertugas.


Itu lah 4 istilah unik yang ada di dunia ojek online. Masih banyak lagi sebenarnya, sisanya, kamu sendiri bisa tanya langsung ke driver ojek onlinya, agar perjalanan kamu jadi tambah menyenangkan.


Sumber: https://www.vebma.com/unik/unik-ini-...iketahui/33033




Monggo mampir sini dulu yuk gan/sis :
















anasabila
anasabila memberi reputasi
1
45.5K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.