beyoungcarerockAvatar border
TS
beyoungcarerock
Pemikiran Aman Abdurrahman yang Anggap Demokrasi Anti Islam


Selain menuntut mati Aman Abdurrahman, jaksa juga membongkar pemikiran-pemikiran radikal pentolan JAD itu. Aman menganggap demokrasi sebagai hal yang bisa membatalkan keislaman seseorang.

"Terdakwa meyakini demokrasi termasuk syirik akbar yang bisa membatalkan keislaman seseorang," tutur jaksa Anita Dewayani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera, Jumat (18/5/2018).

Buah pemikiran Aman itu, lanjut Anita, disampaikan dalam ceramah-ceramah dan juga tulisan yang diunggah di situs internet. Bahkan saat Aman dijebloskan ke penjara di Nusakambangan, dia tetap menyampaikan ceramah tersebut kepada para napi dan tamu yang datang.

"Menurut terdakwa, yang termasuk dalam syirik akbar demokrasi sendiri adalah: menyembah berhala, berdoa kepada selain Allah, berkorban kepada selain Allah, menaati hukum selain Allah dan lain-lain sehingga wajib bagi setiap muslim untuk melepaskan diri dari sistem syirik demokrasi," tutur Anita.

Menurut Aman, sistem demokrasi salah satunya yang dianut di Indonesia berhubungan langsung dengan kemusyrikan. Masih menurut Aman, dengan menganut demokrasi, maka itu berarti menganut paham agama dengan mempercayai tuhan lebih dari satu.

"Terdakwa menganggap dalam sistem demokrasi Tuhannya bukan Allah. Dalam pembuatan syariah atau aturan kehidupan atau hukum atau undang-undang yang berlaku atas manusia akan tetapi hukum yang berlaku adalah hukum yang dibuat oleh manusia, dalam hal ini MPR dan DPR. Tuhan yang ditaati dalam demokrasi ada banyak karena tuhan pembuat hukum jumlahnya banyak," tutur Anita.

Di luar sidang, apa yang menjadi pemikiran Aman ini ditentang oleh banyak kalangan. MUI menyatakan pemikiran radikal yang berbuah aksi pengeboman sangat tidak sesuai dengan Alquran.

"Perbuatan ini adalah perbuatan yang sangat biadab, apalagi sampai tega mengorbankan keluarga, seorang ibu dan anak-anaknya yang masih di bawah umur. Tindakan ini sungguh tidak sesuai dengan ajaran agama apapun, termasuk agama Islam. Dalam Alquran jelas dituliskan; 'Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya'," kata Ketum MUI Ma'ruf Amin.

Sumur

0
2.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.