bear89800Avatar border
TS
bear89800
Virus Ebola dan Penyebarannya

https://afktravel.com/wp-content/upl...us-640x360.jpg
Ebola, wabah ini masih baru populer dan marak beberapa tahun belakangan ini. lebih dari 2473 orang sudah terinfeksi dan 1350 meninggal karena virus ini.

Sebenarnya bagaimana proses kerja virus ini dan cara penyebarannya. Mudah2an di thread ini pembaca bisa dapat gambarannya.
 
1. Ada lebih dari 1 Jenis Virus Ebola.
Sekurang2nya ada 5 jenis virus ebola yang sudah di identifikasi hingga saat ini dan di beri nama sesuai dengan tempat dimana virus ini di temukan. Ebola (sebelumnya Zaire), Bundibugyo, Sudan, Hutan Tai dan Reston.
Nama reston muncul setelah wabah ini muncul di Virginia pada 1989 lalu di Texas dan Pennsylvania. Sumber virus ini berasal dari monyet yang di impor dari sebuah Fasilitas di Filipina. Semua jenis virus Ebola menginfeksi manusia, monyet, gorilla dan simpanse.
 
2. Virus Ebola Membajak Sistem Kekebalan Tubuh.

https://images.agoramedia.com/everyd...em-722x406.jpg
Virus ini sudah di teliti. Cara kerja virus ini adalah dengan diam2 mematikan system kekebalan tubuh. Virus ini menghalangi fungsi interferon sel, interferon ini berfungsi untuk memberi perintah bunuh diri sel.
Ketika virus ini masuk ke sel maka dia akan memblokir komunikasi sel tersebut sehingga sel tidak bisa meminta bantuan system imun atau menerima perintah untuk penghancuran diri sendiri sel tersebut.  Virus ini terus berkembang dari sel ke sel yang lain.
 
3. Kelelawar Merupakan awal Penyebar Virus Ebola.

http://4.bp.blogspot.com/-dr67BzAbpK...artaperang.jpg
Peneliti percaya bahwa sumber utama yang menyebarkan virus ini adalah kelelawar. Kelelawar yang terinfeksi akan menularkannya ke mamalia yang lain termasuk tikus, primate dan manusia.
Tidak ada yang bisa memastikan bagaimana virus ini pertama kali menyebar ke manusia tapi dugaan terbesar adalah pemburu local di Afrika yang terinfeksi ketika menyembelih hewan buruannya.
Infeksi virus ini menyebar di lingkungan keluarga mereka lalu jika di rawat di fasilitas rumah sakit yang tidak bersih maka akan menyebar ke pasien yang lain. Penyebaran antar-manusia adalah melalui cairan tubuh orang yang sakit atau yang sudah meninggal karena Ebola ini.
 
4. Mengandalkan Tim Medis Untuk Menghentikan Penyebaran Ebola.

https://www.translatemedia.com/wp-co...nslation43.jpg
Keterampilan ahli medis untuk mendeteksi dan mencari penyebaran virus ini adalah cara terbaik untuk menghentikan penyebarannya.
Bisaanya mereka menggunakan pelacakan kontak. Misalnya Korban Ebola A, di isolasi dan di wawancarai lalu siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan si A akan di isolasi selama 3 minggu (21 hari). Jika tidak menunjukkan tanda terinfeksi maka dia (si B) bebas untuk pergi, sedangkan apabila ada gejala maka si B akan di isolasi dan di wawancarai. Siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan si B akan di isolasi selama 3 minggu, dst.
 
5. Orang yang Kena Malaria Lebih Tahan Terhadap Ebola.
Peneliti wabah Ebola di Afrika barat tahun 2014 menemukan fakta yang mengejutkan, orang yang di infeksi Ebola dan Malaria secara bersamaan memiliki kemungkinan bertahan hidup lebih besar.
Untuk orang yang tidak terinfeksi malaria kemungkinan hidupnya adalah 52 persen sedangkan untuk orang yang terinfeksi malaria + virus Ebola memiliki kemungkinan bertahan hidup 72 sampai 83 persen.
Peneliti belum yakin apa penyebabnya.
 
6. Kalo Ente Peneliti, bisa Minta Contoh Virus Ebola.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...RKLPA_WxStaMCn
Banyak ilmuwan yang mencoba untuk mencari vaksin virus ini. Salah satu sumber nya adalah Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) dari BEI Resource memberikan akses ke bahan mikrobiologi yang di sebut reagen untuk membantu mereka mencari vaksin penyakit yang muncul termasuk Ebola.
Reagen bukan virus aktif, makanya tidak dapat menyebar. Reagen Ebola ini hanya bisa di pesan 2 kali setahun.
 
 

0
9.7K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.