komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Takao-San Dan Berbagai Tempat Menarik Didalamnya
Tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang Takao-san, gunung paling populer di Tokyo. Jadi baca dulu tulisan bagian pertama, karena disini saya akan lanjut berbagi informasi seputar Takao-san.


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Takao-san memiliki beberapa tempat menarik yang dapat dikunjungi disela waktu hiking. Ada juga yang sengaja menjadikan tempat-tempat tersebut sebagai tujuan utama datang ke Takao-san. Beragam tempat menarik tersebut ada yang berskala besar, ada juga yang sebatas spot kecil yang memiliki sejarah tertentu. Berikut beberapa tempat menarik yang wajib dikunjungi saat berada di Takao-san.


Yakuo-in Temple

Alamat: 2177 Takao-machi, Hachioji City, Tokyo 193-8686

Telp: 042-661-1115, Fax: 042-664-1199

Akses: Melalui hiking trail no 1


Kuil ini termasuk salah satu kuil Budha yang memiliki sejarah panjang. Kuil Yakuo-in, yang memiliki nama resmi Takao-san Yakuo-in Yuki-ji Temple, konon sudah berdiri sejak tahun 744. Kaisar Shomu-lah yang memerintahkan pembangunan kuil ini dan eksekusinya dikerjakan oleh Gyoki Bosatsu. Kini kuil Yakuoin menjadi salah satu kuil Daihonzan, bagian dari Chizan School dari Sekte Shingon.


Saat ini kuil Yakuo-in menarik untuk dikunjungi, selain karena faktor sejarahnya dan juga fungsinya sebagai tempat beribadah, juga karena banyaknya bangunan yang bisa dilihat-lihat di kompleks kuil ini. Ya, seperti hal-nya mayoritas kuil Budha, kuil Yakuo-in ini terdiri dari beberapa bangunan yang membentuk kompleks yang cukup besar. Beberapa bangunan yang dapat dilihat disini antara lain: Okunoin Fudo-do Hall, Daishi-do Hall, Nio-mon Gate, Shitenno-mon Gate, Main Hall, dan Izzuna Gongen-do Hall.



Izuna Gongen-do Hall. 


Sebagai sebuah kuil yang cukup besar, kuil Yakuo-in memiliki beberapa event dan layanan yang menarik minat wisatawan. Berikut beberapa diantaranya:

- Pada tahun baru, ada ritual Goma fire yang dilakukan antara tengah malam dan pukul 5 sore.

- Setiap tanggal 3 Februari, ada perayaan setsubun yang diisi dengan berbagai pertandingan sumo dan pertunjukan lainnya.

- Setiap hari Minggu kedua di bulan Maret setiap tahunnya, ada ritual api yang disebut Saito Goma-ku.

- Setiap pukul 08.30 dan 16.30 ada ritual untuk memohon keselamatan berlalu lintas. Untuk mengikuti ritual ini, pengunjung harus mendaftar setidaknya 30 menit sebelumnya.




Suasana lain di Yakuno-in Temple 


Monkey Park and The Wild Pland Garden

Akses: melalui hiking trail no 1 (2 menit jalan kaki dari Stasiun Sanjo)

Jam operasional: 10.00-16.00

Harga tiket: ¥400* (dewasa), ¥200* (usia 3 tahun ke atas)


Kedua fasilitas ini berada di satu tempat, dan bisa diakses melalui hiking trail no 1. Untuk Monkey Park, terdapat sekitar 50 monyet yang masing-masing diberi nama (beberapa bahkan akan menoleh jika namanya dipanggil). Monyet-monyet tersebut dapat melakukan berbagai atraksi seperti berjalan di atas tali, maupun atraksi sirkus lainnya




Monkey Park 


Sedangkan the Wild Plant Garden merupakan area preservasi berbgai tumbuhan yang ada di sekitar Takao-san. Tempat ini memiliki beragam bunga yang akan mekar bergantian sepanjang tahun, sehingga menarik dikunjungi pada musim apapun.



Wild Plant Garden



Beer Mount


Akses: 6 menit menggunakan kereta kabel dari Stasiun Kyotaki Cable Car, 5 menit jalan kaki dari Stasiun Takaosanguchi, atau 5 menit jalan kaki dari Stasiun Sanjo


Jam operasional: 15.00-21.00 (weekdays), 14.30-21.00 (Sabtu, Minggu, hari libur), 12.00-21.00 (pada Sabtu dan Minggu di bulan Juli-Agustus)


Biaya: ¥3500* (laki-laki dewasa), ¥3300* (perempuan dewasa), ¥2500* (pelajar SMP), ¥1500* (pelajar SD), ¥500* (usia 3 tahun ke atas). Tambahan biaya ¥500* untuk setiap kelebihan waktu (per-30 menit)



Namanya boleh saja Beer Mount, tapi tempat ini tak hanya menyajikan bir. Terdapat beragam wine, cocktail, dan variasi minuman ringan lainnya. Tempat ini juga memiliki menu kuliner ala Jepang, Barat, Italia, dan Cina, sehingga cukup populer juga diantara pengunjung wanita muda dan keluarga. Sistem pelayanannya adalah all-you-can eat and drink buffet, dengan waktu makan maksimum 2 jam. Beer Mount populer sebagai tempat nongkrong karena lokasinya yang menjadi satu dengan observatorium, dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati Tokyo dari ketinggian di malam hari.





Observatorium di puncak Takao-san [foto: Jetalone]


Restaurant Musasabi

Akses: 3 menit jalan kaki dari stasiun Takao-san guchi, atau 6 menit menggunakan kereta kabel, atau 5 menit jalan kaki dari Stasiun Lift Sanjo.


Restoran Italia ini terbilang unik. Selain karena letaknya yang berada di ketinggian 500 meter, restoran ini juga hanya buka pada waktu tertentu saja: 1-15 Januari, 15 Maret-15 Juni, dan 15 Oktober-25 Desember. Diluar waktu itu, ada kafe yang beroperasi setiap hari Senin-Jum’at pukul 11.00-17.00, dan buffet service (setiap akhir pekan, pukul 11.00-17.00).


Lalu adakah event-event khusus di Takao-san?


Tentu saja ada. Selain aneka event yang telah disebut di bagian Yakuo-in Temple, ada beberapa event lain yang rutin diadakan di Takao-san. Dari sekian banyak event, berikut beberapa yang paling populer:


- Takao Baigo Plum Festival. Diadakan pada Sabtu/Minggu di pertengahan Maret, bertempat di Uratakaomachi.

- Takaosan Wakaba Festival. Diadakan setiap hari Minggu pertama di bulan April-hari Minggu terakhir di bulan Mei. Tempat di sekitar Stasiun Kiyotaki.

- Shunki Taisai (Spring Festival). Diselenggarakan oleh kuil Yakuo-in setiap hari Minggu ketiga di bulan April.

- Takaosan Beer Mount. Diadakan antara tanggal 1 Juli-akhir September, berlokasi di Observation Deck Takao-san.

- Shuki Taisai (Autumn Festival), setiap tanggal 17 Oktober, bertempat di kuil Yakuo-in.


Dan masih ada beberapa event minor lainnya yang rutin diselenggarakan di Takao-san dan sekitarnya. Takao-san juga populer dikunjungi pada sore hari di bulan Desember, karena disinilah salah satu tempat terbaik untuk menikmati terbenamnya matahari tanpa harus jauh-jauh pergi dari pusat kota Tokyo. Menariknya, pada bulan Desember kereta kabel dan lift juga akan beroperasi sedikit lebih lama, jadi pengunjung tak perlu takut harus mendaki dari bawah untuk mencapai puncak Takao-san.


Berminat untuk hiking di Takao-san? Berikut cara termudah untuk mengakses gunung ini dari Tokyo:


Dari Stasiun Shibuya, naik Inokashira Line menuju ke Stasiun Meidaimae. Ganti jalur dengan Keio Line, dan naik sampai Stasiun Takao – Takaosanguchi. Alternatif lainnya, dari Stasiun Shibuya, naik Inokashira Line sampai ke Stasiun Kichijoji, dilanjutkan dengan naik Chuo Line dan turun di Stasiun Takao.


Dari Shinjuku, naik Chuo Line ke Stasiun Takao (43 menit) dan dilanjutkan dengan naik Keio Line ke Stasiun Takao-san guchi (3 menit). Atau langsung naik Keio Line menuju ke Takao-san guchi.


Semoga bermanfaat! 


[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/261-takao-san-dan-berbagai-tempat-menarik-didalamnya/]SUMBER[/url]











0
4.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.