Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harisv3Avatar border
TS
harisv3
10 Indikasi Bahwa Agan Seorang Gaptek
10 Indikasi Bahwa Agan Seorang Gaptek

Spoiler for intro:

1. Tidak Memiliki Perangkat Teknologi (Gadget)
Bagaimana agan tidak dikatakan gaptek jika tidak memiliki suatu perangkat teknologi atau gadget. Kalau agan tidak memiliki gadget, sama saja agan sedang bercerita kepada teman agan bahwa liburan di pantai itu sangat menyenangkan padahal agan belum pernah kesana.

Gadget tidak harus mahal, setidaknya memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi, multimedia dan internet. Dekade yang lalu, dengan memiliki dan menggunakan sebuah Handphone sudah cukup menunjukan bahwa kita non-gaptek. Tetapi sekarang masa kejayaan handphone sudah akan berakhir dan mulai beralih ke masa Smartphone dan beberapa produk smart lain. Dengan teknologi yang agan miliki, agan tentu dapat dengan mudah membuka dan mempelajari cakrawala dunia teknologi dengan lebih leluasa.

2. Tidak Bisa Mengoperasikan Perangkat Teknologi
Dengan hanya memiliki perangkat teknologi atau Gadget tidak lantas membuat kita non-gaptek. Pertanyaan besarnya adalah dapatkah kita menggunakannya? Kita harus tahu cara mengoperasikan perangkat atau gadget tersebut, paling tidak kebutuhan - kebutuhan dasarnya. Untuk handphone misalnya, agan harus tahu bagaimana mengirim pesan, menelpon, cek pulsa, mengatur alarm, membuka kalkulator dan sebagainya. Karena sekarang sudah jamannya Smartphone, maka agan harus bisa internetan, menggunakan kamera, memainkan musik, video, membuka foto dan lain - lain.

Karena dunia teknologi itu luas, agan tidak harus dapat mengoperasikan segala perangkat teknologi yang ada. Paling tidak kita tahu bagaimana dasar - dasar cara menggunakan perangkat yang umum di masyarakakat seperti handphone, smartphone, komputer.

3. Tidak Memahami Spesifikasi Suatu Perangkat Teknologi
Spesifikasi harus dapat agan pahami agar tidak dikatakan gaptek. Karena ini akan dapat membantu orang yang gaptek untuk belajar atau ketika mereka ingin membeli suatu gadget. Hal - hal mendasar dalam spesifikasi perangkat seperti apa itu harddisk, ram, prosesor dalam komputer harus dipahami. Sama halnya dengan smartphone, agan juga harus paham spesifikasinya agar tidak gaptek.

4. Tidak Memiliki Koneksi Internet
Internet saat ini sudah seperti listrik, artinya keberadaannya sangat dibutuhkan. Tanpa listrik, seolah kita kembali ke jaman batu. Sama halnya tanpa internet, kita seperti orang tersesat. Jadi kalau kita tidak mau dikatakan gaptek, paling tidak memiliki koneksi internet sendiri, agar kita dapat dengan mudah mencari dan update informasi dengan cepat sehingga bisa melakukan banyak hal yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan internet.

5. Tidak Memiliki Email
Sebenarnya dengan hanya memiliki koneksi internet saja (tanpa memiliki akun apapun) sudah cukup untuk membuat kita dapat melakukan banyak hal. Tetapi itu hanya akan membuat kita sebagai pengguna internet pasif. Artinya hanya menggunakan tanpa menciptakan.

Seorang yang non-gaptek haruslah memiliki akun minimal Email. Ya, email seolah menjadi sebuah KTP bagi setiap pengguna internet (netizen). Jika tidak memiliki email, sama saja tidak memiliki identitas diri. Karena dengan email kita dapat membuat akun lain yang juga penting kita miliki seperti facebook, twitter, linkedin, google atau bahkan website pribadi agan.

6. Tidak Pernah atau Jarang Membaca Berita Teknologi
Informasi selalu berkembang setiap harinya. Orang yang non-gaptek harus up to date dengan informasi teknologi terbaru, misal ada inovasi apa di bidang smartphone, komputer, dan sebagainya.

Dari mana kita mendapatkan berita seputar teknologi? Terdapat banyak portal berita seperti google news, yahoo news, msn news, detikcom, kompas, liputan6 dan banyak lagi.

7. Tidak Bisa Menginstal Software
Melengkapi poin nomor 2 di atas, seorang yang non-gaptek seharusnya tidak hanya sekedar dapat menggunakan gadget, tetapi juga mampu memodifikasi. Modifikasi disini adalah dengan menambah (install) atau mengurangi (uninstall) aplikasi atau program yang ada di perangkat. Untuk Smartphone contohnya, tentu caranya tidak terlalu sulit. Karena sudah ada tempat khusus yang menyediakan banyak aplikasi smartphone seperti Play Store maupun App Store. Cara menginstalnya pun sederhana, hanya tinggal klik instal kemudian beres.

Seorang non-gaptek juga harus bisa menginstal program - program staganr di komputer seperti Microsoft Office, Browser, Pemutar Musik, Video, Software Desain Grafis dan lainnya. Selain itu juga harus tahu dimana atau bagaimana cara mendapatkan software - software tersebut.

8. Gagap Berbahasa Inggris
Bahasa internasional yang sudah disetujui untuk digunakan di semua negara adalah bahasa inggris. Banyak teknologi baru berasal dari luar negeri dan menggunakan bahasa inggris. Jadi mengetahui minimal pengetahuan dasar bahasa inggris itu penting untuk membuat agan seorang yang non-gaptek. Paling tidak agan dapat memahami sebuah artikel sederhana dalam bahasa inggris.

9. Tidak Bisa Mengetik 10 Jari
Apa yang ada di pikiran agan ketika orang mengetik di keyboard dengan teknik 10 jari? Kesan pertama adalah agan akan mengatakan orang tersebut non-gaptek. Banyak manfaat dari kemampuan mengetik 10 jari, diantaranya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri dan produktifitas agan.

agan tidak harus mengetik dengan cepat atau menggunakan teknik touch typing (mengetik tanpa melihat keyboard). Tapi cukup terapkan teknik 10 jari yang benar. Lambat laun agan akan hafal dengan sendirinya.

10. Tidak Kenal Dengan Simbah
Jika agan tidak tahu siapa simbah yang saya maksud berarti agan masih gaptek. Dengan mengenal simbah, agan dapat dengan mudah mencari segala bentuk informasi, berita, panduan dan lain sebagainya. Banyak orang yang hidupnya berubah dari tidak tahu apa - apa menjadi tahu banyak hal setelah menjalin hubungan yang dekat dengan simbah.

sumber: http://www.teknografis.com/2016/07/1...ng-gaptek.html
Diubah oleh harisv3 09-07-2016 11:28
0
2K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Website, Webmaster, Webdeveloper
Website, Webmaster, WebdeveloperKASKUS Official
23.3KThread4.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.