bear89800Avatar border
TS
bear89800
Makanan Yang Bisa Menyebabkan Keracunan Bahkan Kematian

https://media1.s-nbcnews.com/j/newsc...ed-desktop.jpg
Manusia makan untuk Hidup. Dengan banyaknya jenis makanan yang ada saat ini tentu membuat kita berpikir apakah makanan itu aman ? Terutama dengan banyaknya jenis makanan yang instan dan super sedap tapi masih menyisakan pertanyaan dalam benak mengenai aman atau tidaknya untuk di konsumsi.

Terlepas dari makanan instan ternyata ada juga beberapa makanan yang kita kira aman tapi justru berbahaya jika di konsumsi berlebih. Apa saja ya ?

1. Kayu Manis.

https://cdn.sindonews.net/dyn/620/co...-manis-4wA.jpg
Kayu manis biasanya di jual dalam 2 versi, yaitu Ceylon dan Cassia. 
Ceylon lebih mahal daripada Cassia makanya banyak orang yang lebih pilih Cassia. Kayu manis memang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika di racik dengan benar.

Di dalam kayu manis terdapat senyawa Coumarin, jika di konsumsi dalam jumlah kecil akan memberikan efek baik untuk tubuh kita tapi bakalan jadi masalah jika di konsumsi kebanyakan. Ahli percaya bahwa konsumsi zat ini secara berlebihan bisa memicu kanker dan masalah hati. 
Maka bagi mereka yang punya masalah hati harus mikir2 dulu sebelum mengkonsumsi.


2. Jamur.

https://www.bbcgoodfood.com/sites/de...-hub-image.jpg
Jamur emang enak, bentuknya berupa2 dan juga harga nya yang bervariasi. Jamur yang akan di konsumsi harus di kemas dengan baik, kesalahan ketika mengemas bisa menyebabkan jamur rusak sehingga jamur berlendir dan munculnya bakteri Botulinum. 
Bakteri ini biasanya di temukan di usus hewan dan dapat di temukan pada sayuran yang tumbuh dalam kondisi sempurna. 
Bakteri ini bisa mengacaukan sistem saraf. Jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah kecil memang tidak terlalu berbahaya tapi jika dalam jumlah besar maka bisa menyebabkan kesusahan bernafas dan kelumpuhan.


3. Kentang.
Source:https://www.todayshomeowner.com/images/article/ask-julie-are-green-potatoes-poisonous-1.jpg
Kentang termasuk sayuran yang memiliki potensi beracun tapi aman untuk dimakan. 
Salah satu kentang yang beracun adalah kentang yang memiliki warna hijau. Kebanyakan warna hijau ini muncul karena masalah paparan cahaya matahari tapi warna ini juga bisa menjadi pertanda meningkatnya racun solanine.

Jika solanine masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak maka bisa menyebabkan sakit kepala dan masalah pencernaan. Maka dari itu sebaiknya pilih2 kentang ketika beli. Hindari kentang yang memiliki warna hijau.


4. Buah Pala.

https://trubus.id/images/post/890-51...1522339724.jpg
Pala adalah bumbu yang digunakan dalam banyak masakan. Selain sebagai penyedap makanan juga di gunakan untuk mengobati masalah sakit perut seperti mual, diare dll.
Pala mengandung Myristicin, racun ini bisa menyebabkan banyak gejala seperti halusinasi, ngantuk, delirium bahkan pingsan. 


5. Singkong.

http://www.acepimg.com/images/kantor...am-lambung.jpg
Siapa yang gak kenal singkong. Selain di olah langsung untuk dimakan tapi sekarang ada juga yang sudah di olah pabrikan untuk di buat snack ringan.
Jika tidak di sajikan dengan benar maka singkong bisa membahayakan kesehatan. Di dalam singkong terdapat Linamarin, zat ini mirip seperti gula dalam strukturnya. Jika Singkong masuk dalam kondisi mentah ke dalam tubuh maka Linamarin akan di cerna dan berubah menjadi sianida yang mematikan.

Biasanya industri menggunakan sianida untuk membuat pupuk, pestisida dan bahkan digunakan juga untuk membuat senjata kimia.
Maka pastikan singkong yang kalian makan di olah dengan baik.


6. Mangga.

http://www.mango.org/wp-content/uplo...oose-mango.jpg
Mangga termasuk ke dalam keluarga Anacardiaceae, ciri tumbuhan ini adalah menghasilkan buah yang berdaging di bagian luar dan berbatu di bagian dalamnya.
Buah ini menghasilkan zat urushiol, zat putih yang merembes dari kulit buah mangga. Kebanyakan orang bisa menahan efek zat ini tapi ada beberapa juga bisa gatal-gatal bahkan kulit melepuh.


7. Burung Puyuh.

http://kuchnia-marty.pl/wp-content/u...5/3143.900.jpg
Unggas kecil ini biasa hidup dengan memakan biji-bijian dan serangga, biasanya mereka jarang terpapar racun tapi selama proses migrasi mereka sering memakan Hemlock. 

Hemlock adalah tumbuhan beracun tapi burung puyuh bisa tahan terhadap racun tersebut. Sayangnya manusia tidak bisa tahan terhadap racun itu. Banyak orang yang memakan puyuh tidak sadar bahwa makanan itu sudah terpapar racun. Muntah2 dan nyeri otot adalah efek samping racun tersebut.





tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
10.8K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.