Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

cangcimen26Avatar border
TS
cangcimen26
Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Halo agan-sista
emoticon-Haiemoticon-Hai emoticon-Hai

Rumah adalah kebutuhan primer. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan memilikinya sendiri, bukan ngontrak atau ngekost. Apalagi jika agan-sista sudah berkeluarga, memiliki rumah tentunya menjadi impian. Kalo masih single sih, masih bisa ikut tinggal bersama orang tua.

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Untuk memiliki rumah sendiri, agan bisa menempuh 2 macam cara; membeli rumah yang sudah jadi atau membangun sendiri. Cara mana ya, yang lebih murah dan menguntungkan? Simak thread ini sampai selesai, gan.

emoticon-2 Jempol

Membangun Rumah
Jika agan adalah seorang yang idealis dan kreatif, membangun rumah sendiri bisa mewujudkan hunian impian sesuai keinginan. Agan bisa memiliki rumah dengan ukuran, denah ruangan, hingga style yang sesuai dengan keinginan agan. Agan juga bisa memilih bahan-bahan bangunan dengan kualitas terbaik sehingga rumah terasa nyaman, memuaskan, dan terhindar dari kerusakan akibat kualitas bahan yang asal-asalan.

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Kekurangannya, membangun rumah sendiri mewajibkan agan memiliki tanah. Iya dong, kalo gak ada tanah, mau bangun di mana? Tapi, untuk tempat tinggal yang nyaman, tentunya ada faktor lain yang harus dipertimbangkan. Lokasi tanah dan kondisi sosial di sekitarnya akan mempengaruhi kenyamanan agan nantinya. Bagus kalo tanahnya berlokasi di tempat yang strategis dan lingkungan sosialnya positif. Coba kalo tanahnya berlokasi di tempat terpencil dan sepi, duh agak kurang cocok untuk hunian keluarga yang nyaman. Masalahnya, harga tanah di lokasi dan lingkungan yang bagus pasti tidak murah emoticon-Berduka (S)

Setelah memiliki tanah, agan juga harus memastikan surat tanah, IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan legalitas lainnya lengkap. Beda jika agan membeli rumah yang sudah jadi, tinggal cek rumah, lalu serah terima surat-surat.

Tinggal di rumah hasil rancangan sendiri memang memuaskan, tapi merancang rumah tidaklah sederhana, kecuali jika agan berkecimpung dalam dunia arsitektur. Selain menentukan desain, agan juga harus menetapkan biaya, memastikan biayanya cukup, memilih jenis material yang cocok, merekrut pekerja yang kompeten, dan lainnya. Salah perencanaan, bisa-bisa rumah impian agan malah gagal dan mengecewakan. Untuk menghindari kegagalan, agan bisa merancang dan merencanakan pembangunan rumah dengan mengandalkan bantuan arsitek atau kontraktor.

Agan juga bisa menggunakan internet untuk mengetahui berbagai informasi seputar membangun rumah. Mulai dari inspirasi, ide, tutorial, kontak arsitek, hingga kalkulator biaya pembangunan rumah. Misalnya website solusiholcim.com yang memiliki fitur simulasi pembiayaan rumah. So, agan bisa menghitung dan memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sendiri.

Satu kekurangan yang pasti ada dalam pembangunan rumah sendiri adalah butuh waktu. Jadi, agan harus sabar menunggunya selesai emoticon-Big Grin

Membeli Rumah Jadi
Secara umum, membeli rumah jadi sebenarnya lebih murah dan mudah. Agan tidak perlu sabar menunggu rumah selesai dibangun dan mengecek pengerjaannya. Bahkan jika tidak memiliki cukup uang untuk membelinya langsung, agan bisa mencicilnya. Apalagi sekarang banyak sekali bank yang bekerja sama dengan developer perumahan untuk menyediakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Selain itu, agan juga tidak akan diribetkan dengan urusan tanah dan lingkungan sekitarnya. Rata-rata developer sudah mengkondisikan lingkungan sekitar agar nyaman ditempati. Biasanya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat ibadah, mini/super market, taman bermain, pusat olahraga dan fasilitas umum lainnya. Belum lagi sistem keamanan yang mereka tawarkan dengan one gate system di mana akses keluar-masuk hanya terdiri dari satu gerbang dan dijaga ketat.

Mana yang Lebih Murah, Beli Rumah Langsung Jadi atau Bangun Sendiri?

Kekurangannya, rumah yang dibangun oleh developer memiliki bentuk dan desain yang seragam. Jadi, jika menginginkan desain yang berbeda, agan perlu biaya lebih untuk renovasi.

Selain itu, meskipun terkesan mudah, kenyataannya jika tidak teliti mengecek bangunan, agan bisa mendapatkan rumah dengan kualitas yang tidak baik. Tidak seperti membangun rumah sendiri di mana agan bisa melihat dan mengontrol langsung proses pengerjaannya. Ada juga lho, developer nakal yang menggunakan bahan kualitas rendah berharga murah demi mengakali biaya pembangunan emoticon-Cape d... (S)

Begitulah kira-kira gambaran kelebihan dan kekurangan membangun rumah sendiri versus membeli rumah jadi. Secara umum, membangun rumah membutuhkan kesabaran, sedangkan membeli rumah yang sudah jadi membutuhkan ketelitian. Buat agan-agan yang berniat memiliki rumah nih, lebih tertarik mana, membangun sendiri atau beli yang sudah jadi? Atau agan sudah memiliki rumah sendiri? Coba share dong pengalamannya buat kita semua di sini.
emoticon-Shakehand2
0
4.8K
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.