xenoprotonAvatar border
TS
xenoproton
Mengenal Gesits Sepeda Motor Listrik Karya Anak Bangsa


Lahirnya motor listrik Gesits, menunjukkan bahwa Indonesia mampu mengambil tempat di industri otomotif nasional. Selain itu, Gesits yang lahir dari kemitraan ITS Surabaya dan Garansindo menjadi contoh bagaimana hasil pengembangan di universitas bisa dibawa ke industri. ITS Surabaya, tempat lahirnya si Gesits, menjadi salah satu anggota konsorsium yang fokus dalam pengembangan kendaraan listrik selain Universitas Indonesia (UI),

Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Negeri Surakarta (UNS).
Produksi Gesits juga didukung Universitas Gajah Mada (UGM) untuk menangani recycle baterai, baterainya sendiri ditangani oleh Universitas Negeri Surakarta (UNS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menyuplai smartphone yang digunakan sebagai instrumen panel Gesits.

Motor listrik Gesits telah sukses menjalani uji jalan pertama sejauh 1.400 kilometer dari Jakarta menuju Bali pada 7-12 November 2016 lalu. Kini, motor yang dipatok dengan harga kurang dari Rp 20 juta, sudah dipesan sekitar 25 ribu unit. Uji jalan selanjutnya akan dilaksanakan sejauh 60.000 kilometer pada September-Oktober 2017. Motor listrik ini diharapkan mulai dipasarkan pada 2018.

Perjalanan Gesits memang masih panjang. Sebab, perlu ada pasar yang jelas agar motor listrik garapan anak bangsa itu bisa kompetitif di pasaran. Di sinilah peran pemerintah diharapkan seperti diungkapkan oleh Agus Purwadi, Ketua Tim Mobil Listrik Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada kumparan (kumparan.com) pada Kamis (30/3).

"Masalahnya bisa tidak pasarnya diciptakan sekaligus dilindungi, artinya fasilitas regulasi dari pemerintah terhadap merek lokal," papar Agus.



https://kumparan.com/@kumparanoto/ge...ya-anak-bangsa

Sayang desainnya belum sekeren Tesla...semoga ke depan bisa di rilis model yang lebih keren dan lebih elegan..
Diubah oleh xenoproton 15-05-2018 09:31
0
12.9K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.