• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sarung Shalat, Antara Berserah Diri dan Komersialisasi (Fotonya Bikin Gagal Fokus)

iskrim
TS
iskrim
Sarung Shalat, Antara Berserah Diri dan Komersialisasi (Fotonya Bikin Gagal Fokus)


[ HT# 325 ]
emoticon-I Love Kaskus


Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah tentu menjadi bulan yang dinanti-nanti umat muslim di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, karena di bulan ini segala perbuatan dan amal baik kita akan di terima dan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt, langsung! emoticon-Frown Aamiin. Berkaitan dengan ibadah tentu tak lepas dengan yang namanya seperangkat alat shalat seperti sarung, peci, mukena dan sajadah, tapi belakangan ini perangkat shalat mulai trend di bubuhkan merek, logo, dan atau gambar tertentu dengan di bordir atau disablon. Lalu bagaimana hukumnya menurut padangan Islam, apa dan bagaimana, ya?

Kalau kita kembali ke hukum syarat sahnya shalat memang tidak dijelaskan secara mendetail apakah perangkat shalat jika dibubuhi stempel/ merek, logo apalagi gambar, diperbolehkan atau tidak karena mengingat di zaman Rasullullah SAW penempatan merek, logo, dan atau gambar memang belum atau tidak ada, kini zaman telah berubah, hampir segalanya dikomersilkan termasuk seperangkat alat shalat dan mirisnya lagi masuk hingga keurusan ibadah yang secara aktual manusia sedang terhubung vertikal langsung dengan sang Khaliq.



Dasar Pelarangan Gambar Dalam Islam



Fenomena alat ibadah ditempelkan berbagai merek, logo, dan atau gambar kini sepertinya marak, tapi sebetulnya Islam telah secara tidak langsung sudah menjelaskan bahwa:

Quote:


Berdasarkan dari kutipan di atas maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa selama gambar apapun itu asalkan pada posisi rata dengan lantai maka bisa/ boleh digunakan, bila itu berupa gambar mahluk hidup bisa hewan atau tumbuhan maka lipatlah sedemikian rupa hingga bentuk nya tak terbentuk seperti semestinya.



Lalu bagaimana dengan aturan merek, logo, dan atau gambar?



Kangen suasana taraweh seperti ini bareng teman-teman

Menurut saya pribadi selama aturan seperti diatas dilakukan berarti diperbolehkan, dan ini lebih kepada tata tertib dalam beribadah.

Dari segi tatatertib dan kepatuhan dalam beribadah baik didalam mesjid dan dimanapun demi tercapainya amalan shalat dan doa kita maka diperlukan kekushu'an dalam melakukannya. Ya, saya sendiri sangat amat memahami cara orang bermacam-macam untuk mencapai sikap kekushuan ketika shalatnya, ada yang hanya memejamkan matanya, ada yang fokus pada satu titik pandangan, ada yang fokus pada apa yang di bacanya, dan masih banyak lainnya.

Permasalahan mulai akan timbul manakala ada tipe orang yang ketika shalat dia terbiasa memandang kebawah, apa yang dilihat ketika melihat kebawah maka mungkin secara tidak segaja melihat orang yang didepannya menggunakan sarung yang terlihat merek sarungnya, logo atau gambar, maka secara tidak langsung tatapan ini akan mengganggu kosentrasi shalatnya. Inilah yang menurut saya menjadi ganjalan, kosentrasi jadi terganggu, maka dikhawatirkan nilai kekhusuan kita akan jadi berkurang. Nah hal inilah yang harus difikirkan kembali bagaimana produsen membuat produk seharusnya tidak perlu sampai menonjolkan merk, logo dan gambar yang secara jelas terlihat cukup mengganggu.

Apakah para produsen terfikirkan akibat yang ditimbulkan karena hal ini, semoga saja tidak hanya 'keuntungan' saja yang difikirkan tapi tatatertib peletakkan merk, logo dan gambar lebih difikirkan lagi, bukan hanya persoalan estetika saja tapi tatatertib, hukum, dan nilai-nilai kaidah ibadah musti tetap menjadi benang merahnya.



Menurut saya sih simple saja sih sebenarnya, siapa sih yang tidak ingin shalatnya bisa khusu' meski sekali seumur hidupnya emoticon-Frown , maka supaya tidak mengganggu kosentrasi orang lain dan kita bisa beribadah dengan tenang dan tentunya khusu' alangkah baiknya menutup atau dilipat saja (posisi dibalik) bagian merek, logo, dan atau gambar di sarung tersebut.

Dan saran saya sih buat para produsen perangkat alat shalat kalau memang masih tetap ingin memasang merek, logo, dan atau gambar buatlah warna yang lebih tersamar saja, bukan terlihat menonjol seperti sekarang ini, saya perhatikan merek, logo, gambar ukurannya semakin membesar dengan warna kontras (rejeki nggak akan kemana, kok).





emoticon-Nyepi

iskrim dan keluarga,
Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa
Semoga Puasa Di Tahun Ini Kita Bertambah Khusu', Berkah
Dan Setelahnya menjadi pribadi yang Zuhud, Qanaah, Tasamuh, Istiqomah
"Aamiin Yaa Robbal'alamiin"




BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN

[ HT# 323 ]



Ternyata Begini Cara Pakai Tisu Galon yang Benar





guk



MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM
Web Blog: iskrim.com
Web WP: dulandroid.com
FB: Facebook/iskrim
Instagram: iskrimkaskus
Line: Iskrimkaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2017 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Thread Creator - KASKUS




sumur : iskrim. com | sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 14-05-2018 10:46
0
17.9K
139
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.