Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.nona.Avatar border
TS
.nona.
5 Hewan Beracun Yang Sangat Berbahaya


Apakah kalian tahu tidak hanya hewan bergigi tajam dan karnivora saja yang berbahaya. Jenis hewan kecil yang biasa kita jumpai ternyata juga memiliki racun yang berbahaya bahkan mematikan.

Seperti yang dilansir dari sumber youtube.com/TheShinyPeanut (23/03/2018) berikut ini adalah 5 hewan kecil yang ternyata sangat beracun dan mematikan.

Tetapi sebelum kalian menuju ke nomor 5, alangkah baiknya klik dahulu tombol IKUTI agar kalian bisa terus mendapatkan informasi terbaru seputar artikel sains dan ilmu pengetahuan dari channel ini.



5. Kadal air kulit kasar



Pada tahun 1960 tiga pemburu asal Oregon ditemukan meninggal di area perkemahan karena diduga mereka meminum kopi yang sudah terkontaminasi kadal mati di ceret kopi mereka.

Ternyata kadal tersebut bukan kadal biasa. Kadal tersebut merupakan Rough Skinned Newts, atau kadal air kulit kasar.

Dikutip dari Washingtonpost.com kadal ini memiliki racun yang sangat berbahaya dan bahkan efeknya 10 ribu kali lebih kuat dari racun sianida.

Kadal air ini banyak ditemukan di pantai barat Amerika Serikat. Kadal ini berkulit kasar dan memiliki warna tubuh gelap di bagian atas di bagian tubuh bawah berwarna orange untuk membantu berkamuflase di lingkungan hutan.

Sebenarnya kadal ini tidak akan beracun kalau hanya dipegang. Tetapi akan sangat berbahaya sekali jika dikonsumsi.

4. Lalat Tsetse



Kita sering sekali kan menjumpai lalat? Kalau lalat yang biasa kita temukan mereka biasanya menyebarkan virus yang dapat menganggu pencernaan, tetapi beda sekali dengan lalat yang satu ini.

Lalat Tsetse adalah lalat yang terdapat di benua Afrika dan menyebarkan virus kantuk yang berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dilansir dari Dailymail, lalat Tsetse memiliki gigi yang tajam dan kasar yang digunakan untuk mengunyah kulit saat mengigit. Lalat ini menyebabkan penyakit tidur dan hal ini sering terjadi di 36 negara sub-sahara Afrika.

3. Platypus



Hewan yang memiliki moncong yang mirip bebek ini ternyata memiliki racun juga. Platypus merupakan hewan kecil yang pemalu dan termasuk unik karena penampilannya.

Ia memiliki moncong yang lunak dan ditutupi dengan ribuan reseptor yang membantu Platypus mendeteksi mangsa mereka.

Tetapi di balik kelucuan hewan ini Platypus memiliki kelenjar beracun pada kaki belakangnya yang digunakan untuk memberikan pukulan beracun yang kuat pada musuh manapun yang membuatnya merasa terancam.

Jika tertusuk, kalian akan merasakan sakit yang luar biasa. Lukanya akan membengkak dan kalian tidak bisa melakukan aktivitas karena demam tinggi.

2. Burung Pitohoui



Burung yang satu ini kelihatan cantik kan? Berasal dari Papua Nugini burung Pitohoui ini memiliki warna khas yang sangat cantik.

Tetapi di balik keindahannya ada kandungan neurotoksin. Racun yang berada di paruh, cakar, dan juga bulu ini berguna sebagai pelindung diri dari parasit serta hewan pemangsa burung.


1. Katak panah beracun



Katak cantik ini mengeluarkan racun sebagai pertahanan diri terhadap serangan predator yang bisa membunuh dengan sekali sentuh.

Racun ini dihasilkan oleh semacam kelenjar khusus yang terletak di bawah kulit. Kelenjar ini berasal dari senyawa kimia alkaloid yang ada di hewan katak panah makan.

Jenis katak panah beracun yang berwarna cerah ini memiliki racun paling berbahaya dan sering memperingatkan mangsanya dengan pola aposematik.



Itulah tadi 5 hewan kecil yang ternyata sangat beracun dan mematikan. Dari kelima hewan di atas tadi, kira-kira kalian masih berani tidak untuk mencoba mendekatinya? Lain kali tetap waspada ya.

Jangan lupa untuk memberikan komentar kalian di bawah, jika kalian mempunyai referensi unik dan pembahasan menarik lainnya dalam bidang sains dan ilmu pengetahuan.

Referensi:

Youtube Channel The Shiny Peanut

Disadur dari Ridwan Maulana

emoticon-Angel

0
13.1K
81
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.