• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Ibukota Provinsi Ini Tidak Punya Bioskop, Mau Nonton Terbang ke Provinsi Tetangga

processingAvatar border
TS
processing
6 Ibukota Provinsi Ini Tidak Punya Bioskop, Mau Nonton Terbang ke Provinsi Tetangga


Nonton film di bioskop saat ini bukan lagi sekedar kebutuhan belaka, tapi sudah jadi bagian gaya hidup. Rasanya mustahil, kota besar mana di Indonesia yang tidak punya bioskop di Indonesia. Terutama Ibukota provinsi yang kerap disebut sebagai pusat keramaian, ekonomi dan bisnis. 

Jaringan bioskop besar seperti XXI, Cinemax dan CGV ramai menghiasi mal-mal megah di kota, minimal di setiap kota besar ada satu bioskop, jika level kotanya lebih besar, bisokopnya lebih banyak, seperti jamur di musim hujan.

Tapi ternyata, tidak semua ibukota provinsi di Indonesia punya bioskop lho. Bahkan di kota-kota di provinsi tersebut tidak ada bioskop sama sekali. Tidak ada XXI, Cinemax atau CGV. Jika ada juga bukan bioskop tiga jaringan besar tersebut, tapi bioskop lokal.

Kota apa saja sih? yuk simak!

1. Banda Aceh 

Sebagai Ibukota Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh otomatis menjadi kota terbesar di provnsi ini. Namun jangan harap menemukan bioskop di Banda Aceh. Sebetulnya pada 1990an di Banda Aceh ada beberapa bioskop yang selalu ramai pengunjung seperti  Bioskop Rex, Merpati dan Boskop Merpati. Tapi harus gulung tikar lantaran tsunami dan pro kontra kehadiran bioskop di Provinsi Serambi Mekah ini.

Jika ingin menonton film bioskop, muda-mudi Banda Aceh harus terbang ke provinsi tetangga seperti ke Kota Medan atau Binjai.

2. Pangkal Pinang


Masih di Sumatera, yakni Provinsi Bangka Belitung. Di Ibukotanya Pangkal Pinang tidak ada jaringan bioskop besar seperti XXI, Cinemax atau CGV. Yang ada hanyalah bioskop lokal BES Cinema yang memutar film-film terbaru. Bioskop ini selalu penuh karena memang satu-satunya di provinsi ini.

3. Tanjung Selor

Pernah dengan nama Tanjung Selor? kota ini adalah ibukota provinsi Kalimantan Utara. Semenjak berpisah dengan dengan Kalimantan Timur, Tanjung Selor dipilih sebagai ibukota provinsi, sayangnya bukan kota besar, mealinkan hanya kecamatan kecil yang juga ibukota Kabupaten Bulungan. Otomatis pusat keramaian di sini belum terlalu menggeliat.

Sementara kota besar di Kalimantan Utara adalah Tarakan, namun lagi-lagi juga belum ada bioskop. Tapi kabar baiknya, Bioskop XXI pertama di Kalimantan Utara akan segera dibuka di Grand Tarakan Mall pertengahan 2018 ini. Horee.

4. Mamuju

Serupa dengan Tanjung Selor, Mamuju adalah kecamatan kecil yang menjadi Ibukota Provinsi Sulawesi Barat hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Tidak ada bioskop di kota kecil ini. Untuk menonton film-film terbaru, orang-orang Sulawesi Barat harus berkunjung ke Palu atau Makassar.

5. Sofifi

Hah, Sofifi? Ibukota Bulgaria?! bukan itu Sofia! hahaha. Intermezo dikit. Sofifi adalah Ibukota Provinsi Maluku Utara. Kendati kota terbesar di sini adalah Ternate, tapi Sofifi lebih dipilih jadi ibukotanya. Baik Ternate maupun Sofifi belum ada bioskop, tapi dalam waktu dekat, rencananya biskop akan segera beroperasi di Ternate dan saat ini masih dalam tahap pembangunan. CMIIW.

6. Manokwari 

Yang terakhir adalah Kota Manokwari di Papua Barat. Kota Manokwari menjadi salah satu kota paling maju di tanah Papua, tapi sayangnya belum ada jaringan bioskop di sini. Tapi,untuk menikmati film, warga Kota Manokwari masih bisa melancong ke Kota Sorong dan meonton Mix Cinema and Cafe yang punya studio premium berkapasitas 18 orang. 

Wah, semoga kota-kota di atas segera punya bioskop ya.

Sumber artikel & Foto
- Pengalaman pribadi
- Hasil jelajah di Google Maps
- Tirto.id
Diubah oleh processing 04-05-2018 09:29
0
26.9K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.