omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
OJK: Perbankan Kuat Meski Rupiah Tembus Rp 20.000 per Dolar AS
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Wimboh Santoso menyatakan kondisi perbankan Indonesia di Triwulan I -2018, dalam kondisi yang baik dan mampu bertahan di tengah pergerakan nilai tukar rupiah yang terus melemah. Bahkan, jika rupiah sampai menembus level Rp 20.000 per dolar AS.

"Dari regulator sudah melakukan stress test, bahkan hingga mendekati level Rp 20.000 per dolar Amerika Serikat, kondisi perbankan kita masih cukup kuat," ujar Wimboh saat menggelar konferensi pers di gedung Bank Indonesia, Jakarta pada Senin, 30 Mei 2018.

Baca: Rupiah Melemah, Jokowi: Fundamental Ekonomi Kita Baik

Begitu pula dengan stress test terhadap suku bunga, lanjutnya, dengan asumsi suku bunga kredit mengalami kenaikan dalam batas tertentu, kondisi perbankan masih cukup kuat.

Seperti diketahui, pekan lalu kurs rupiah sempat menembus Rp 14.000 per dolar AS, diikuti dengan anjloknya saham di bawah level 6.000. BI kemudian mewacanakan akan menaikkan suku bunga acuan untuk menjaga stabilitas makroekonomi.

Beberapa indikator yang menunjukkan kondisi perbankan baik, ujarnya, di antaranya tercermin dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) yang berada di level 22,67 persen. "Rasio kredit bermasalah atau NPL juga masih berada di bawah 5 persen dan cenderung menurun," ujar Wimboh.

Dari data tersebut, OJK menjamin kondisi perbankan bisa bertahan, bahkan jika kurs rupiah menembus level Rp 20.000 per dolar AS. Saat memaparkan hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang hadir bersama Wimboh dalam konferensi pers tersebut buru-buru menimpali. "Tapi kita tidak berharap rupiah tembus Rp 20 ribu lho," ujar Sri Mulyani sedikit berkelakar.

https://bisnis.tempo.co/read/1084632/ojk-perbankan-kuat-meski-rupiah-tembus-rp-20-000-per-dolar-as

perbankan "mungkin" kuat

tapi masyarakat yg ga kuat anjengemoticon-Big Grin

kalau konsumen ga ada daya beli efeknya bakal domino ke pengusaha besar sekalipun
0
2.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.