blackzancrowAvatar border
TS
blackzancrow
Awas, Katikih Semut Paling Berbahaya Di Borneo




Malem Gan Sis kali ini ane mau share tentang semut paling berbahaya diKalimantan, bukan semut merah bukan juga semut hitam apalagi semut rang rang emoticon-Big Grinmelainkan semut Salimbada atau biasa disebut sama orang lokal Kalimantan samut Katikih. Sebelum pokok pembahasan kita intro dulu yak seputar persemutan emoticon-Embarrassment

Quote:




Lasius Fuliginosusatau aka semut salimbada(katikih) adalah jenis semut besar (seukuran semut merah rang-rang) berwarna hitam kemerahan yang bersarang atau berkoloni di dalam tanah, jenis semut ini adalah yang paling dihindari oleh masyarakat Kalimantan karena gigitannya yang terkenal amat menyakitkan. Salimbada sangat agresif menyerang apabila merasa terganggu koloninya. Namun demikian koloni semut Salimbada ini sebenarnya amat jarang menampakkan diri, koloni ini akan menampakkan diri berjalan beriringan di atas permukaan tanah dari satu sarang untuk pindah ke sarang lain di dalam tanah apabila secara insting mereka merasa sarang koloninya akan terendam akibat hujan deras yang akan segera turun. Penyebab lain yang mengakibatkan koloni Salimbada ini keluar dari sarang adalah adanya rangsangan berupa bau yang berasal dari organisme (hewan) mati terutama ikan yang berada di sekitar sarang koloni.



Keberadaan koloni Salimbada ini bisa ada di mana saja baik lingkungan perkotaan ataupun lingkungan pedesaan. Salimbada ini termasuk jenis hewan predator dengan mangsa hewan lain dari jenis apa saja baik serangga, cacing, ikan, katak, bahkan koloni ini sanggup menghabiskan seekor itik ataupun ayam di dalam kandang dalam satu serangan malam hari. Meskipun demikian, koloni kejam ini memiliki sisi baik yaitu, entah karena sebab apa koloni semut Salimbada ini tidak akan pernah mau naik atau lepas dari permukaan tanah (mis: merambat di dinding rumah atau pagar), dan mungkin oleh sebab itu maka ada bentuk kearifan konstruksi rumah panggung di Kalimantan dengan tujuan disamping menghindari banjir juga untuk menghindari Salimbada.

Quote:


Ide kepala sendiri
Sumber : googleimage,wikipedia, http://nurindarto.blogspot.in/2015/0...ering.html?m=1


0
36.9K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.