indraajipAvatar border
TS
indraajip
Mobil MPV untuk Keluarga Indonesia, Apa saja Pilihannya?
Masyarakat Indonesia terkenal akan kebersamaannya. Dalam memilih mobil, konsumen biasanya mencari mobil dengan kapasitas angkut penumpang yang besar.

Kendaraan dengan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi favorit konsumen di Indonesia yang biasa bepergian bersama keluarga besarnya.
Segmen mobil dengan kapasitas 7 penumpang pun menduduki posisi terbesar dalam penjualan kendaraan dari tahun ke tahun.
Tiap merek pabrikan berusaha menghadirkan MPV tersebut kedalam macam - macam segmen, mulai dari bawah, menengah hingga segmen high atau MPV semi premium. Dari ketiga segmen tadi, konsumen terbanyak hadir pada kelas bawah yang diwakili Low Cost Green Car (LCGC) dan menengah melalui Low MPV.

Konsumen MPV biasanya mencari kendaraan yang harganya cukup terjangkau dengan fitur atau fasilitas lengkap. Dengan rentang harga antara Rp 120-250 jutaan, konsumen bisa memilih mobil 7 penumpang keluarga sesuai dengan selera mereka.
Untuk itu, berikut adalam enam MPV dengan kapasitas tujuh penumpang terbaik yang bisa dijadikan pertimbangan jika anda ingin mencari mobil MPV:

1. Toyota Avanza

MPV sejuta umat ini kali pertamanya diluncurkan pada ajang Gaikindo Expo pada 2003 silam, dibanderol dengan harga sekitar Rp60-100 jutaan.Nama Avanza di ambil dari bahasa Italia, Avazanto, yang berarti Advance atau maju.




Toyota pada 2015 melahirkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz sebagai generasi baru dari Avanza. Selain evolusi pada sisi desain yang kini berwajah ala bahasa desain Toyota, pembaharuan juga meliputi teknologi mesin. Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz dijejali mesin baru 1.300 cc dan 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih di klaim lebih irit.

Untuk mesin 1.300 cc berkode 1NR-VE, dan 1.500 cc berkode 2NR-VE. Mesin 1.300 cc menghempaskan tenaga sebesar 96.5 dk, dengan versi mesin 1.500 cc sanggup memuntahkan sekitar 104 dk. Kedua mesin ini dikimpoikan dengan opsi transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

MPV ini dijual dengan rentang harga Rp 188.450.000 sampai Rp 239.300.000.


2. Daihatsu xenia

MPV favorit lainnya yang bisa Anda lirik yaitu Daihatsu Xenia. Daihatsu meluncurkan Xenia berbarengan dengan Toyota saat merilis Avanza. Permintaan pasar yang masif akhirnya membuat Daihatsu pada pertengahan 2006 mengeluarkan Xenia model baru atau generasi kedua, yang merupakan pengembangan dari model sebelumnya.





Perbedaan yang mencolok ada di area dapur pacu, jika sebelumnya mengusung mesin 1.3L (Xi) dan 1.0L tiga silinder (Mi dan Li), untuk tipe terbaru menggondol tipe mesin VVT-i.



Varian Xenia terbaru dibagi menjadi empat, yaitu D, M, X, dan R.
Varian ini mengalami perubahan dari sebelumnya yang berupa Xi, Li, dan Mi. Untuk varian D, M, dan X disediakan transmisi manual dengan 5 percepatan. Sedangkan untuk varian Xenia R tersedia dalam dua tipe transmisi, manual dengan 5-percepatan dan otomatis dengan 4-percepatan. Sementara itu, untuk model M, X, dan R dibagi lagi ke dalam beragam varian, yakni Deluxe, Sporty, dan Attivo (hanya untuk tipe R).

Perbedaan dari keempat varian tersebut hanya pada segi desain eksterior dan fitur-fitur pendukungnya.Area kabin menjadi bagian yang cukup banyak mendapatkan sentuhan, karena dimaksudkan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berkendara.

Daihatsu Xenia dengan model terbaru yg sama dengan avanza terbaru, dijual dengan rentang harga Rp 180.450.000 sampai Rp 213.300.000.


3. Suzuki Ertiga

Suzuki telah malang melintang sejak lama dengan berbagai produk van atau MPV. Khusus untuk MPV tujuh penumpang, merek berlogo huruf S ini memperkenalkan Ertiga. Mengusung konsep sebagai kendaraan keluarga yang dilengkapi dengan fitur-fitur andalan, Ertiga langsung mendapatkan respon positif bagi konsumen otomotif di Tanah Air. Minibus keluarga yang mengandung unsur kendaraan aman, mewah, irit, dan nyaman.




Di tahun 2018 ini, Suzuki melakukan perubahan besar pada mobil Ertiganya ini Suzuki Ertiga-nya yang kini semakin lega, bertenaga dan canggih.

Eksterior Suzuki Ertiga kini melar dengan keseluruhan panjang menjadi 4.395 mm, lebar 1.735 mm, namun tingginya turun menjadi 1.690 mm dan wheelbase yang tetap sama di angka 2.740 mm. Artinya All New Suzuki Ertiga memiliki kabin yang lebih luas, namun tidak ikut-ikutan tren crossover yang punya tinggi diatas rata rata MPV. Kemudian Ertiga juga tetap kompak dari segi dimensi mengingat LMPV seperti Mobilio dan Xpander yang hampir mencapai 4.5 meter.
Desain Suzuki Ertiga terbaru kini memiliki bahasa baru yang lebih mengintimidasi, berbeda sekali dengan bahasa desain Suzuki yang umumnya terlihat manis seperti anak baru di sekolah. Lampu depannya kini terpisah antara high beam dan low beam. Untuk low beam-nya kini Ertiga 2018 sudah dilengkapi dengan projector dan lampu sein kini diletakan di dekat grille.
Dari samping kita disuguhi lekukan yang lebih tegas mengikuti desain garis depannya. Untuk varian GX terdapat sebuah tombol push start stop engine di sisi driver, chrome door handle dan pilar D model floating roof yang menyambung ke kaca pintu belakang.

Tampilan belakangnya kini dilengkapi dengan lampu LED yang menyambung ke bagian atas, kita sudah mendapatkan 2 buah parking sensor, dengan kamera mundur diberikan sebagai aksesoris tambahan. Di bagian belakang ini profil Suzuki Ertiga terlihat lebih besar sehingga ketika membuka bagasi belakangnya, kita menemukan kursi baris ketiga yang lebih proper dan bagasi yang kini lebih luas dengan konfigurasi pelipatan kursi belakang 50:50 dan tetap rata lantai sampai ke baris tengah.
Fitur baru yang menjadi unggulan di mobil ini dibandingkan kompetitornya ada pada cup holder pada bagian depan tuas transmisi yang kini memiliki ventilasi AC untuk menjaga suhu minuman tetap dingin, setir model flat bottom dengan panel kayu dan warna jok two tone. Fitur -fitur lain yang disematkan seperti ISOFIX seat, power outlet di kursi belakang, dual SRS Airbag, ESP dan ABS, EBD tetap dipertahankan dari model sebelumnya.
Untuk urusan mesin, kita mendapatkan powertrain baru dengan kode K15B yang masih memiliki basis yang sama dengan K14B. Tenaganya meningkat cukup signifikan menjadi 104 Ps di 6.000 Rpm dan torsiya kini menjadi 138 Nm di 4.400 Rpm. Mesin yang memiliki Multi Point Injection ini sudah memenuhi standar Euro 4 dari segi emisi. Klaim konsumsi bahan bakar yang di berikan Suzuki sebesar 16.73 km/liter untuk transmisi automatic dan 18.06 km/liter untuk varian manual.
Namun Suzuki belum mau membocorkan harga dari Ertiga terbarunya ini… hmm kira – kira berapa ya?


4. Toyota Calya

Pendatang baru dari Toyota yang satu ini langsung mendapat respon positif dari konsumen. Bagaimana tidak, Calya dipasarkan di kelas LCGC namun mengusung spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan saudaranya yakni Avanza.



Dari sisi penampilan, Calya memperlihatkan desain modern Melihat sosok Calya, bisa terbayang kombinasi Avanza-Innova. Lampu depannya dirancang dengan sudut yang tajam bahkan bisa dikatakan hampir mirip dengan Toyota Avanza. Sisi buritan bergaya ala All New Innova dengan lampu berdesain boomerang yang dikombinasikan dengan reflector horizontal di pintu bagasinya.

Urusan tenaga, Toyota hanya menyiapkan satu mesin untuk Calya, yakni 1.200 cc dengan kode 3NR. Mobil keluarga 7 penumpang ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan standar seperti seatbelt 3 titik dan dual airbag serta fitur hiburan yang tentunya akan membuat pengguna merasa nyaman saat perjalanan jauh.
Toyota Calya dijual dengan rentang harga Rp. 132.450.000 sampai Rp. 150.000.000.


5. Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra merupakan kembar identik dari Calya, memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Dengan kata lain, mobil ini hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm bila dibandingkan dengan Xenia.



Urusan tenaga, Daihatsu menyiapkan dua mesin untuk Sigra, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc seperti pada Toyota calya

MPV murah ini dijual dengan rentang harga Rp 106.600.000 sampai Rp 147.350.000.


6. Mitsubishi Expander


Mitsubishi Xpander masuk dalam pilihan 10 Mobil MPV termurah di Indonesia, bukan tanpa alasan mengingat sejak pertama kali muncul di GIIAS 2017, Xpander mampu mencuri perhatian para pecinta mobil keluarga dengan seven seater. Mobil ini memiliki bentuk yang benar- benar beda di kelasnya, terlihat futuristic




Mesin yang digunakan pada xpander berkapitas 1.500cc yang dilengkapi teknologi MIVEC DOHC dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual dengan 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Mitsubishi Xpander hadir dengan enam varian, dari mulai varian termurah yang di banderol dengan harga Rp 189.000.000,- hingga varian termahal dengan harga Rp 245.300.000,-. pada saat di luncurkan. Namun harganya kini telah mengalami kenaikan 2 kali, dan juga daftar indent yang tidak kunjung selesai,serta permasalahan mesin tentang idle up yang tidak stabil yang dianggap berbahaya yang belum ada penyelesaiannya menjadi masalah tersendiri yang sedang dialami oleh xpander ini.


Itulah 6 macam MPV yang mungkin bisa jadi pertimbangan untuk anda dan keluarga anda yang sering jalan - jalan bersama. Namun apakah anda ada pilihan mobil lain??? moggo beri masukan mobil mpv lainnya!
0
18.9K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.