Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khloekarmikeAvatar border
TS
khloekarmike
Harga Pakan Ternak Naik Gara-gara Rupiah Tembus Rp 14.000
Harga Pakan Ternak Naik Gara-gara Rupiah Tembus Rp 14.000

Harga Pakan Ternak Naik Gara-gara Rupiah Tembus Rp 14.000


Jakarta - Dolar Amerika Serikat (AS) terus mencatatkan penguatan. Akibatnya, beberapa sektor kebutuhan terkena dampak langsung dari penguatan dolar, seperti industri pakan ternak. Apakah kondisi ini bisa bikin pakan ternak naik?

"Kalau kombinasi antara kenaikan harga komoditas dan depresiasi rupiah, itu bisa saya hitung itu seharusnya, itu harga pakan akan naik 10%," kata Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Sudirman saat dihubungi detikFinance, Selasa (8/5/2018).

Dengan adanya kenaikan harga jual pakan ternak, dikhawatirkan hargu jual daging ayam akan ikut menanjak seiring meningkatnya biaya produksi yang disumbang kenaikan harga pakan tersebut.

"Artinya kalau misalnya harga pakan Rp 6.500-7000/kg nanti kenaikannya bisa kalau nggak ganggu struktur biaya itu harusnya naik jadi Rp 6.550-7.700/kg," beber dia. 

Kenaikan harga pakan akibat penguatan dolar AS tersebut, kata dia, akan sulit dihindari mengingat perusahaan pakan masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya seperti jagung dan bungkil kedelai.

"Industri pakan ternak itu komponen antara 75-80% (impor). Salah satu contoh bahan baku yang paling kena adalah bungkil kedelai, itu dari Argentina dan Brasil impor. Komoditas ini bukan hanya terdampak karena dolar yang naik tapi juga ada internasional marketnya juga naik, jadi ini sudah jatuh tertimpa tangga," kata dia.


"Bungkil kedelai itu 2 bulan lalu Rp 5.200/kg skarang lokal market Rp 7.600/kg itu naiknya Rp 2.400/kg naiknya. Padahal pemakaian bungkil kedelai di pakan itu 25% jadi, Rp 2.400 x 25% jadi Rp 600 perak. Itu baru bungkil belum depresiasi rupiah bisanpotensi naik 10%," tandas dia. 

https://m.detik.com/finance/berita-e...embus-rp-14000

Harga pakan ternak naik ➡️harga daging naik

Nunggu nasihat salah satu menteri kebanggaan kitak kitak. "Ayo Rakyat Indonesia, Mari Kita Sukseskan Gerakan Masyarakat Sehat Dengan Menjadi Vegetarian" emoticon-Ultah
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1.9K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.