c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Melihat Pabrik Pemotongan Ayam


Pemotongan ayam skala besar tentunya berbeda dengan cara manual perlu tenaga mesin yang canggih untuk menggerakkan, banyak sekali teknologi canggih yang diciptakan untuk mendukung dari proses pemotongan hewan berkaki dua ini.



Pemotongan ayam di pabrik memang tak sesulit yang kita kira dengan teknologi mesin tentunya akan mempermudah pekerjaan serta waktu tentunya.

Dari proses yang bersih dan rapih memang pekerjaan mesin memang lebih baik dari tangan manusia, tapi bukan berarti semuanya dikerjakan oleh mesin ada pekerjaan manual yang dilakukan oleh tangan terampil manusia.



Proses yang dilakukan tergolong cepat dan rapih, ayam hidup diambil dari keranjang kemudian dijantur ketiang penyangga kemudian ayam pun berjalan dengan tenaga mesin menuju tempat penjagalan, namun sebelumnya ayam hidup disemprot air dahulu hingga bersih dan bulunya basah baru masuk tempat penjagalan. Di tempat inilah ayam dipotong secara manual oleh algojo hewan, kemudian ayam kembali berjalan ke tempat perebusan dengan air panas.

Setelah itu mereka pun berjalan perlahan menuju tempat pembersihan bulu, setelah keluar dari pembersihan bulu ayam tersebut mulai memasuki tahap selanjutnya yaitu pemisahan kepala dan kaki.



Lalu ayam pun berjalan menuju tempat pembersihan isi jeroan, seperti hati dan usus dan sebagainya hal ini dilakukan secara manual. Kemudian ayam pun menuju tempat pengecekan lebih dahulu terhadap isi jeroan yang sudah bersih tadi.

Kemudian ayam pun dijatuhkan ke dalam air pencucian terakhir, hingga kembali ditiriskan dengan digantung kembali ke tiang peyangga untuk di tiriskan.

Setelah daging ayam bersih dan sudah ditiriskan ayam pun dijatuhkan kembali ke penampungan, disinilah tahap akhir dari proses pemotongan hewan yaitu ayam dimasukkan ke dalam plastik setelah itu masuk ke area pendingin untuk segera di paketkan ke pasar modern yang ada di banyak tempat.



Bagaimana menurut kalian, ternyata proses pemotongan ayam ini tidak sesulit yang kita kira bukan, dengan teknologi canggih yang dimiliki memang industri penyediaan ayam potong tak akan pernah mati. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian ya sobat, setidaknya yang belum tahu menjadi tahu, yang sudah tahu lebih baik serupuutt dolo.

emoticon-coffee

by c4punk@2018


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
24.5K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.